PMS [17] Saluran dan Alat Media Sosial

Semakin banyak kita berinvestasi untuk memahami kemampuan saluran media sosial, semakin baik kita dalam mencoba campuran saluran dan alat untuk membangun strategi komunikasi pemasaran.

Kamis, 25 Juni 2020 | 21:07 WIB
0
52
PMS [17] Saluran dan Alat Media Sosial
ilustr: thedrum.com

Saluran Media Sosial berisi ribuan situs web, blog, forum, video, dan sebagainya. Individu sekarang telah mulai menghabiskan sebagian besar waktu luang mereka online untuk mengejar berbagai percakapan dan topik yang mereka minati. Ketika seseorang ingin mendapatkan pembaruan terkini tentang berita, hiburan, film, musik serta mengejar apa yang terjadi dalam komunitas tertentu yang menarik serta bertemu dengan teman dan forum selain memeriksa untuk rilis produk baru dan lain-lain, di mana akan dia menemukan waktu untuk menelusuri semua situs hari demi hari? Nah di sinilah Umpan RSS dan layanan lainnya muncul.

Dikombinasikan dengan layanan seperti unggahan Seesmic, FriendFeed, Twitter' Flickr dan lain-lain, orang-orang mengenal postingan terbaru, konten terbaru serta pembaruan terkini tentang komunitas lain dan jaringan yang mereka minati serta teman, produk, dan begitu seterusnya. Layanan tersebut dapat memfilter informasi dan konten sesuai keinginan individu dan membawa pembaruan terbaru kepadanya di ponselnya setiap saat.

Meskipun individu telah berlangganan ratusan situs, mereka tidak mengunjungi setiap situs setiap saat untuk memeriksa informasi, melainkan mereka menggunakan feed untuk mengingatkan dan membawa mereka pembaruan terbaru dan mengirimkannya dengan cara yang lebih bermakna dan terorganisir.

Sebagai seorang pemasar, tidak cukup bagi kita untuk hadir di jejaring sosial dan berpartisipasi dalam interaksi sosial dengan membangun blog, forum, dan sebagainya. Kita perlu menggunakan alat konten sosial ini untuk menjaga pelanggan kita dan orang-orang yang tertarik dengan produk dan layanan kita diperbarui dengan berita dan informasi terbaru yang kita pasang sebagai konten, paling tidak mereka kehilangan mengunjungi situs kita dan memeriksa berita.

Demikian pula dengan menggunakan feed, kita juga dapat mengawasi apa yang dilakukan pesaing kita dan merasakan suasana pasar juga. Bayangkan pelanggan kita telah berlangganan lebih dari seratus forum dan platform berbeda. Mereka tidak mungkin menonton dan memeriksa apa yang terjadi di situs kita dan mungkin kehilangan pengumuman keamanan produk yang mungkin kita buat baru-baru ini.

Dengan memanfaatkan umpan dan pesan instan, kita dapat membawa informasi penting ini menjadi perhatian pelanggan kita dan dengan demikian meningkatkan kesadaran produknya yang pasti akan menghasilkan peningkatan loyalitas terhadap produk kita juga.

Acara dan kalender juga dapat sangat kreatif digunakan oleh pemasar untuk memberikan informasi yang sangat berguna kepada pelanggan yang tertarik tentang berbagai acara yang telah mereka rencanakan. Dengan memberikan detail tanggal, waktu, tempat, detail acara, dan lain-lain, kita dapat membujuk pelanggan untuk menghadiri acara, baik itu acara penjualan atau promo. Akan bermanfaat menghabiskan waktu dan memeriksa berbagai alat dan layanan canggih yang tersedia di saluran media sosial.

Lihat layanan seperti last.fm berisi fitur yang memungkinkannya melacak musik yang kita sukai atau dengarkan melalui I tunes dan lain-lain, dan karenanya memberi kita kalender dan acara artis yang kemungkinan besar akan membuat kita tertarik. Mirip seperti layanan tersedia dengan banyak orang lain seperti Yahoo dengan Eventful dan Upcoming mereka yang memungkinkan pelanggan menuntut acara tertentu dari kita dan pada gilirannya kita dapat mengkonfirmasi permintaan mereka. Opsi tersebut membantu kita lebih dekat dengan pelanggan yang mendengarkan dan mengikuti kita.

Teknologi telah menghadirkan kemampuan multi-media dan banyak aplikasi dan alat komunikasi canggih yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan pelanggan kita dan mengirimkan audio, video, foto serta pembaruan teks secara instan dan memastikan bahwa kita mendapatkan perhatian mereka. Semakin banyak kita berinvestasi untuk memahami kemampuan saluran media sosial, semakin baik kita dalam mencoba campuran saluran dan alat untuk membangun strategi komunikasi pemasaran yang efektif.

***
Solo, Kamis, 25 Juni 2020. 8:57 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko