E-Marketing [7] Memetakan Perilaku dan Pola Pelanggan adalah Titik Awal dari E-Marketing

Pelanggan internet saat ini mencari kenyamanan berbelanja dan bertransaksi dengan mudah dan juga mencari penawaran termurah serta layanan dan pengiriman yang lebih cepat juga.

Rabu, 9 Oktober 2019 | 14:40 WIB
0
61
E-Marketing [7] Memetakan Perilaku dan Pola Pelanggan adalah Titik Awal dari E-Marketing
ilustr: MyCustomer

Mempelajari semua tentang E-Business dan E-Marketing adalah kebutuhan mendesak setiap siswa serta setiap manajer pemasaran dan bisnis. Tidak ada yang mampu mengabaikan saluran E-Business dan berharap untuk menumbuhkan bisnis seseorang dengan cara tradisional. Bahkan jika suatu Organisasi terus mengeksplorasi dan menumbuhkan saluran tradisional penjualan dan distribusi, kehadiran online adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan sebagai strategi pemasaran paralel, hanya karena fakta bahwa kompetisi akan hadir dan terlihat oleh pelanggan dan yang lebih penting, pelanggan mengharapkan anda tersedia di internet.

Titik awal memahami semua tentang E-Business adalah untuk pertama-tama memahami dan menjelajahi Internet dan penggunanya. Memahami profil pengguna, kebiasaan dan perilaku mereka memberi kami gambaran tentang pasar dan karakteristik kelompok pelanggan.

Perlu diingat bahwa internet menyediakan beberapa fitur dasar dan unik yang membuatnya menarik bagi individu untuk mengakses internet dan mencari. Internet membawa kekuatan menyediakan informasi secara global dan juga instan.

Jumlah informasi dan data yang tersedia di internet sangat besar dan beragam sehingga membuat individu merasa kewalahan. Sungguh dibutuhkan pengguna individu di jalan raya informasi. Dengan realisasi ini, seorang individu merasa kagum dan kuat pada saat yang sama. Menjelajah internet kemudian menjadi kebiasaan yang mengasyikkan dan membebaskan di mana pelanggan terbiasa berbelanja online dan bergantung pada internet untuk jasanya.

Setelah ada pemahaman tentang apa itu internet, kita melihat bahwa orang-orang terbiasa dengan kebiasaan login dan browsing internet selama beberapa jam sehari. Mereka mungkin tidak memiliki kebutuhan khusus tetapi suka berteman, berpartisipasi dalam diskusi dan biasanya hangout. Para peneliti telah melakukan analisis khusus dan mengatakan bahwa di antara jutaan pengguna di internet, kebanyakan dari mereka adalah pria yang belum menikah tetapi adalah profesional dan pelajar.

Dari profil para pengguna sangat jelas bahwa kebutuhan mereka menggunakan internet berkaitan dengan mencari informasi, mengirim email, mengobrol, dan berteman.

Salah satu kebutuhan dasar setiap manusia adalah kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain dan berkomunikasi dengan individu lain. Internet membuat ini terjadi begitu mudah dan instan sehingga membuat pengguna terlibat dalam percakapan dan hubungan tanpa hambatan dan dengan demikian menjadi bagian dari komunitas virtual.

Kami juga memiliki keluarga yang memiliki internet di rumah dan terbiasa menggunakan internet untuk beberapa belanja online dan pembayaran tagihan mereka. Perbankan online telah diterima secara luas oleh semua orang karena bank telah berhasil menyediakan meja transaksi yang sederhana namun aman yang membuatnya sangat nyaman bagi pengguna. Orang-orang telah menerima dan mulai berbelanja online untuk beberapa hal seperti buku, furnitur, pakaian, dan lain-lain.

Saat berbelanja juga, orang-orang mencari keakraban dengan Organisasi yang menjadi ujung tombak di internet. Amazon, E-Bay dan lain-lain telah menjadi simbol kepercayaan. Kebanyakan orang yang tinggal di kota-kota mulai bergantung pada internet untuk memesan tiket film mereka, memesan Pizza untuk pengiriman rumah serta mengatur perjalanan mereka dan juga mengunduh musik dan film.

Satu fakta yang menonjol jelas adalah bahwa orang menggunakan internet terutama untuk mencari informasi. Pencarian memegang kunci untuk menarik pelanggan dan membuatnya memeriksa apa yang ditawarkan bisnis. Fakta kedua adalah bahwa sebagian besar pengguna internet menggunakan internet bukan untuk membeli tetapi untuk browsing melalui komunitas virtual dan memeriksa berbagai informasi. Ini memberi kita petunjuk bahwa halaman web harus cukup menarik untuk mendapatkan perhatiannya.

Masih ada fakta lain yang mungkin dilihat orang secara berlebihan, yaitu jumlah pengguna di internet adalah sebagian kecil dari keseluruhan komunitas dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Jadi siapa yang melakukan semua ini bagi manajer pemasaran yang mencoba memetakan strategi E-Marketing untuk bisnisnya?

Mempelajari perilaku dan memahami kebutuhan pelanggan internet memberi kita wawasan tentang bagaimana menjalin hubungan dengan pelanggan melalui internet dan menawarkan solusi khusus. Pelanggan internet saat ini mencari kenyamanan berbelanja dan bertransaksi dengan mudah dan juga mencari penawaran termurah serta layanan dan pengiriman yang lebih cepat juga.

Ini adalah tuntutan dasar setiap pelanggan yang akan mengunjungi situs web anda. Namun, bagaimana anda akan menonjol di antara para pesaing dan melibatkan pelanggan anda dalam suatu hubungan adalah tantangan utama dalam E-Marketing.

***
Solo, Rabu, 9 Oktober 2019. 2:24 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko