Homogeneous Tile: Keunggulan, Pemasangan, dan Perawatan

Kamis, 15 Juni 2023 | 14:22 WIB
0
46
Homogeneous Tile: Keunggulan, Pemasangan, dan Perawatan
Sumber: Canva.com

Apakah Anda familiar dengan istilah homogeneous tile? Mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya atau mungkin pernah melihatnya tapi belum mengetahui namanya. Jenis material ini sering digunakan untuk lantai di bangunan hunian.

Secara sederhana, homogeneous tile adalah lantai atau ubin granit yang dirancang untuk menyerupai granit alami. Saat ini, jenis ubin ini memiliki berbagai macam motif yang membuatnya cocok untuk mempercantik lantai rumah Anda.

Baca Juga: 8 Inspirasi Desain Teras Dak Rumah Sederhana

Keunggulan yang Perlu Diketahui

Bagi Anda yang sedang membangun rumah dan bingung memilih material lantai, mengapa tidak mencoba menggunakan homogeneous tile? Bahan ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

1. Tingkat Penyerapan Air Rendah
Kepadatan tinggi membuat tingkat penyerapan air dari bahan ini rendah. Sebagai hasilnya, lantai ini memiliki daya tahan yang lebih lama dan tidak mudah pecah.

2. Tahan Retak
Kekuatan bahan yang digunakan membuat lantai ini tahan terhadap benturan. Jika ada benda yang jatuh dan pecah di atasnya, tidak akan terlihat retakan. Ini akan menjaga kualitas tampilan lantai rumah Anda.

3. Kekuatan yang Lebih Tinggi
Homogeneous tile adalah bahan yang kuat dan mampu menahan beban, sehingga cocok untuk digunakan sebagai lantai di bangunan komersial. Selain itu, tidak mudah retak meskipun diberi beban berat.

4. Perawatan Mudah
Salah satu keunggulan lainnya adalah kemudahan perawatan. Lantai ini mudah dibersihkan dan dapat dipoles dengan cepat. Cukup gunakan pembersih lantai untuk membersihkannya dan membuatnya kembali berkilau. Sehingga, tampilannya selalu terlihat baru.

5. Tidak Mudah Tergores
Proses pembakaran dengan suhu tinggi hingga 1230 derajat membuat material ini memiliki ketahanan yang tinggi terhadap goresan. Sehingga, tidak mudah tergores saat Anda memindahkan benda berat di atasnya.

6. Dapat Dipoles
Jika Anda ingin mendapatkan permukaan keramik yang cantik dan berkilau, homogeneous tile dapat memberikannya. Permukaannya dapat dipoles saat tahap finishing, sehingga tampilannya mirip dengan cermin.

7. Dapat Dibentuk Bulat
Material ini juga dapat dengan mudah dibentuk menjadi bentuk bulat, sehingga meningkatkan tampilannya.

8. Permukaan dan Sisi yang Rapi
Dengan permukaan yang rata dan sisi yang siku-siku, setelah dipasang tampilannya terlihat rapi, unik, dan mendukung kesan mewah rumah Anda.

Tips Pemasangan dan Perawatan yang Tepat

Meskipun merupakan bahan material yang bagus, pemasangan homogeneous tile masih sedikit dikuasai oleh tukang karena lebih sulit dibandingkan dengan keramik biasa. Berikut beberapa tips pemasangan dan perawatan yang dapat Anda lakukan:

1. Gunakan Perekat Khusus
Penting untuk menggunakan perekat khusus saat memasang ubin homogen. Meskipun mungkin memerlukan biaya tambahan, hasilnya akan sangat baik.

2. Atur Jarak dengan Baik
Pastikan Anda mengatur jarak antar ubin dengan baik dan sesuai kebutuhan, biasanya sekitar 2 mm hingga 3 mm.

Baca Juga: Homogeneous Tile: Keunggulan, Pemasangan, dan Perawatan

Demikian informasi seputar homogenous tile, mulai dari kelebihan hingga tips pemasangan. Semoga artikel ini bermanfaat.