Hati-hati Tawaran Pinjaman Online tanpa BI Checking

Sebelum pinjam pastikan simulasi kredit berserta bunganya, sebab bunga pinjaman online lebih tinggi. Kemudian tidak semua pinjaman online itu legal.

Rabu, 1 Mei 2019 | 09:56 WIB
0
901
Hati-hati Tawaran Pinjaman Online tanpa BI Checking
Ilustrasi Fintech (Foto: iNews)

Sedang dalam keadaan butuh uang mendadak?  namun saat pengajuan kredit terkendala bi checking karena riwayat kredit skore buruk?. Tenang. Kalian bisa mengajukan pinjaman online tanpa bi checking. Ada banyak sekali situs dan aplikasi pinjaman online atau lebih akrab disapa pinjol yang menawarakan banyak kemudahan untuk mendapatkan dana. Salah satu penawaran akhir akhir adalah kta tanpa  bi checking. Benarkah demikian?

Sebelum mungkin kalian harus paham, apa itu bi checking. Bi checking merupakan sebuah laporan yang berisi riwayat kredit seorang nasabah kepada bank maupun non bank. Laporan ini dikeluarkan oleh Bank Indonesia dengan Sistem Informasi Debitur (SID). Jadi sangat mudah untuk perbankan melihat kondisi riwayat kredit anda.

BI checking Beralih Ke SLIK OJK

SUMBER : OJK

Awal tahun 2018, BI Checking berganti nama menjadi SlIK. SLIK Sistem informasi Layanan Keuangan merupakan sistem informasi yang serupa dengan bi checking, hanya saja pengelolaannya ditanggung penuh oleh Otorisasi Jasa Keuangan, OJK. Salah satunya berisi informasi debitur (Ideb).

Baca Juga: Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan

New line to prevent forcing root class, just delete it if it's not necessary

Namun lebih luas cakupannya meliputi lembaga keuangan bank dan lembaga pembiayaan (finance), non-bank yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur (SID).

Apakah masih ada pinjaman online tanpa bi checking setelah atruan berubah?

Tentu masih banyak situs atau aplikasi pinjaman online yang tidak merapkankan bi checking maupun SLIK. beberapa pinjaman justru menawarkan kta tanpa bi checking dengan hanya jaminan ktp saja. Sangat berisiko sekali.

Namun fintech penyedia aplikasi pinjaman sudah terintegrasi akselerasi kredit skoring, sehingga sangat mudah bagi fintek menilai kemampuan finansial calon nasabah dalam waktu singkat. Jadi jangan heran juga mereka mampu memberi pinjaman langsung cair.

HATI HATI , Pertimbangkan Hal lain

Walau mengajukan pinjaman online tanpa bi checking itu mudah,namun perlu pertimbangkan hal hal lain juga. Hal lain berupa  transparasni bunga yang berlaku. Jangan biarkan anda terjebak dalam bunga pinjaman yang tinggi tanpa ketahui sebelumnya.

Sebelum pinjam pastikan kalian tahu simulasi kredit berserta bunganya. Sebab bunga pinjaman online lebih tinggi. Kemudian tidak semua pinjaman online itu legal. Jadi pastikan pinjaman online tersebut terdaftar dan berada dalam pengawasan OJK.

***