Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan

Kamis, 14 Maret 2019 | 08:05 WIB
0
80
Reformasi Birokrasi di Kementerian Keuangan
Saya memberi pengarahan di Depkeu (Foto: Facebook Sri Mulyani Indrawati)

Saat saya bekerja di Bank Dunia selama kurang lebih 6 tahun, saya melihat ada negara yang sukses dan maju, yang biasa-biasa saja dan ada yang menjadi negara gagal.

Dari yang saya lihat, tiga faktor utama dari negara yang maju dan sukses adalah institusi (birokrasi) yang kompeten dan bersih, sumber daya manusia yang berkualitas dan infrastruktur yang memadai.

Institusi itu adalah anda dan kita semua. Jadi jangan pernah menunjuk kesalahan orang lain sebelum kita memperbaiki diri kita sendiri. Kalau kita akan menjadi birokrat yang baik, efisien, bersifat melayani dan tidak korup, maka kita sudah menjadi satu solusi dalam perkembangan ekonomi di Indonesia.

Oleh karena itu kami akan terus mendorong reformasi di semua kementerian/lembaga termasuk di Kementerian Keuangan sendiri.

Tantangan kita adalah bagaimana mentransformasikan ekonomi Indonesia sehingga menarik semakin banyak investasi ke Indonesia, meningkatkan ekspor serta mengurangi ketergantungan impor.

Mari kita ciptakan birokrasi yang mendukung Indonesia menjadi negara yang maju dan berpenghasilan tinggi.

Indonesia membutuhkan peranan birokrasi yang mempunyai mindset benar sehingga menjadikan perekonomian menjadi lebih efisien, bukan birokrasi yang membuat kebijakan untuk kepentingan dirinya sendiri sehingga menyusahkan semua orang.

Rapat kerja Kementerian Perdagangan 
Jakarta, 12 Maret 2019

***