E-Marketing [16] Lingkungan Makro Internet

Organisasi perlu memonitor lingkungan makro dan membuat perubahan yang diperlukan agar tetap kompetitif dan menguntungkan.

Kamis, 14 November 2019 | 08:47 WIB
0
62
E-Marketing [16] Lingkungan Makro Internet
ilustr: uwehiltonproject.blogspot.com

Pengantar

Suatu organisasi sering dipengaruhi oleh lingkungan tempat mereka bekerja. Ada beberapa faktor yang memengaruhi seperti pelanggan, pemasok dan lain-lain dari lingkungan mikro dapat dikendalikan sampai batas tertentu oleh organisasi. Sifat lingkungan mikro sangat tergantung pada faktor lingkungan makro. Lingkungan makro terdiri dari masyarakat, pemerintah, peraturan, dan pajak, politik, teknologi, ekonomi dan lain-lain.

Lingkungan makro akan memengaruhi semua pemain yang beroperasi di pasar. Oleh karena itu, itu tidak menyiratkan bahwa organisasi tidak boleh diganggu dengan perubahan yang terjadi di lingkungan makro. Organisasi perlu terus menerus memantau perubahan yang terjadi di lingkungan politik dan peraturan dan membuat perubahan yang sesuai.

Organisasi yang beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di lingkungan makro dapat menunjukkan ini sebagai diferensiasi dan memiliki keunggulan kompetitif.

Faktor Sosial

Meskipun munculnya internet adalah fenomena universal, tetapi pola penggunaannya tidak sama. Tingkat akses dan penggunaan internet secara langsung memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Persepsi sosial tentang internet secara langsung memengaruhi penggunaannya. Persepsi khas dari internet dapat diklasifikasikan sebagai tidak ada keuntungan yang dirasakan, sedikit atau tidak ada kepercayaan pada internet, risiko keamanan, biaya penggunaan dan utilitas.

Kelompok populasi di sekitar klasifikasi di atas adalah mereka yang tidak memanfaatkan internet, sehingga organisasi perlu memfaktorkan mereka dalam analisis permintaan.

Dampak sosial dari internet tidak dapat dirusak. Itu telah sangat memengaruhi cara hidup kita dan telah membawa banyak perbedaan ke depan. Populasi dengan pendapatan dan tingkat pendidikan tertentu dapat menggunakan internet lebih mudah dibandingkan dengan populasi dengan layanan mahal atau akses yang lebih lambat.

Negara-negara maju mempromosikan penggunaan internet dan melakukan upaya melalui program sosial. Bahkan orang-orang dengan kebutuhan khusus dapat menggunakan internet untuk keuntungan mereka.

Masalah Hukum dan Etika dengan Penggunaan Internet

Ada beberapa jenis perilaku yang ditoleransi dan diterima oleh masyarakat sekitar penggunaan internet. Norma yang diterima secara umum ini disebut sebagai standar etika.

Negara-negara sedang mengembangkan undang-undang terkait etika yang menganjurkan penggunaan internet dengan benar. Organisasi mana pun harus mengetahui undang-undang ini dan mengembangkan program pemasarannya setelah mempertimbangkannya.

Di antara pengguna internet masalah terbesar datang dengan faktor privasi. Privasi digambarkan sebagai hak moral setiap individu, menikmati dari intrusi dalam urusan pribadi mereka. Para pengguna internet memiliki identitas online mereka melalui mana mereka melakukan transaksi keuangan dan pribadi. Konsumen sangat memperhatikan perlindungan identitas online ini.

E-commerce yang efektif membutuhkan organisasi untuk melindungi informasi kontak, profil konsumen, dan informasi perilaku dll setiap saat. Organisasi tidak boleh membagikan atau menggunakan informasi pribadi tanpa persetujuan konsumen sebelumnya.

Bagian lain dari masalah hukum dan etika menyangkut organisasi itu sendiri dan perlindungannya sendiri terhadap peretasan atau spionase industri.

Faktor Teknologi

Teknologi digital modern bersifat mengganggu. Ini memaksa organisasi untuk lebih sering melihat kembali strateginya. Munculnya internet telah melihat munculnya pengecer online, serius menghambat fungsi toko lingkungan.

Tantangan terbesar bagi organisasi saat ini adalah untuk mengakses lingkungan teknologi saat ini dan mencari solusi yang terbaik untuk menghadapi persaingan. Perusahaan dapat mengadopsi salah satu dari tiga program berikut:

  1.     Pendekatan hati-hati.
  2.     Pendekatan pengikut yang cepat.
  3.     Pendekatan penggerak pertama.

Selain akses internet tetap di rumah, tambahan yang lebih baru untuk teknologi adalah konektivitas seluler. Konektivitas seluler ini melalui ponsel, perangkat yang mendukung internet, TV digital, dan radio digital. Dengan ketersediaan begitu banyak perangkat digital, konvergensi teknologi sudah dekat.

Seperti privasi, keamanan juga menjadi perhatian besar bagi organisasi dan juga pengguna internet. Ketakutan keamanan mencegah adopsi yang lebih besar dari fasilitas e-commerce.

Sistem keamanan apa pun harus memastikan dan memverifikasi yang berikut:

  1.     Keaslian identitas pengguna.
  2.     Privasi dan kerahasiaan e-commerce para pihak.
  3.     Kelengkapan transaksi.
  4.     Kesinambungan yang tidak terputus.

Faktor Ekonomi

Kemakmuran ekonomi negara secara keseluruhan akan menentukan tingkat kegiatan e-commerce. Organisasi akan menargetkan ekonomi maju untuk transaksi berbasis internet lebih banyak dibandingkan dengan negara berkembang.

Globalisasi telah mendorong pengembangan pasar internasional tunggal untuk perdagangan dan perdagangan. Ini telah mengurangi perbedaan sosial dan budaya antar negara. Ini telah mempromosikan budaya standardisasi harga dan pengurangan perantara.

Perbedaan bahasa dan budaya menimbulkan masalah khusus bagi perusahaan kecil karena mereka tidak memiliki sumber daya keuangan yang cukup untuk mengembangkan e-commerce khusus regional.

Faktor Politik

Lingkungan politik dan pemerintahan di kawasan atau negara ditentukan melalui pemerintah yang berkuasa, opini publik, dan kelompok advokasi konsumen.

Pemerintah perlu melakukan kontrol untuk memantau perkembangan dan penggunaan internet. Tetapi karena internet mempromosikan kolaborasi global, lembaga pemerintah di berbagai negara perlu berkolaborasi untuk memastikan keamanan e-commerce.

Negara-negara sedang memeriksa struktur pajak saat ini untuk memastikan bahwa kegiatan e-commerce tidak mengurangi pengumpulan pajak dari pemerintah dan lembaga lokal.

Organisasi perlu memonitor lingkungan makro dan membuat perubahan yang diperlukan agar tetap kompetitif dan menguntungkan.

 ***
Solo, Kamis, 14 November 2019. 8:41 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko