PMS [27] Media Sosial dan Alat Kuantitatif

Saluran media sosial sangat sadar akan tingkah laku sosial, perilaku online, serta standar etika dan moral yang ditegakkan di berbagai platform.

Jumat, 4 September 2020 | 21:08 WIB
0
69
PMS [27] Media Sosial dan Alat Kuantitatif
ilustr: Industry Reports

Pemasaran media sosial telah menulis ulang metode dan teori pemasaran yang belum pernah ada sebelumnya. Teknologi telah memungkinkan pemasaran online. Ketika kita merujuk pada penjualan online yang kami maksud adalah E-Commerce tetapi ketika kita merujuk menggunakan saluran media sosial untuk tujuan pemasaran, kita pada dasarnya merujuk pada periklanan dan pemasaran kepada pelanggan melalui platform yang berbeda.

Ketersediaan berbagai platform, opsi multi media, serta berbagai alat pemasaran membuat saluran media sosial sangat interaktif dengan pelanggan.

Penggunaan alat kuantitatif seperti penilaian, ulasan dan rekomendasi serta metode penilaian lainnya seperti pemilihan dan lain-lain sangat bermanfaat dalam melibatkan pelanggan serta untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan tentang kita dan produk kita serta umpan balik semacam itu bisa sangat berharga bagi pemasar mana pun.

Rekomendasi

Jika kita melihat cara kita semua berperilaku saat memutuskan untuk membeli produk apa pun, kita akan melihat bahwa selalu kita ingin memeriksa dengan teman dan keluarga, terutama dengan seseorang yang memiliki pengetahuan tentang produk atau telah menggunakan produk untuk melihat apa yang dia pikirkan. Dalam bahasa pemasaran kita menyebutnya influencer.

Jika seseorang yang kita percayai atau seseorang yang memiliki otoritas pada subjek kebetulan merekomendasikan kita pada suatu produk tertentu, kita kemungkinan besar akan maju terus dan membuat pilihan yang mendukung produk yang direkomendasikan.

Dalam hal saluran media sosial juga, opsi inovatif penilaian, voting, penulisan ulasan dan rekomendasi sedang populer. Lihat berbagai situs web dan saluran dan lihat berbagai jenis opsi yang tersedia untuk merekomendasikan suatu produk. Metode populer yang digunakan adalah sistem yang sangat sederhana seperti mengklik Thumbs Up atau Thumbs Down atau menggunakan opsi seperti ‘Digg’ dan lain-lain. Kemudian ada juga Skor Net Promoter yang digunakan untuk menunjukkan tingkat rekomendasi.

Rekomendasi dari pelanggan yang sudah atau otoritas membawa banyak bobot. Dari sudut pandang lain, jumlah rekomendasi dapat berarti peringkat yang lebih tinggi juga. Ketika orang-orang mulai merekomendasikan produk kita dan siap untuk membuat pendapat mereka diketahui, kita sedang membangun komunitas orang-orang yang bersedia untuk menjanjikan kesetiaan mereka kepada kita.

Opsi penawaran rekomendasi dapat mengirimkan pesan yang tepat kepada pelanggan dan mereka yang menonton kita online. Mengizinkan komunitas untuk berbicara tentang kita menunjukkan dengan baik di pihak kita dan menambah bobot untuk kehadiran online kita serta reputasi. Sama seperti cara kerja sistem rujukan dalam hal obat-obatan dan produk lain, rekomendasi juga menambah bobot untuk produk kita dalam kategori tertentu.

Sekarang, semua katalog produk dan situs penjualan online memberikan opsi rekomendasi sebagai alat standar, sementara banyak situs lain menawarkan opsi pemungutan suara. Voting dapat digunakan sebagai pengganti peringkat atau merekomendasikan produk tertentu dan satu juga dapat menggunakan pemungutan suara berdasarkan deskripsi. Rekomendasi juga dapat dikualifikasikan dalam bentuk - merekomendasikan, sangat merekomendasikan dan sebagainya.

Mereka yang belajar tentang saluran media sosial dan pemasaran juga akan mengetahui bahwa ada beberapa agensi dan penyedia konten profesional yang tersedia untuk menulis ulasan dan rekomendasi dan lain-lain berdasarkan komersial. Menggunakan metode seperti itu untuk menambah peringkat dan ulasan tidak akan membayar dalam jangka panjang karena komunitas pengguna cukup pintar untuk mewujudkan hal yang sama dalam waktu singkat.

Bayaran untuk konten dapat dengan mudah dideteksi oleh blogger atau surfer yang berpengalaman. Tipuan seperti itu akan menurunkan reputasi online produk dan promotor selama periode waktu tertentu. Saluran media sosial sangat sadar akan tingkah laku sosial, perilaku online, serta standar etika dan moral yang ditegakkan di berbagai platform.

***
Solo, Jumat, 4 September 2020. 8:59 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko