Tips Memilih Mata Bor Berkualitas

Bor dapat digunakan untuk waktu yang lama dengan menyesuaikan waktu pengerjaan. Jika suhu bor sudah terlalu panas, maka hentikan mesin sejenak agar suhunya menurun.

Selasa, 24 Mei 2022 | 12:29 WIB
0
25
Tips Memilih Mata Bor Berkualitas
tips memilih mata bor dengan kualitas bagus

Mata bor merupakan salah satu peralatan konstruksi yang sangat dibutuhkan. Mata bor, berfungsi untuk melubangi suatu permukaan. Seperti besi beton, besi hollo, plat besi, dan beragam material lainnya.

Jika Anda berniat untuk menggunakan mata bor, pastikan Anda membeli mata bor dengan kualitas terbaik. Untuk mendapatkan mata bor yang bagus, Anda harus memperhatikan beberapa kondisi berikut ini. Simak penjelasannya secara lengkap melalui artikel 

1. Standar Jelas dan Jenisnya Tertera

Mata bor yang bagus tentunya dibuat sesuai dengan standar. Perhatikan mata bor yang akan Anda pilih, pastikan standarnya tertera. Secara umum, mata bor berstandar DIN 330 sampai DIN 335.

Pastikan standar atau jenis yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini dilakukan agar proses pengeboran di material tertentu tidak merusak bentu material itu sendiri.

2. Pilihlah Mata Bor yang Bermerek
Saat ini ada banyak mata bor bermerek yang dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan. Memilih mata bor besi yang bagus tidak dilihat dari standarnya saja tapi juga kepopuleran produknya. Jika namanya sudah semakin terkenal dan asalnya jelas tertera di produk nomor seri.

3. Pilih yang Berbahan Dasar Baja HSS (High Speed Steel)
Tips terakhir yang bisa Anda gunakan ketika memilih mata bor besi yang bagus yaitu berbahan dasar baja HSS. Bahan dasar bor ini sangat kuat terhadap gesekan dan suhu yang tinggi.

Karena karakteristiknya itu, baja HSS sangat cocok digunakan untuk mata bor. Biasanya mata bor ini digunakan untuk melubangi besi standar, alloy, aluminium dan seng.

Baca Juga: Apa Perbedaan Hot Rolled Steel dengan Cold Rolled Steel? Simak Perbedaannya

Ragam Material Baja Bor yang Perlu Diketahui
Untuk ragam materialnya, baja bor di bagi ke dalam 4 kategori yaitu baja biasa, karbon tinggi, kecepatan tinggi dan cobalt. Berikut ini penjelasan singkat mengenai keempat kategori tersebut.

1. Baja Biasa – Steel
Mata bor dengan material baja biasa ini lebih cocok digunakan untuk material yang lebih lunak dan tipis. Contoh material yang bisa digunakan dilubangi di antaranya plastik, kayu dan besi ringan.

Bor ini tidak mengandung bahan tambahan sehingga materialnya tidak sekuat jenis yang lain. Baja biasa mudah rusak ketika digunakan untuk melubangi alas yang tebal seperti beton.

2. Baja Karbon Tinggi – High Carbon Steel
Mata bor ini memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan baja biasa. High Carbon Steel bisa digunakan untuk mengebor material lunak hingga sedang dengan hasil yang baik.

Bor baja karbon juga lebih awet ketika digunakan karena campuran materialnya yang menyebabkan material ini lebih kuat. Ketangguhan baja karbon ini berada pada tingkat ketiga setelah HSS dan HSS+C.

3. Baja Kecepatan Tinggi – High Speed Steel
Bor mesin selalu menggunakan baja ini karena dirancang untuk gesekan bersuhu tinggi. Anda dapat melubangi besi, beton dan kayu tebal dengan menggunakan baja berbahan HSS. Kelebihan lain dari baja ini adalah awet, tahan lama dan sangat fleksibel.

4. Baja Cobalt – HSS+C
Material baja bor terkait paling kuat adalah HSS+C dengan kandungan cobalt dan baja HSS. Daya tahan bor sangat tinggi karena sudah dilapisi dengan cobalt.

Bor dapat digunakan untuk waktu yang lama dengan menyesuaikan waktu pengerjaan. Jika suhu bor sudah terlalu panas, maka hentikan mesin sejenak agar suhunya menurun.

Baca Juga: Spesifikasi dan Kegunaan Besi Siku yang Wajib Anda Ketahui

Jika Anda tertarik untuk membeli mata bor berkualitas KPS Steel selaku distributor besi Jakarta terbaik menyediakan nachi cutting tools yang dapat menjadi solusi Anda.