Ragam Spesifikasi dan Kegunaan Besi Siku yang Perlu Anda Ketahui

Penggunaan besi siku antara lain untuk pagar, gerbang, dan konstruksi tangga; konstruksi menara/penyangga tangki air; rangka pintu dan jendela; rangka rak etalase; dan sebagainya.

Minggu, 8 Mei 2022 | 18:30 WIB
0
159
Ragam Spesifikasi dan Kegunaan Besi Siku yang Perlu Anda Ketahui
besi siku

Besi siku adalah batang besi berpenampang siku (membentuk sudut 90 derajat). Besi siku merupakan salah satu material penting dalam industri konstruksi.

Besi siku merupakan salah satu komponen utama dalam dunia konstruksi. Mulai dari konstruksi bangunan rumah, hingga gedung juga menggunakan material ini.

Besi siku termasuk salah satu produk utama yang disediakan oleh distributor besi Jakarta KPS Steel. Jika berencana untuk menggunakannya, Anda perlu mengenal spesifikasi dan kegunaan material ini dengan lebih mendalam.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas spesifikasi dan kegunaan besi siku yang dapat menjadi acuan bagi Anda yang ingin menggunakan material ini. Simak selengkapnya!

Spesifikasi Besi Siku

Apa itu besi siku? Besi siku adalah material yang terbuat dari logam besi.Besi ini juga dikenal sebagai bar siku (angle bar) atau L-Bracket yang terbuat dari besi plat, yang diberi lapisan anti karat.

Besi siku diproduksi dengan panjang standar 6 meter. Selain itu, besi siku juga memiliki ukuran lebar penampang dan ketebalan yang bervariasi. Ukuran penampang siku yang tersedia antara lain 2 cm, 3 cm, 4 cm, dan 5 cm.

Sementara tebalnya berkisar antara 1,4 mm hingga 3,4 mm; berbeda-beda untuk tiap ukuran penampang. Sebagai contoh, besi siku dengan penampang 40×40 mm memiliki beberapa ketebalan, seperti 2,2 mm, 2,4 mm, 3,2 mm, dan 3,4 mm.

Tahukah Anda, sesi siku cukup kokoh untuk dimanfaatkan pada berbagai konstruksi umum. Material ini juga memiliki daya tahan yang relatif lama; tahan terhadap rayap; dan juga tahan terhadap karat.

Baca Juga: Yuk Pahami Proses Pembuatan Besi dan Baja

Apa Saja Kegunaan Besi Siku?

Penggunaan besi siku antara lain untuk pagar, gerbang, dan konstruksi tangga; konstruksi menara/penyangga tangki air; rangka pintu dan jendela; rangka rak etalase; dan sebagainya.

Penggunaan besi siku juga ditemukan pada konstruksi tangga; jembatan; menara pemancar/radio; rangka billboard (baliho, megatron, dll.); dan sebagainya. Besi siku juga biasa digunakan sebagai struktur penyangga ataupun elemen penguat atau penstabil pada berbagai macam konstruksi.

Baca Juga: Tahukah Anda, Ini Perbedaan Antara Baja dan Besi

Jika Anda tertarik untuk mempelajari informasi yang lebih lengkap mengenai beragam jenis besi, kunjungi laman KPS Steel selaku distributor besi terbaik. Kunjungi juga laman produk kami untuk informasi mengenai produk besi siku di KPS Steel. Anda juga dapat melakukan pemesanan, dengan menghubungi KPS Steel melalui WhatsApp.