Tahukah Anda, Ini Perbedaan Antara Baja dan Besi

Sabtu, 7 Mei 2022 | 19:16 WIB
0
121
Tahukah Anda, Ini Perbedaan Antara Baja dan Besi
perbedaan besi dan baja

Apakah Anda dapat melihat perbedaan antara baja dan besi? Tak sedikit dari masyarakat yang belum dapat membedakan keduanya, padahal jika kita perhatikan secara seksama, jelas terdapat perbedaan yang sangat kontras di antara keduanya.

Perbedaan antara baja dan besi dapat dilihat berdasarkan bahan material, sifat dan karakternya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas perbedaan antara baja dan besi secara komprehensif. Simak selengkapnya!

6 Hal yang Membedakan Antara Baja dan Besi

1. Proses Pembentukan
Berdasarkan proses pembentukannya, besi berasal dari unsur murni yang berdiri sendiri. Sedangkan baja berasal dari berbagai campuran unsur-unsur kimia. Misalnya saja besi, karbon, nikel, mangan, kromium, dan lainnya.

2. Berdasarkan Jenis-Jenisnya
Secara umum, terdapat dua jenis besi yaitu besi cor dan besi tempa. Jenis besi pertama yaitu besi cor, besi ini berasal dari campuran besi dan karbon. Sementara jenis besi kedua yaitu besi tempa, besi ini dibuat dengan campuran silikat.

Sedangkan baja sendiri secara umum memiliki dua jenis yaitu baja karbon metalik dan baja logam campuran.

3. Ketahanan Terhadap Karat
Berdasarkan ketahanan terhadap karat, besi cenderung lebih mudah teroksidasi. Selain itu, besi juga sangat mudah berkarat di akhir pemrosesannya. Sebaliknya, baja cenderung lebih tahan terhadap karat.

Baca Juga: Waspada! Ini Penyebab Besi Berkarat

4. Tekstur Permukaan
Berdasarkan tekstur permukaan, besi biasanya mempunyai permukaan yang berkarat. Sedangkan baja bentuk permukaannya cenderung mengkilap.

5. Berdasarkan Kegunaan
Sebenarnya antara besi dan baja keduanya memiliki kegunaan yang hampir sama. Hanya saja, biasanya besi digunakan sebagai bahan rangka konstruksi bangunan, bahan baku peralatan dan perangkat kendaraan.

Sementara kegunaan baja hampir sama dengan besi, baja juga biasanya digunakan sebagai bahan pembangunan konstruksi jalan dan jembatan, mobil, kereta api dan lainnya. Contoh konstruksi bangunan yang berasal dari baja adalah jembatan London dan menara Eiffel.

6. Sumber Materialnya
Keberadaan besi dapat ditemukan di alam bebas yang unsurnya terbentuk secara alami. Sedangkan untuk memperoleh baja harus dilakukan proses pengolahan baja terlebih dahulu.

Namun, agar besi dan baja tersebut bisa digunakan di berbagai industri secara tepat guna,  keduanya harus sama-sama diproses dan diolah terlebih dahulu dan dicampur dengan bahan lainnya sesuai kebutuhan masing-masing jenis besi dan baja.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal yang membedakan antara besi dan baja, mulai dari asal pembentukan, jenis, ketahanan terhadap karat, bentuk permukaan, hingga kegunaan, hingga sumber materialnya.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa besi berasal material besi (Fe) yang memiliki kemungkinan untuk berkarat lebih tinggi. Sedangkan baja berasal dari campuran besi, logam dan bahan kimia lainnya, yang mempunyai permukaan cenderung mengkilap.

Apakah Anda sudah memahami perbedaan antara baja dan besi? Jika Anda tertarik untuk membeli besi, KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menyediakan ragam plat besi yang dapat Anda beli untuk memenuhi kebutuhan besi Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi lengkap mengenai ragam jenis besi.

Baca Juga: Mengenal Ragam Ukuran Plat Besi dan Jenis-Jenisnya!

Sebagai distributor besi Jakarta terpercaya, Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.