Mengenal Ragam Ukuran Plat Besi dan Jenis-jenisnya

Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:53 WIB
0
339
Mengenal Ragam Ukuran Plat Besi dan Jenis-jenisnya
ukuran plat besi

Tahukah Anda, guna membuat bangunan yang berkualitas diperlukan bahan-bahan seperti plat besi yang sesuai dengan ukurannya. Seperti berbagai material bangunan lainnya, plat besi juga memiliki ukuran, jenis, dan berat yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tak sedikit yang memanfaatkan plat besi atau iron plate ini karena kualitas materialnya yang memiliki ketahanan, dan kestabilan sehingga tidak mudah goyah. Bahkan, penggunaanya dapat diterapkan di segala kondisi, baik bangunan satu lantai hingga bertingkat.

Jika Anda sedang merencanakan pembangunan sebuah properti dan ingin menggunakan plat besi, penting bagi Anda untuk memahami seluk beluk plat besi. Mulai dari ukurannya, hingga bentuk pemanfaatannya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulasnya dengan lengkap. Simak penjelasan berikut ini selengkapnya!

Apa itu Plat Besi?

Sebelum mengenal lebih dekat tentang ukuran plat besi, sebaiknya ketahui dahulu apa yang dimaksud dengan plat besi atau iron plate ini. Seperti namanya, plat besi merupakan jenis besi yang berbentuk lembaran.

Material ini dirancang untuk membuat konstruksi semakin kokoh dan kuat. Penggunaannya dapat diterapkan di berbagai jenis permukaan. Selain itu, iron plate juga memiliki kemampuan untuk menahan atau menopang beban di atasnya.

Dalam penggunaannya, terdapat variasi ukuran plat besi yang disesuaikan dengan pemanfaatannya. Anda bisa membeli sesuai lebar, panjang, ketebalan, juga beratnya. Jadi, paling penting ketahui dahulu apa yang dibutuhkan sebelum membeli.

Ragam Ukuran Plat Besi

Plat besi sangat mudah ditemukan di berbagai toko bangunan. Bahkan, terdapat berbagai ukuran yang dapat Anda pilih. Berikut berbagai ukuran plat besi yang dapat Anda gunakan untuk segala kebutuhan:

1. Ukuran Plat Besi Galvanis

Untuk Galvanis terdapat ukuran 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 1 mm, 1,2 mm, 1,5 mm, dan 2 mm.

2. Plat Bordes

Ukuran plat besi bordes adalah 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 2 mm, 2,1 mm, 2,3 mm, dan 3 mm.

3. Ukuran Black Iron Plate

Banyak pilihan ketebalan bisa Anda pilih mulai dari 1 mm hingga 12 mm, ukurannya adalah 122×244 cm.

Baca Juga: Jenis-Jenis Plat Besi dan Kegunaannya

Jenis-jenis Plat Besi Beserta Ukurannya

Dalam penggunaannya sebagai material konstruksi, iron plate terdiri atas beberapa jenis. Masing-masing jenis ini punya fungsi tersendiri, untuk lebih jelasnya simak yang berikut ini:

1. Base Plate/Black Iron Plate

Jenis dan ukuran plat besi ini adalah 4×8 feet atau setara 122×244 cm dengan ketebalan mulai dari 1,2 hingga 200 mm. Base plate atau black iron plate dimanfaatkan sebagai material penyambung profil konstruksi, bahan pembuatan tangki, atau stamping.

Selain itu, juga banyak dimanfaatkan sebagai penguat atau dudukan material lainnya. Jika ingin membeli lembaran iron plate setidaknya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 300 ribu untuk ketebalan paling tipis.

2. Plat Besi Kembang

Disebut juga sebagai plat lantai atau berlian, karena permukaannya memiliki tekstur. Untuk ukurannya 1,2×2,4 m dengan tingkat ketebalan sangat bervariasi, juga bisa disesuaikan pesanan pembeli.

Pemanfaatan plat besi kembang digunakan untuk lantai ruangan atau lantai tangga karena permukaannya yang bertekstur memiliki kemampuan anti slip.

3. Strip Iron Plate

Ketebalan untuk strip iron plat mulai dari 3 hingga 12 mm, dengan panjang 6 m dan lebar bervariasi dari 19 hingga 200 mm. Setiap menambah ketebalan, maka harga yang dikenakan per lembar juga akan meningkat.

Umumnya strip iron plate dipergunakan sebagai bahan baku pembuatan pagar, baik pagar depan maupun untuk pagar balkon rumah. Alasannya karena materialnya memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup tinggi sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.

4. Plat Besi Kapal

Ukuran plat besi kapal memiliki panjang 60 cm dengan dua macam lebar, yaitu 18 cm dan 15 cm. Sesuai dengan namanya, pemanfaatan plat jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan baku pada konstruksi kapal.

5. Bordes

Plat bordes hampir serupa dengan black iron plate dan banyak digunakan sebagai material konstruksi. Namun, paling banyak dipakai untuk pembuatan tangga atau peralihan sebuah bangunan.

Teksturnya yang kasar dan tidak licin membuat bordes juga banyak dimanfaatkan untuk lantai atau jalan penghubung. Pemanfaatannya juga banyak digunakan untuk bangunan hunian. Selain itu, harganya juga masih bisa dikatakan bersahabat, yakni mulai dari Rp 200 ribu.

6. Plat Galvanis

Jika ingin menggunakan besi kokoh dan kuat, Anda harus membeli jenis plat Galvanis. Galvanis memiliki harga sesuai dengan kualitasnya. Satu lembar Galvanis dijual mulai dari Rp 400 ribu, atau sesuai dengan ketebalannya.

Nah, apakah Anda telah memahami apa itu beragam jenis ukuran plat besi dan pemanfaatannya? Dan apakah Anda telah menentukan ingin menggunakan jenis plat besi yang mana?

Jika Anda tertarik untuk membeli plat besi, KPS Steel selaku distributor besi Jakarta menyediakan ragam plat besi yang dapat Anda beli untuk memenuhi kebutuhan perbesian Anda. Kunjungi laman produk KPS Steel untuk informasi lengkap mengenai ragam jenis besi.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Plat Besi Hitam dan Plat Besi Putih

Sebagai distributor besi Jakarta terpercaya, Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online, hubungi kami melalui WhatsApp.