E-Marketing [14] "E-Business" Membutuhkan "E-Organization"

Upaya bisnis semacam itu membutuhkan pembentukan model bisnis baru yang disesuaikan dengan dan bekerja pada model E-Business.

Rabu, 6 November 2019 | 11:38 WIB
0
81
E-Marketing [14] "E-Business" Membutuhkan "E-Organization"
ilustr: Verstiuk Production

Kita hidup di masa-masa yang menyenangkan. Teknologi membuat kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya yang memengaruhi semua lapisan masyarakat. Ekonomi Baru dan teknologi baru telah membuka jalan bagi cara bisnis baru yaitu E-Commerce. Bisnis berada di bawah tekanan kuat untuk melakukan di pasar dan bersaing untuk mendapatkan ruang di antara para pesaing.

Sementara manajemen berada di bawah tekanan konstan untuk memenuhi target pendapatan baru, mereka juga di bawah tekanan untuk menambah laba dan mengurangi biaya.

E-Business telah datang pada saat yang tepat untuk membantu perusahaan mengeksplorasi saluran baru, pasar baru, untuk mengalahkan persaingan serta mengurangi biaya. Perusahaan yang menjual produk dan layanan mereka dan menyediakan layanan pelanggan online telah berhasil mengalahkan persaingan dengan sukses dan memimpin.

Dell adalah salah satu adapter teknologi awal yang memimpin dalam menawarkan opsi penjualan langsung menggunakan internet. Persaingan di pasar Komputer Desktop dan Laptop sangat ketat dengan semua nama besar seperti IBM, Lenovo, HP, dan lain-lain. Marginnya juga sangat tipis karena kenyataan bahwa harga-harga turun dan teknologinya berubah setiap beberapa tahun.

Dalam pasar yang peka terhadap harga yang sedemikian ketat, tekanan untuk menjaga agar biaya tetap terkendali selalu meningkat. Model penjualan langsung Dell telah menjadi sukses besar sejak mereka mulai berjualan secara online.

Masuk ke E-Business bukanlah proses yang mudah untuk membuat situs web dan mengaktifkan transaksi online. Ada lebih dari itu yang hanya menggunakan internet dan teknologi untuk memesan. E-Business menyerukan untuk membangun struktur bisnis baru di perusahaan yang mencakup seluruh organisasi. Integrasi ke depan dan ke belakang perlu dilakukan.

Semua fungsi bisnis dalam organisasi perlu diintegrasikan dan dialihkan ke teknologi perusahaan atau platform ERP dengan integrasi tanpa batas.

Sementara manajemen pesanan dan rekonsiliasi transaksi keuangan penting sejauh menyangkut penjualan, rantai pasokan backend perlu dilengkapi untuk mengelola seluruh proses mulai dari manufaktur hingga pengiriman ke depan pintu pelanggan dalam waktu yang ditentukan. Pabrikan atau perakitan dilakukan di satu lokasi sementara pelanggan mungkin berada di negara atau wilayah lain.

Integrasi manufaktur, rantai pasokan, dan pengiriman seperti itu tidak dapat dikelola oleh perusahaan sendiri. Ini membutuhkan kolaborasi dan kemitraan dengan beberapa mitra dan penyedia layanan di sepanjang rantai nilai.

Ini juga menyerukan untuk membangun dan mengintegrasikan proses, teknologi, tenaga kerja terlatih dan fokus serta dedikasi manajemen dan hubungan di semua mitra saluran untuk memastikan kelancaran arus informasi serta produk fisik. Dalam hal Dell, persediaan bahan baku dan komponen ditempatkan di sebelah pabrik perakitan oleh penyedia layanan pihak ketiga atas nama vendor DELL.

VMI atau Vendor Managed Inventory memastikan bahwa Dell mendapatkan pasokan bahan baku segera berdasarkan permintaan di pabriknya dan Dell tidak memiliki inventaris apa pun. Setelah perakitan selesai, penyedia layanan pihak ketiga mengambil kiriman, menyimpannya di gudang, mengirimkannya ke tujuan setelah menyelesaikan semua dokumentasi dan formalitas.

Di tujuan, agen atau mitra penyedia layanan pihak ketiga lainnya mengambil kiriman untuk pengiriman selanjutnya ke pelanggan pada langkahnya dan akhirnya mengunggah konfirmasi pengiriman ke situs web pelacakan Dell. Semua melalui rantai, sejumlah penyedia layanan terlibat dan sistem dan proses diandalkan untuk melacak, mengelola, dan mengontrol pengiriman dan pengiriman setiap saat.

Seluruh program E-Bussiness membutuhkan untuk membangun dan mengintegrasikan teknologi sebagai penggerak bisnis dan memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan pengiriman unggul mengalahkan persaingan. Upaya bisnis semacam itu membutuhkan pembentukan model bisnis baru yang disesuaikan dengan dan bekerja pada model E-Business.

***
Solo, Rabu, 6 November 2019. 11:24 am
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko