Hanya Prabowo yang Bisa Jawab atas Beredarnya Surat SBY

Minggu, 5 Agustus 2018 | 19:18 WIB
0
679
Hanya Prabowo yang Bisa Jawab atas Beredarnya Surat SBY

Dalam gerilya politik, tentu ada strategi yang harus dilakukan. Strategi ini, seperti yang biasa dilakukan intelijen. Pihak intelijen biasanya tidak pernah mengakui sesuatu yang dituduhkan, karena faktanya memang tidak melakukan apa-apa. Namun, apa yang terjadi, sebenarnya itu adalah apa yang menjadi harapannya.

Dalam kasus beredarnya surat Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang meminta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju sebagai cawapres Prabowo, bisa saja memang bukan SBY membuatnya. Namun, bila surat itu sempat dibaca Prabowo, tentu SBY tidak akan menolak bila akhirnya Prabowo menerima AHY sebagai cawapresnya.

Di tengah masyarakat, bisa saja Demokrat membantahnya. Namun, ketika ada keuntungan dari beredarnya surat itu, ibarat mendapatkan 'durian runtuh' pucuk dicinta ulam pun tiba.

Analoginya, tidak jauh berbeda dengan sanggahan bahwa SBY dikatakan menyodorkan AHY sebagai cawapres Prabowo. Berkali-kali Demokrat membantahnya bahwa pihaknya menyodorkan nama AHY. Soal cawapres, sepenuhnya diserahkan kepada capres.

Namun, di balik pertemuan itu, ada pergerakan politik yang dilakukan Demokrat, seperti pemasangan baliho AHY di mana-mana, termasuk juga acara deklarasi dukungan kepada AHY, dan juga slot orasi politik AHY di TV swasta nasional.

Semua yang dilakukan itu mempunyai tujuan politik yang saling terkait dengan penjajakan koalisi antara Demokrat dan Gerindra.

Jadi, tanpa harus berbicara menjadi cawapres, apa yang dilakukan itu sudah mengarah ke tujuan yang sama, cawapres. Semua misteri itu akan terbaca dalam beberapa hari ini, selama proses pendaftaran capres dan cawapres ini. Tunggu saja!

***