Inilah 7 Pulau Terbesar di Indonesia

Dari sekian banyak pulau, hanya sekitar 6.000 pulau yang dihuni manusia. Lalu, dimanakah letak pulau terbesar di Indonesia?

Selasa, 1 Maret 2022 | 15:07 WIB
0
297
Inilah 7 Pulau Terbesar di Indonesia
Pulau terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Itu membentang di sepanjang khatulistiwa, lebih dari seperdelapan keliling bumi.

Jumlah pulau di Indonesia diperkirakan mencapai 17.504 pulau. Hal ini berdasarkan Pusat Survei dan Pemetaan Militer (Pussurta ABRI) pada tahun 1987.

Pada tahun 2004, ada laporan dari gubernur, bupati, dan walikota tentang pulau-pulau di Indonesia. Berdasarkan laporan, ada 9.634 pulau yang belum diberi nama.

Dari sekian banyak pulau, hanya sekitar 6.000 pulau yang dihuni manusia. Lalu, dimanakah letak pulau terbesar di Indonesia? Apakah semua berpenghuni? Simak artikel berikut.

1. Pulau Papua

Papua Papua adalah pulau terbesar di Indonesia. Dengan luas sekitar 786.000 km persegi, Papua merupakan pulau terbesar di antara pulau-pulau lain di Nusantara. Pulau Papua memiliki puncak tertinggi yang mencapai 4.884 di atas permukaan laut yaitu Puncak Jaya Wijaya.

Pulau Papua terbagi menjadi dua bagian. Bagian barat adalah Republik Indonesia dan bagian timur adalah Negara Papua Nugini.

2. Pulau Kalimantan 

Kalimantan Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan luas wilayah 743.330 km persegi. Dikenal secara internasional sebagai Borneo, itu milik tiga negara. Bagian selatan adalah bagian dari Indonesia, bagian utara adalah bagian dari Malaysia, dan bagian kecil di bagian utara adalah negara bagian Brunei Darussalam.

Wilayah Indonesia terbagi menjadi lima provinsi. Kelima provinsi tersebut adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Jumlah penduduk di Kalimantan sekitar 13.787.831 jiwa.

BACA JUGA : Wisata Halal Maroko Spanyol

3. Pulau Sumatera

Dengan luas sekitar 443.065 km persegi, pulau Sumatera menempati urutan ketiga pulau terbesar di Indonesia. Pulau Sumatera sendiri terbagi menjadi beberapa provinsi. Mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Kepulauan Riau memiliki jumlah pulau terbesar atau hampir setengah dari total pulau di Sumatera. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 50.630.931 jiwa.

4. Pulau Sulawesi

Sulawesi Pulau Sulawesi memiliki luas sekitar 174.600 km persegi dan merupakan pulau terbesar keempat di Nusantara. Pulau ini terbagi menjadi enam provinsi, yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Provinsi Gorontalo. Dari enam provinsi tersebut, jumlah penduduknya sekitar 17.371.782 jiwa.

5. Pulau Jawa

Jawa Pulau Jawa merupakan pulau terbesar kelima di Indonesia. Dengan luas wilayah sekitar 126.700 km persegi, jumlah penduduk di Pulau Jawa diperkirakan lebih dari 136 juta jiwa atau terpadat di Nusantara. Pulau ini terbagi menjadi enam provinsi, yaitu Provinsi Banten, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Pulau Timor 

Timor terbagi menjadi dua bagian. Bagian barat milik Indonesia dan bagian timur milik Republik Demokratik Timor Leste. Luas total Pulau Timor sendiri adalah sekitar 30.777 km persegi.

Pulau Timor berbatasan dengan Australia di selatan dan tenggara, Pulau Sulawesi di barat laut, dan Sumba di barat. Di sebelah barat laut Timor adalah Kepulauan Flores dan Alor dan di sebelah timur adalah Kepulauan Barat Daya, termasuk wilayah Wetar.

Nama Timor berasal dari bahasa Melayu, merujuk pada letaknya di bagian paling timur kepulauan Sunda Kecil di Indonesia. Pulau ini memiliki legenda, bahwa dulunya pulau Timor adalah buaya raksasa yang kemudian berubah menjadi batu. Legenda tersebut berasal dari pegunungan di Pulau Timor yang berbentuk seperti punggung buaya.

7. Pulau Halmahera

Halmahera Pulau Halmahera merupakan pulau terbesar di Kepulauan Maluku dan bagian dari Provinsi Maluku Utara. Terletak di rantai gunung berapi aktif, meliputi Kepulauan Raja Ampat. Karena terletak dalam rangkaian gunung berapi aktif, Pulau Halmahera juga dikelilingi oleh pulau-pulau vulkanik di sebelah barat, antara lain Tidore, Ternate, Moti, Makian, Mare, dan Sangihe.

Pulau Halmahera memiliki luas total sekitar 17.780 km persegi dan merupakan pulau terbesar ke-50 di dunia. Halmahera juga dikenal dengan nama Gilolo yang berarti pulau yang didiami oleh suku Gilolo. Suku Gilolo sendiri merupakan kerajaan tertua di Pulau Halmahera dan namanya digunakan untuk menyebut pulau tersebut.

Itulah tujuh pulau terbesar di Indonesia beserta luas dan letaknya. Deretan pulau ini menggambarkan kekayaan alam dan keanekaragaman nusantara.

Sumber : Sewa Mobil Lombok