Situs Peti Kubur Batu Jaman Megalitikum di Desa Belawa Cirebon Tidak Terawat

Selasa, 23 Agustus 2022 | 15:52 WIB
0
60
Situs Peti Kubur Batu Jaman Megalitikum di Desa Belawa Cirebon Tidak Terawat
Situs Peti Kubur Batu Jaman Megalitikum di Desa Belawa Cirebon Tidak Terawat

Melansir dari Media Cirebon - Sejumlah masyarakat Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat bergotong-royong untuk menata situs peninggalan jaman prasejarah yang berupa peti kubur batu yang terdapat di lokasi Desa Belawa

Diketahui, situs kubur batu di jaman era megalitik itu berada di lokasi lahan perkebunan tebu milik desa setempat. Sebelumnya, kondisi situs tersebut nampak sekali sangat tidak terawat. Beberapa papan batu juga terlihat tidak tersusun rapih dan tidak berada pada posisi sebagaimana mestinya.

"Ya kita semua lakukan gotong-royong saja. Karena kalau tidak segera untuk diperbaiki, kita sangat khawatir situs peti kubur batu ini justru akan semakin parah kondisinya," kata seorang warga Desa Belawa Cirebon.

Setelah dilakukan penataan oleh warga desa setempat, situs peti kubur batu cirebon peninggalan jaman prasejarah itu saat ini nampak kembali tersusun rapih, untuk Ke depannya, kata Yon Maryono, warga setempat bersama pemerintah desa berencana ingin membangun taman purba di lokasi Belawa tersebut.

Sebelumnya, Yon juga telah mengatakan jika situs peti kubur batu yang di wilayahnya itu pernah diteliti oleh tim dari Balai Arkeologi Jawa Barat. Penelitian ini yang dilakukan pada tahun 2013 itu yang dipimipin oleh Lutfi Yondri.

Sementara itu, dalam artikel jurnal Jejak Aktivitas Penguburan Masyarakat Megalitik di Kaki Gunung Ciremai Jawa Barat, karya Lutfi Yondri telah menjelaskan bahwa situs kubur batu yang berada di Desa Belawa, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon memiliki struktur kuburan ini yang terbuat dari papan-papan batu andesit.

Secara keseluruhan, peti kubur batu yang ada di desa belawa ini memiliki ukuran panjang sekitar 205 cm dan lebar 70 cm. Sementara untuk arah kuburan peti ini, memiliki orientasi ke arah barat dengan deviasi 25 derajat, mengarah tepat ke Gunung Ciremai.