Menikmati Keindahan Suwehan Beach, Surga Bahari Tersembunyi di Klungkung Bali

Minggu, 7 Mei 2023 | 18:56 WIB
0
59
Menikmati Keindahan Suwehan Beach, Surga Bahari Tersembunyi di Klungkung Bali
Suwehan Beach

Apakah ada yang mengetahui bahwa di Nusa Penida terdapat sebuah pantai terpencil yang memiliki pesona yang setara dengan pantai eksotis di seluruh dunia? Tempat tersebut dikenal sebagai Suwehan Beach, yang telah diakui sebagai tempat liburan pantai yang tenang dan jauh dari keramaian. Selain itu, pantai ini juga dapat menjadi tempat bulan madu yang ideal karena fasilitasnya yang lengkap.

Bagi para pengunjung yang pernah mengunjungi pantai yang indah ini sebelum tahun 2018, pasti akan merasa nyaman karena akses menuju lokasi dibantu dengan tangga yang dibangun oleh pengelola. Namun, pada tahun 2018, akses menuju pantai mengalami gangguan akibat gempa besar yang terjadi di kawasan Pulau Bali.

Beruntunglah sekarang akses ke pantai utama yang tersembunyi di Nusa Penida ini sudah pulih kembali. Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menikmati keindahannya, tinggal merencanakan perjalanan yang menyenangkan ke Pantai Suwehan dan meluangkan waktu liburan. 

Daya Tarik yang Ditawarkan Suwehan Beach

Memang benar bahwa Pulau Bali sering diidentikkan dengan wisata pantai, namun setiap pantai memiliki karakteristik dan daya tarik yang berbeda. Hal ini juga berlaku untuk Suwehan Beach, yang memiliki beberapa daya tarik yang membuat pengunjung rela menghabiskan waktu sepanjang hari untuk menikmati keindahannya, bahkan sampai matahari terbenam. Apa saja daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini?

Tersembunyi dan Masih Alami

Jika dibandingkan dengan pantai terkenal lain di Pulau Dewata, Pantai Suwehan termasuk dalam kategori pantai tersembunyi karena untuk mencapai lokasinya memerlukan perjalanan yang tidak biasa. Terdapat pendakian dan penurunan yang harus dilewati sebelum akhirnya pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Punya Batu Volcom

Sama halnya dengan pantai di Bangka Belitung yang banyak memiliki batu karang besar yang tersebar, di Suwehan Beach terdapat satu batu karang besar yang memiliki bentuk segitiga. Ketika dilihat dari jarak jauh, batu tersebut mirip dengan logo dari merek fashion terkenal di dunia, yaitu Volcom, sehingga sering disebut dengan batu Volcom. Batu ini telah menjadi salah satu ikon dari pantai tersembunyi ini.

Panorama Sunset yang Indah

Para penggemar pemandangan matahari terbenam dapat menjadikan pantai eksotis ini sebagai tempat yang ideal untuk menikmati keindahan sunset. Perpaduan antara semburat jingga senja, warna permukaan laut yang memerah, dan sinar matahari yang semakin redup, akan menciptakan pemandangan senja yang menakjubkan dan mempesona.

Pantai Pasir Putih

Berbeda dengan kebanyakan pantai yang memiliki pasir berwarna kecoklatan, di Pantai Suwehan pengunjung akan disambut dengan pasir putih yang terpanjang sekitar 400 meter. Pasir putih ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas liburan, seperti piknik atau sekedar membaca buku dan bersantai di bawah rindangnya pepohonan.

Pemandangan Tebing dan Birunya Laut

Jika ingin merasakan sensasi lain dari keindahan Pantai Suwehan, pengunjung dapat menikmatinya dari bukit yang terletak di sekitar pantai. Naiklah melalui tangga yang tersedia, dan dari puncak bukit pengunjung dapat menikmati perpaduan indah antara tebing curam yang menakjubkan dengan warna biru laut yang sempurna.

Alamat dan Rute Menuju Pantai

Untuk berkunjung ke Pantai Suwehan, lokasinya berada di kawasan Tanglad, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Pengunjung dapat mencapai pantai ini dari pelabuhan di Sanur atau pelabuhan lainnya di Provinsi Bali.

Untuk mencapai pantai yang indah ini, wisatawan dapat menuju ke pelabuhan Toyapakeh dan memilih menggunakan kapal cepat yang memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Setibanya di pelabuhan, wisatawan dapat menyewa kendaraan roda dua atau roda empat dengan harga yang terjangkau atau memilih paket tour yang telah disediakan.

Ada satu hal menarik selama perjalanan menuju Pantai Suwehan yang menantang, yaitu pengunjung harus melewati beberapa jalur yang cukup terjal. Selain itu, saat ini belum tersedia fasilitas anak tangga untuk mencapai area pantai utama, sehingga dibutuhkan kondisi tubuh yang prima untuk menikmati wisata di sana. Perjalanan yang menuntut tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar 30 menit sebelum tiba di tepi Pantai Suwehan.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Untuk mengunjungi pantai dengan ombak landai yang indah ini, wisatawan harus menyiapkan biaya untuk tiket masuk sebesar sekitar Rp10.000 per orang. Biaya ini akan dikenakan oleh pengelola di pintu masuk. Namun, perlu diingat bahwa harga tiket tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa uang lebih agar siap menghadapi kenaikan harga tiket yang mungkin terjadi.

Selain biaya tiket masuk, para pengunjung juga perlu menyediakan dana untuk parkir kendaraan yang terletak sekitar 30 menit dari bibir pantai. Biaya parkir berkisar antara Rp2.000 hingga Rp10.000 per kendaraan, tergantung jenis kendaraan yang dibawa.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Salah satu motivasi orang berkunjung ke sebuah tempat wisata adalah untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Di Suwehan Beach, terdapat empat aktivitas yang direkomendasikan untuk dinikmati oleh pengunjung, baik sendiri maupun bersama orang terdekat.

1. Pemandangan Laut yang Biru

Permandangan air laut yang terhampar di depan mata, dengan dominasi warna biru yang cerah, menjadi sebuah lukisan alami yang tidak dapat disaksikan di pantai lain. Terdapat dua bukit yang mengapit batu segitiga di bagian tengah pantai yang menambah keindahan panorama pantai tersebut.

2. Berenang di Suwehan Beach

Ombak yang tenang di Pantai Suwehan membuatnya menjadi tempat yang menarik bagi para wisatawan untuk berenang. Bagi mereka yang terampil dalam berenang, pasti akan merasa senang bisa berenang di tengah laut dan menikmati udara segar serta keindahan bukit dari dekat.

3. Selfie dan Wefie

Sebaiknya jangan lupa untuk mengambil foto setiap momen di berbagai spot menarik, baik itu untuk wisatawan yang suka swafoto dan mengunggah hasilnya ke media sosial, maupun untuk foto bersama di spot yang banyak dikunjungi. Di kawasan pantai ini, terdapat beberapa spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

4. Relaksasi di Bawah Pohon Rindang

Terlihat beberapa pohon rindang yang tumbuh di sekitar kawasan cekungan laut. Di bawahnya, wisatawan dapat dengan mudah menemukan tempat berteduh dan menikmati suasana dengan angin sepoi-sepoi sambil mendengarkan suara ombak yang menghampar ke pantai. Hal ini dapat memberikan pengalaman relaksasi yang menyenangkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal, namun memberikan dampak positif pada kesehatan pikiran dan tubuh.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Ketika membicarakan fasilitas yang tersedia, memang belum sepenuhnya lengkap seperti pantai-pantai lain di Pulau Dewata. Meski demikian, para pengunjung dapat mempersiapkan diri sebelum berkunjung, sehingga tidak kecewa ketika ternyata fasilitas yang dibutuhkan tidak tersedia. Namun demikian, masih terdapat beberapa fasilitas pendukung yang dapat digunakan oleh wisatawan, simaklah informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Penginapan

Jika memang ingin menginap di sekitar pantai, sayangnya saat ini belum ada penginapan yang tersedia di lokasi terdekat. Namun, di kawasan Nusa Dua yang berdekatan terdapat sejumlah penginapan dengan harga terjangkau yang dapat dipesan sebelum berkunjung ke sini. Sehingga bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi pantai selama lebih dari satu hari, disarankan untuk memesan kamar terlebih dahulu.

2. Restoran

Sama seperti restoran yang belum tersedia di Pantai Suwehan, wisatawan dapat menemukan restoran di beberapa tempat wisata lain. Wisatawan dapat membeli makanan di sana atau membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk mengatasi rasa lapar tanpa meninggalkan keindahan pantai yang eksotis.

3. Sewa Kendaraan

Jika ingin berkunjung ke pantai dengan ikon batu segitiga ini dengan lebih aman dan nyaman, wisatawan dapat menyewa kendaraan di pelabuhan Nusa Penida. Namun, disarankan untuk menyewa kendaraan beserta sopirnya, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke sana dan belum mengenal rute perjalanan seperti yang dilansir Media Cirebon.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Suwehan yang akan memberikan banyak kesan mendalam selama berada di sana. Jika Anda tidak percaya, Anda dapat merencanakan liburan akhir tahun Anda untuk mengeksplorasi keindahan pantai tersebut secara langsung.