Cara Menangani Suhu Tubuh Ayam Yang Tinggi

Minggu, 31 Juli 2022 | 12:04 WIB
0
40
Cara Menangani Suhu Tubuh Ayam Yang Tinggi
kandang ayam

Ayam juga bisa mengalai stres jika terjadi perubahan kondisi lingkungan. Kondisi ini disebabkan oleh suhu tubuh ayam yang tinggi akibat peningkatan temperatur lingkungan menjadi rendah.

Stres yang paling sering dialami oleh unggas peternakan adalah stres panas atau heat stress. Secara alamiah, unggas sebagai hewan homeotermik akan berusaha menstabilkan suhu tubuh jika terjadi perubahan suhu lingkungan, baik menjadi tinggi ataupun rendah.

Baca Juga : Bahaya dari Bau Kandang Ayam dan Tips Mencegahnya

Tips Ampuh Menangani Suhu Tubuh Ayam Tinggi
Nantinya, mekanisme pertahanan tubuh dalam kondisi normal tersebut akan mempengaruhi keseimbangan tubuh unggas. Secara normal, rentang batas suhu tubuh normal ayam dewasa adalah 40.6º C-41.7º C, sedangkan suhu tubuh DOC adalah 39.7º C.

Agar berproduksi dengan optimal, ayam harus dipelihara dalam kondisi suhu yang nyaman atau berkisar antara 25º C-28º C dengan tingkat kelembapan 60%-70%. Jika ayam dewasa maupun DOC tidak berada di suhu yang sesuai, maka sistem pertahanan tubuhnya akan menjadi rendah.

Itulah kenapa perlu kontrol dan pengaturan terhadap suhu tubuh ayam untuk mencegah munculnya heat stress.Berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk menangani heat stress atau suhu tubuh tinggi pada ayam agar tidak berlarut dan merugikan peternak.

1. Memberikan Air Dingin Sehat Menurunkan Suhu Tubuh Ayam
Air dingin dapat digunakan untuk membantu unggas menstabilkan suhu tubuh saat udara lingkungan tinggi. Sebuah uji coba yang dilakukan Leeson dan Summers menunjukkan bahwa pemberian air dengan suhu dingin akan mengonsumsi pakan 12 gram lebih tinggi dibanding air hangat.

Selain itu, produksi ayam yang diberi air dingin lebih tinggi 12% dibanding ayam dengan air hangat. Air sehat ini diperoleh dengan cara memberikan perlakukan pada air berupa disinfektan yang higienis.

2. Penjarangan Ayam
Penjarangan ayam di dalam satu kandang bertujuan untuk mengurangi tingkat kepadatan ayam dalam satu kelompok. Sehingga ayam tidak akan merasa terlalu panas, merasa lebih nyaman, dan dapat dengan leluasa meradiasikan panas dari tubuh ke lingkungan.

3. Perlakukan Sesuai Kondisi Lingkungan
Perlakukan yang sesuai dengan kondisi lingkungan ini tidak melakukan vaksinasi, debeaking atau perlakuan lain saat suhu tinggi di lingkungan yang dapat memperparah kondisi heat stress atau suhu tubuh ayam tinggi.

Kegiatan seperti di atas dapat dilakukan pada malam hari atau saat cuaca dingin. Adapun pemberian Paracetamol sebagai antipiretik dan peningkat berat badan yang mengandung sortisol dan vitamin C juga dapat digunakan untuk membantu ayam lebih tenang.

4. Pemberian Vitamin Elektrolit
Suhu tubuh yang panas pada ayam juga dapat ditangani dengan pemberian vitamin elektrolit pada air minumnya. Langkah ini dapat menjadi upaya menangani efek suhu tubuh meningkat melalui adanya perubahan keseimbangan asam basa air dengan penambahan elektrolit.

Untuk menstabilkan suhu secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap keseimbangan metabolisme tubuh, sehingga dibutuhkan elektrolit sebagai bentuk maintenance evaporasi atau penguapan.

5. Manajemen Pemberian Pakan
Cara melakukan manajemen pakan adalah tidak memberikan pakan secara langsung. Ini karena kematian bisa saja terjadi siang hari meskipun bukan waktu terpanas pada ayam yang sudah diberi makan secara penuh pada pagi harinya.

Hal tersebut dapat terjadi karena waktu pencernaan pakan. Adapun manajemen yang dapat dilakukan adalah memberi 1/3 pakan di pagi hari, kemudian 2/3 pakan ketika menjelang sore, dan berikan pakan tambahan dengan kandungan kalsium meskipun mineral lain dibutuhkan saat malam.

6. Pemberian Vitamin Asam Amino
Pemberian vitamin dengan kandungan vitamin C juga dapat digunakan untuk mengatasi persoalan suhu tubuh ayam tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1960 menunjukkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi telur, bobot telur, dan tebal cangkang.

Kemudian penelitian lainnya membuktikan bahwa penambahan ascorbic acid dapat meningkatkan intake pakan. Sehingga penambahan asam amino sangat berguna untuk meningkatkan pakan ketika cuaca panas.

7. Perhatikan Litter
Setelah itu perhatikan litter, pasalnya tanpa disadari litter yang sudah tidak layak bisa menjadi sumber tingginya suhu tubuh karena sistem fermentasi yang berada di litter itu sendiri. Contoh dari litter yang sudah tidak layak adalah jika sudah menggumpal dan basah.

Jika kondisi litter seperti itu maka keluarkan dari kandang. Akan tetapi jika jumlah litter yang basan dan menggumpal sudah terlalu banyak, maka lebih baik ganti dengan litter yang baru.

8. Tingkatkan Biosekuriti
Saat suhu kandang tinggi dan menimbulkan heat stress pada ayam, perkembangan bibit penyakit pada paralon air minum menjadi lebih cepat. Untuk itu, lakukan pembersihan dan disinfeksi saluran air minum secara rutin.

9. Pengaturan Ventilasi untuk Turunkan Suhu Tubuh Ayam
Untuk mencegah suhu tubuh ayam tinggi berikutnya Anda bsa coba atur ventilasi kandang. Cobalah buka semua tirai kandang saat suhu sedang tinggi. Ini karena panas tubuh bisa menyebabkan kematian akibat tingginya aktivitas metabolisme pencernaan.

Baca Juga : Hal Yang Harus Di Perhatikan pada Masa Brooding Ayam Petelur

Memahami Suhu Tubuh Ayam dan Maksimalkan Produktivitas
Suhu tubuh ayam tinggi atau heat stress harus dihindari dalam sebuah ternak unggas. Temperatur dan tingkat kelembapan yang tidak sesuai akan mempengaruhi performa produktivitas ternak. Untuk itu, ikuti anda dapat menggunaakn cara penanganan di atas untuk menangani kondisi heat stress.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) merupakan pembibit unggas yang mengombinasikan teknologi modern, menghasilkan berbagai jenis bibit ayam (DOC), bibit bebek (DOD) dan bibit puyuh (DOQ) dengan kualitas terbaik. Segera kunjungi halaman produk peternakan PPG untuk informasi lebih lanjut untuk perlengkapan peternakan untuk Anda.