Cepat Lelah? Coba Makanan Penambah Stamina Berikut!

Jumat, 19 Mei 2023 | 17:05 WIB
0
49
Cepat Lelah? Coba Makanan Penambah Stamina Berikut!
Cepat Lelah? Coba Makanan Penambah Stamina Berikut!

Jika tubuh cepat merasa lelah meski telah beristirahat dengan baik dan hanya beraktivitas ringan, terdapat kemungkinan Anda sedang mengalami kekurangan energi. Dalam kondisi ini, Anda butuh mengkonsumsi makanan penambah stamina agar badan dapat lebih bugar seharian.

Makanan penambah stamina yang dimaksud tentunya merupakan makanan sehat dengan nutrisi yang tepat dan tidak diproses sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jajaran rekomendasi makanan untuk meningkatkan stamina Anda beserta penjelasannya!

Rekomendasi Makanan Penambah Stamina

Salah satu penyebab penurunan stamina adalah asupan energi untuk tubuh yang tidak terpenuhi. Akhirnya, stamina akan terus menurun dan meningkatkan rasa lelah. Terutama untuk lansia perlu tahu juga terkait 6 Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Untuk Lansia yang baik untuk tubuh. Oleh karena itu, perhatikan makanan yang masuk ke tubuh dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan berikut. 

1. Nasi merah
Nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna. Dengan demikian, memakan nasi merah akan membuat Anda kenyang lebih lama, mengembalikan tenaga yang hilang, juga mempertahankannya selama beberapa jam ke depan. Karena khasiat inilah nasi merah juga sering direkomendasikan sebagai pengganti nasi putih selama diet.

2. Oatmeal
Hasil olahan gandum ini kaya vitamin B, zat besi, mangan, dan beta glukan, yakni serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh. Saat Anda mengkonsumsi oatmeal, serat di dalamnya akan bergerak melewati saluran cerna dan membentuk gel. Gel ini bertahan dalam usus dan memberikan rasa kenyang.

Selain itu,  vitamin B, zat besi, dan mangan juga merupakan zat gizi mikro yang berperan penting dalam proses pembentukan energi. Dengan demikian, sama seperti nasi merah, tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna oatmeal sehingga Anda juga akan merasa kenyang dan bersemangat lebih lama.

3. Hati Sapi
Makanan ini memiliki kandungan protein tertinggi, profil asam amino terbaik, juga sumber vitamin A dan B yang bagus. Karenanya, tipe jeroan ini seringkali disebut sebagai makanan super atau super food. Selain itu, hati sapi merupakan salah satu sumber zat besi terbaik dan dilengkapi dengan hampir semua jenis protein dan vitamin B12 yang mampu menambah produksi energi.  

4. Alpukat
Selain lezat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, buah ini tinggi vitamin B kompleks, serat, dan lemak. Lebih dari 75% kandungan lemak alpukat adalah lemak tak jenuh yang sangat berguna sebagai cadangan energi ketika glukosa habis.

Konsumsi alpukat juga dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat gizi serta menjaga kadar lemak dalam darah tetap seimbang.

5. Ubi Jalar
Hasil olahan ubi jalar juga termasuk makanan penambah energi yang kaya akan karbohidrat kompleks. Ditambah lagi kandungan antosianin ubi jalar berpotensi meningkatkan kinerja otak dengan menangkal radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung potasium yang bermanfaat mencegah tekanan darah tinggi.

6. Salmon dan Tuna
Baik ikan salmon dan tuna kaya akan sumber vitamin B12 dan folat yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu kerja zat besi dalam tubuh. Sel darah merah yang mengandung cukup zat besi akan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh secara optimal.

Dengan asupan oksigen yang optimal, tubuh menjadi lebih berstamina dan jarang merasa lelah.

Kedua ikan ini juga terkenal kandungan asam lemak omega-3 yang meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh saat beraktivitas fisik. Terdapat juga kandungan vitamin B-12 yang mampu memproduksi energi sehingga tubuh tidak cepat lelah.

7. Kacang-kacangan
Banyak makanan kacang yang tinggi akan protein, karbohidrat, dan lemak menyehatkan. Beberapa jenis kacang bahkan juga kaya akan vitamin B kompleks, vitamin E, zat besi, dan mangan, sehingga mampu meningkatkan stamina, mengurangi rasa lelah, dan kantuk.

8. Pisang
Banyak atlet yang mengkonsumsi pisang sebelum pertandingan karena kandungan karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan kalium dalam buah ini. Tiga zat gizi tersebut berperan penting dalam proses pembentukan energi.

Kandungan seratn pisang yang tinggi juga dapat mengenyangkan tubuh sehingga Anda akan mampu beraktivitas hingga siang hari tanpa merasa terlalu lapar.

9. Telur
Telur ampuh menambah stamina karena kandungan protein dan leusin, yaitu jenis asam amino esensial pada telur yang berfungsi mengoptimalkan penyerapan gula dan metabolisme lemak. Dengan demikian, tubuh mampu menghasilkan energi lebih banyak.

10. Sayuran Hijau
Sayuran hijau peting dalam makanan sehari-hari untuk dapat menjaga kebugaran Anda dengan kandungan zat besi, kalsium, kalium, magnesium, dan berbagai vitamin penting lainnya. Sayuran hijau juga mampu meningkatkan pembentukan oksida nitrat dalam tubuh untuk membantu melebarkan pembuluh darah dan membawa lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh Anda.

Dengan demikian 10 rekomendasi makanan penambah stamina agar tidak cepat lelah. Selain rajin mengkonsumsi makanan di atas, tentu Anda juga perlu rutin Olahraga dan mengurangi makanan siap saji, sehingga Anda dapat mengembangkan kebugaran fisik dengan stamina tinggi dan minim risiko penyakit.