5 Tips Memilih Catering Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu

Jangan pernah ambil risiko untuk menentukan satu vendor catering tanpa melakukan test food terlebih dahulu.

Jumat, 9 September 2022 | 06:36 WIB
0
106
5 Tips Memilih Catering Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu
Image source by Instagram Vessa Catering

Dalam membuat daftar persiapan pernikahan, memilih catering termasuk poin yang harus masuk checklist. Catering sangat penting dalam acara pernikahan karena untuk menjamu tamu undangan yang hadir. Agar tak salah pilih vendor catering dan menu makanan yang disajikan sesuai dengan harapan, berikut tips memilih catering pernikahan yang tepat:

1. Cari Tahu Informasi Tentang Catering

Fitri Permana, pemilik wedding organizer Dua Organizer mengatakan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memulai pencarian vendor catering pernikahan berdasarkan rekanan venue atau lokasi pernikahan yang akan dipilih. Setelah itu perbanyak mencari informasi tentang calon vendor catering pilihan dan cek testimoninya. Dalam mencari vendor dan informasi soal catering ini kamu dapat melakukannya dengan menghadiri pameran wedding.

2. Bertemu Langsung dengan Vendor Catering

Langkah selanjutnya dalam memilih catering pernikahan menurut Fitri adalah membuat janji dengan vendor. Kunjungi vendor tersebut di kantor mereka, sehingga kamu dapat melihat dan mengamati cara kerja vendor, kebersihan dapur, kebersihan dan kerapian para pegawai yang terlibat di dalamnya.

Bila kamu mengutamakan kerapian dan kebersihan, tentu akan merasa nyaman untuk bekerjasama dalam menyediakan makanan untuk para tamu undangan nantinya.

Baca juga: 6 Fase dalam pernikahan


3. Cek Pilihan Menu Catering

Masing-masing vendor catering pernikahan biasanya memiliki satu atau beberapa menu andalan. Hal ini perlu kamu tanyakan sebagai langkah awal dalam mengetahui spesifikasi menu yang vendor miliki.

Vendor catering pernikahan yang menu andalannya adalah soto betawi, dapat diprediksi mereka ahli dalam mengolah menu khas Indonesia. Namun vendor yang menu andalannya bebek peking dan nasi hainam kemungkinan besar lebih memiliki keahlian di menu oriental.

Penting untuk melihat dan mempelajari menu yang memang biasa mereka sajikan. Hal ini untuk menghindari ketidakcocokan antara tema acara dan menu yang disajikan.


4. Perhatikan Cara Kerja Pegawai

Sebelum kamu menandatangani kontrak kerjasama, pastikan vendor catering pernikahan yang dipilih memiliki pegawai yang memadai. Bukan hanya dari segi jumlah, tetapi juga kapabilitas dan profesionalisme mereka dalam bekerja. Ini akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta pernikahan kamu. Diskusikan dengan pihak vendor, apa saja yang kamu butuhkan dan pastikan mereka sanggup menangani semua kebutuhan tersebut.

Baca juga: Pentingnya mengatur financial bagi pasangan muda 


5. Lakukan Test Food

Sangatlah penting untuk melakukan test food atau mencoba menu makanan yang akan disajikan sebelum kamu menentukan pilihan vendor catering pernikahan. Bila waktu yang ada masih cukup panjang, kamu bisa datang ke pameran wedding dimana vendor catering yang sedang dijajaki ikut berpartisipasi di dalamnya. Pada saat pameran setiap vendor catering pernikahan akan menyiapkan cukup banyak makanan untuk para calon pengantin yang ingin melakukan test food.

Namun bila waktunya kurang panjang, jadwalkan bersama vendor untuk melakukan test food. Jangan pernah ambil risiko untuk menentukan satu vendor catering tanpa melakukan test food terlebih dahulu. Terlebih bila menu yang kamu ingin hadirkan tak tersedia.

Bila kamu masih bingung memilih katering terbaik dan terjangkau kalian bisa mimilih Vessa Catering 

***