Sosialisasi IVA Test Untuk Cegah Kanker Serviks

Sekdako Letnan menghimbau agar setiap ASN meningkatkan kedisiplinan dan kehadiran, karena apabila kita telah disiplin maka setiap pekerjaan kita akan menjadi efektif.

Senin, 8 Juli 2019 | 17:33 WIB
0
178
Sosialisasi IVA Test Untuk Cegah Kanker Serviks
Sekdako Padangsidimpuan Buka Sosialisasi Pencegahan Kanker Serviks Dengan IVA Test

Kanker leher rahim / kanker serviks merupakan penyakit menakutkan dan mematikan bagi kaum wanita. Pada tahun 2014 WHO merilis laporan yang menyatakan bahwa lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker, 10,3 persen diantaranya adalah kematian akibat kanker leher rahim.


Pemerintah kota Padangsidimpuan adakan sosialisasi pencegahan kanker serviks dengan metode IVA test kepada masyarakat melalui Lurah dan Kepala Desa di Aula Kantor Camat Padangsidimpuan Utara, Senin (8/7).

Wakil Ketua TP-PKK Ny Linda Lovinasari Arwin Siregar meminta agar seluruh lurah untuk mengajak masyarakat mengikuti IVA Test. Kami sangat prihatin bila ada warga masyarakat Padangsidimpuan yang menderita kanker Serviks ini.

“Mohon bantuan semua pihak untuk senantiasa berpartisipasi melakukan pencegahan dini dengan melakukan IVA test ini”, ucapnya.

Pj Sekretaris Daerah Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, S.K.M, M.Kes menyampaikan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Padangsidimpuan mencegah penyakit yang menjadi momok kaum wanita ini, Pemko Padangsidimpuan melalui Dinas Kesehatan melaksanakan program deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan IVA di dua Puskesmas.

Saat ini 2 Puskesmas yakni Puskesmas Padangmatinggi dan Puskesmas Sadabuan tengah gencar melaksanakan kegiatan pemeriksaan IVA untuk deteksi dini kanker leher rahim, diharapkan dengan kegiatan ini wanita di Padangsidimpuan memiliki kesadaran akan pentingnya memeriksakan kesehatan reproduksi sejak dini sehingga tidak menimbulkan hal yang ditakuti dimasa mendatang.

“Ini adalah tugas kita bersama, kami mengapresiasi tindakan TP-PKK berupaya telah menempuh hujan dan panas untuk mensosialisasikan, sehingga program pemerintah ini bisa berjalan sehingga berjalan dengan komperehensip untuk mewujudkan kota Padangsidimpuan bersinar”, ucap Sekdako.

Selain itu Sekdako Letnan menghimbau agar setiap ASN meningkatkan kedisiplinan dan kehadiran, karena apabila kita telah disiplin maka setiap pekerjaan kita akan menjadi efektif.

“Pak Walikota dan Pak Wakil beserta saya juga akan secepatnya berdialog kepala seluruh Lurah dan Kepala desa terkait adanya laporan masyarakat kantor lurah/kepala desa tutup disaat jam bekerja”, katanya.

***