Ciri - Ciri Telur Ayam Kampung Yang Asli

Senin, 26 September 2022 | 12:35 WIB
0
16
Ciri - Ciri Telur Ayam Kampung Yang Asli
telur ayam kampung

Bahan makanan satu ini baik dikonsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan dan juga bagi manula. Telur sebagai sumber protein hewani ini sangat mudah ditemukan dimana-mana. Jenis telur ini dihasilkan melalui proses budidaya alami tanpa rekayasa termasuk dalam pemberian pakan. Pada habitat aslinya, ayam dilepasliarkan dengan mencari makanan dari alam secara mandiri seperti serangga, rumput, biji-bijian dan sebagainya. Sumber pakan alami inilah yang menghasilkan kandungan nutrisi lengkap dan sehat pada telur. Saat ini, ayam kampung mulai dibudidayakan secara modern. Namun, kondisi lingkungan ideal dibuat menyerupai habitat alami.

Baca Juga : Penyebab dan Solusi Bebek Yang Tidak Mau Makan

Manfaat Mengkonsumsi Telur Ayam Kampung Asli
Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dari mengkonsumsi sumber protein dari ayam kampung. Bukan hanya memiliki cita rasa gurih, namun berkhasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya.

Kaya Omega-3
Asam lemak Omega-3 bagus bagi jantung. Ini sangat dianjurkan dikonsumsi untuk orang lanjut usia menggantikan ayam ras yang lebih banyak kolesterol. Konsumsi rutin dapat merubah struktur LDL (kolesterol jahat) tubuh.

Menjaga kesehatan mata
Antioksidan tinggi, lutein dan zeaxanthin merupakan zat yang menjaga vitalitas otot-otot mata. Fungsi lainnya menjadikan penglihatan jernih, mencegah katarak dan gangguan penyakit yang bersifat degeneratif pada mata.

Meningkatkan massa otot
Telur ayam kampung sangat dianjurkan bagi para atlet atau yang ingin bentuk tubuh lebih sporty karena membentuk otot lebih cepat. Hal ini disebabkan kandungan antioksidan esensial dari telur ayam kampung asli.

Mencegah resiko kanker
Manfaat ini didapat dari bagian kuning yang mengandung triptofan dan tripsin. Kedua tipe asam amino tersebut mempertahankan sel dan jaringan dari pertumbuhan sel abnormal penyebab kanker dan tumor.

Baik untuk diet
Memiliki kandungan protein tinggi yang mampu membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan nutrisi yang lengkap, tidak perlu khawatir malnutrisi dengan hanya mengkonsumsi telur ayam kampung yang asli saat diet.

3 Tanda Telur Ayam Kampung Asli
Mengingat banyaknya manfaat yang didapat dari mengkonsumsi telur ayam kampung, Anda harus tahu cirinya. Jangan sampai Anda keliru pada saat membeli. Perhatikan 3 ciri berikut ini supaya tidak salah.

Bentuk dan ukuran
Bentuk telur ayam kampung lebih runcing di salah satu bagian ovalnya. Apabila Anda menemukan membulat dan tidak terlalu runcing dipastikan palsu. Ukurannya juga lebih kecil, sedikit lebih besar dibanding telur puyuh. Meski ukurannya kecil, namun konsistensi kulit lebih padat dan keras. Anda bisa mengujinya dengan coba memecahkannya, akan lebih sulit dibanding yang palsu serta tidak mudah pecah jika sedikit ditekan.

Warna
Warna telur ayam kampung asli putih sedikit kecoklatan namun bukan pucat. Bedakan dengan tiruan yang warnanya putih bersih, sedangkan putih pucat biasanya adalah telur ras gagal tetas. Kuning telur berwarna orange yang komposisinya lebih banyak dibanding bagian putih. Berbeda dengan tiruan yang bagian kuningnya pucat tidak orange dan komposisinya sebanding dengan bagian putih. Kandungan protein tinggi menyebabkan bagian kuning sangat padat dan tidak mengandung banyak air. Apabila telur direbus akan lebih keras, berbeda dengan telur ras yang mengandung lebih banyak air.

Tekstur kulit
Tekstur kulit lebih halus, mulus sedikit mengkilap. Berbeda dengan tiruan yang pucat dan kadang terdapat seperti bercak kasar apabila disentuh. Kadang juga, telur seperti berpasir karena proses pengikisan secara sengaja.

Baca Juga : Vaksin yang Wajib Di berikan Pada Bebek

Kesimpulan
Telur ayam kampung memang menjadi bahan makanan yang banyak dicari orang. Banyak sekali produk yang bertandakan telur ayam kampung asli di berbagai supermarket. Kita sebagai calon pembeli harus cermat dalam memilih produk. Dengan memahami ciri-ciri telur kampung asli di atas, kita tidak akan tertipu oleh telur palsu.

PT Putra Perkasa Genetika (“PPG”) tempatnya. PPG merupakan pembibit unggas Indonesia yang sudah berkelas dunia. PPG mengkombinasikan teknologi modern, ahli dibidang pembibitan, dan pengalaman bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan unggas dengan kualitas tinggi. Jika Anda tertarik dengan produk peternakan dan pembibitan, segera kunjungi halaman produk PPG.