Vaksin yang Wajib Di berikan Pada Bebek

Rabu, 21 September 2022 | 21:02 WIB
0
25
Vaksin yang Wajib Di berikan Pada Bebek
bebek

Meski banyak yang sudah berkecimpung di dunia ternak bebek, namun masih banyak yang belum tahu pentingnya vaksin untuk unggas khususnya bebek. Padahal, vaksin yang diberikan kepada bebek petelur maupun pedaging dapat mencegah berbagai macam penyakit. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui berbagai jenis vaksin wajib yang perlu diberikan.

Baca Juga : Tips Beternak Ayam Kampung Agar Cepat Panen

Daftar Jenis Vaksin Bebek Wajib
Tak hanya satu dua jenis saja, vaksin terdiri dari berbagai macam jenis dan tentunya memiliki fungsi masing-masing. Setidaknya terdapat 8 jenis vaksin wajib yang perlu diberikan secara bertahap, yakni sebagai berikut ini:

1. Vaksin AI
Vaksin pertama adalah vaksin AI, salah satu jenis vaksin yang diperuntukkan untuk bebek pedaging. Jenis vaksin ini mampu mencegah penyakit flu burung menyerang ternak Anda. Vaksin yang sering diberikan pada ternak adalah vaksin AI H5N1 dengan cara injeksi/intramuskular.

2. Vaksin Kolera
Di urutan kedua ada vaksin kolera yang wajib diberikan, khususnya jenis pedaging. Vaksin ini berfungsi untuk mencegah bebek terserang penyakit kolera. Nah, kolera sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang unggas dan bisa menular. Kolera terjadi pada saluran pencernaan dan kemunculannya disebabkan oleh bakteri.

3. Vaksin ND
Anda juga perlu memberikan vaksin ND yang berfungsi mencegah munculnya penyakit Newcastle disease atau yang lebih dikenal dengan sebutan ND. Faktanya, penyakit ND adalah salah satu penyakit berbahaya bagi unggas sehingga vaksin ND wajib diberikan.

4. Vaksin Marek
Untuk mencegah bebek terserang penyakit marek, Anda wajib memberikan vaksin marek yang diberikan dengan cara subkutan di bawah leher ketika breeding. Vaksin marek sangat bagus diberikan untuk bebek pedaging sehingga bisa terhindar dari penyakit marek.

5. Vaksin Cocci
Selanjutnya ada vaksin Cocci yang tergolong jenis vaksin dengan harga tinggi, sehingga jarang sekali digunakan atau diberikan kepada bebek. Biasanya, vaksin Cocci hanya akan diberikan ketika ada dampak di daerah peternakan bebek dan diberikan dengan cara semprot atau dicampurkan ke dalam air minum bebek.

6. Vaksin IB
Vaksin IB merupakan vaksin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit infectious bronchitis. Cara yang digunakan untuk memberikannya kepada bebek sangatlah mudah dibandingkan dengan vaksin lainnya, yakni dengan cara mencampurkannya pada air minum bebek saja.

7. Vaksin Coryza
Jenis vaksin ini perlu dan penting diberikan kepada ternak Anda, khususnya bebek pedaging. Vaksin jenis ini sangat bagus dan berfungsi sebagai salah satu cara mencegah ternak agar tidak terserang penyakit mewabah snot atau coryza. Cara memberikan vaksin Coryza pada jenis pedaging adalah dengan injeksi intramuskular yang bisa dilakukan di dua titik, yakni pada bagian dada atau paha. Jangan sampai melewatkan vaksin Coryza agar hewan ternak (bebek) selalu sehat.

8. Vaksin lainnya
Tak hanya ketujuh vaksin yang telah disebutkan di atas, masih ada jenis vaksin lainnya yang bisa diberikan kepada bebek. Vaksin yang dimaksudkan tersebut adalah sebagai berikut ini:

ILT yang berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran laryngotracheal, sehingga wajib diberikan.
Fowl Pox berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit cacar.
Gumboro yang bisa diberikan dengan cara mencampurkannya dengan air minum, kemudian diaduk sampai tercampur rata.
Baca Juga : Penyebab dan Solusi Bebek Yang Tidak Mau Makan

Kesimpulan
Vaksin merupakan salah satu cara mencegah penyakit dan virus masuk ke dalam tubuh. Dengan vaksin Anda akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk vaksin, tetapi hal ini sangat dibutuhkan supaya ternak bisa tumbuh sehat dan bebas dari penyakit. Vaksin-vaksin yang disebutkan di atas bisa mencegah ternak Anda terserang penyakit yang tentunya merugikan Anda.

Jika Anda mencari bibit bebek dengan kualitas tinggi, PT Putra Perkasa Genetika (“PPG”) adalah salah satunya. PPG merupakan pembibit unggas Indonesia yang sudah berkelas dunia. PPG mengkombinasikan teknologi modern, ahli dibidang pembibitan, dan pengalaman bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan unggas dengan kualitas tinggi.

Jika Anda tertarik dengan DOD bebek atau bibit unggas lainnya, segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut.