Tips Beternak Ayam Kampung Agar Cepat Panen

Rabu, 14 September 2022 | 22:44 WIB
0
55
Tips Beternak Ayam Kampung Agar Cepat Panen
ayam kampung

Ayam kampung jenis ayam ini sangat disukai oleh masyarakat karena semua bagian tubuhnya bermanfaat. Mulai dari telur, daging, dan bulunya dapat dijadikan sebagai tambahan penghasilan bagi pemiliknya. Ternyata ada banyak cara ternak ayam kampung agar cepat panen yang bisa diaplikasikan saat ini. 

Faktanya, daging ayam kampung sangat disukai daripada daging lainnya karena cita rasanya khas dan memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Sedangkan telurnya memiliki protein tinggi daripada ayam negeri. Sementara untuk bulunya, biasanya digunakan untuk kemoceng dan berbagai hiasan lainnya yang menarik.

Beruntungnya penjualan ayam kampung masih sangat terbatas sehingga tidak heran bila harganya juga lebih tinggi daripada ayam lainnya. Jadi, beternak ayam kampung bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

Baca Juga : Ciri Telur Ayam Yang Gagal Menetas

Cara Beternak Ayam Kampung Agar Cepat Panen
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin beternak ungags ini supaya hasilnya bisa maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan beberapa poin di bawah ini bila ingin cepat panen, antara lain:

1. Pilih Bibit Terbaik dan Berkualitas
Jangan pandang sebelah mata untuk poin ini karena hal ini termasuk salah satu cara ternak ayam kampung yang perlu diperhatikan. Bibit sangat mempengaruhi hasil induknya.

Bibit yang bagus dan berkualitas bisa meningkatkan nilai jual rupiahnya. Maka dari itu, cari bibit dari tempat terpercaya, kemudian tetaskan sendiri. Anda juga bisa beli indukannya, kemudian pelihara hingga bertelur dengan sempurna.

2. Perhatikan Makanan Ayam Kampung Anda
Pakan ayam kampung sangat mempengaruhi hasil telurnya nanti. Jadi jangan sembarangan. Berikan makanan bernutrisi tinggi, mulai dari air, lemak, karbohidrat, dan protein. Misalnya dengan cara memberikannya kacang tanah untuk makanannya.

Biasanya cara ternak ayam kampung cepat panen ini butuh biaya lebih untuk melakukannya. Solusinya adalah buat makanannya sendiri. Misalnya seperti memberikan dedak, yaitu dibuat dari penggilingan gabah.

3. Perawatan Lainnya juga Perlu Diperhatikan
Perawatan bisa dimulai dari bersihkan lingkungan dan kandangnya secara rutin. Tujuannya adalah agar terhindar dari berbagai sarang penyakit. Sedangkan yang baru menetas dan bertelur, Anda harus memberi penghangat ruangan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan bohlam lampu.

Sementara bila ada ayam yang sudah terkena penyakit, maka Anda sebaiknya memisahkannya dengan yang lain. Hal ini bertujuan supaya ternak lainnya tidak tertular.

4. Masa Panen Ayam Kampung
Untuk mendapatkan unggas yang bagus dan sehat, ada rahasia yang bisa Anda ikuti. Rahasianya adalah saat mereka bertelur untuk pertama kalinya, jangan jadikan telur pertama sebagai bibit karena biasanya kualitasnya kurang sempurna atau kurang bagus.

Referensi Cara Ternak Ayam Kampung Cepat Panen
Setelah melihat bagaimana panduan ternaknya, saatnya mencari referensi soal budidayanya sehingga Anda tahu langkah seperti apa yang cocok untuk digunakan.

Di bawah ini adalah 3 jenis referensi beternak supaya dapat segera panen:

1. Versi Tradisional

Cara ternak ayam kampung cepat panen ini sering dipilih di pedesaan. Biasanya ayam akan dibiarkan hidup di halaman begitu saja untuk mencari makanannya sendiri. Resikonya adalah ayam bisa mati dan hilang.

2. Versi Semi Intensif

Langkah ini juga sama. Ayam dilepas di halaman namun ada pagar pembatasnya. Bedanya versi ini adalah ada kandangnya. Sedangkan kelemahannya, pemilik mungkin kerepotan karena harus memasukkannya ke kandang setiap malam.

3. Versi Intensif

Cara ternak ayam kampung cepat panen ini sangat praktis. Ayam dikurung di kandang selama 24 jam. Namun kekurangannya adalah pertumbuhan dan perkembangannya lambat, namun cara merawatnya jauh lebih mudah.

Jadi dapat disimpulkan bila semi-intensif dan intensif itu butuh kandang untuk tempat berteduhnya.

Kandangnya harus mendapat paparan sinar matahari yang cukup, jaraknya aman, dan perlengkapannya lengkap, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi ayamnya.

Baca Juga : Mengenal Ciri Bebek Bali

Kesimpulan
Ayam kampung merupakan jenis ayam yang banyak diminati oleh masyarakat. Cita rasanya yang khas dan jumlahnya yang jauh lebih sedikit dari jenis lainnya membuat ayam ini memiliki harga yang lebih tinggi.

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ternak ayam kampung, Anda harus mengerti cara ternaknya supaya Anda bisa cepat panen dan memperoleh keuntungan yang besar.

PT Putra Perkasa Genetika (“PPG”) adalah salah satunya. PPG merupakan pembibit unggas Indonesia yang sudah berkelas dunia.

PPG mengombinasikan teknologi modern, ahli dibidang pembibitan, dan pengalaman bertahun-tahun untuk dapat menghasilkan DOC ayam, DOD bebek, ataupun DOQ burung puyuh dengan kualitas tinggi.

Jika Anda tertarik dengan produk bibit ayam lokal petelur, DOC ayam lokal pedaging atau peternakan lainnya, segera kunjungi halaman produk PPG.