Mengenal Ciri Bebek Bali

Rabu, 14 September 2022 | 17:18 WIB
0
26
Mengenal Ciri Bebek Bali
bebek bali

seiring dengan dengan berjalannya waktu permintaan daging bebek yang terus bertambah. Kini ternak bebek menjadi semakin populer, Bebek memiliki beragam jenis dan berasal dari beberapa daerah di Indonesia salah satunya yaitu bebek Bali.

Sesuai dengan namanya jenis bebek ini berasal dari Bali. Awalnya bebek-bebek tersebut hanyalah sekumpulan bebek liar yang kemudian didomestikkan oleh petani setempat, untuk dibuat jinak. Warna tubuh dari bebek ini bervariasi dan hasil telur yang lebih sedikit.

Baca Juga : Mengenal Hama Gurem pada Ayam dan Cara Mengatasinya

Mengenal Bebek Bali
Bebek Bali merupakan salah satu jenis bebek domestik yang bobotnya ringan dan tampilannya cantik. Bebek ini juga dikenal dengan bebek Jambul Runner atau  bebek Jambul Bali, dan menjadi salah satu jenis bebek dengan ras paling tua di Indonesia.

Awalnya bebek berjambul ini berasal dari Pulau Bali yang berada di sebelah timur Pulau Jawa, dan hampir tidak ada di luar Pulau Bali. Bebek yang unik ini juga termasuk jenis burung yang sangat lucu. Namun, diluar kelucuannya, bebek yang memiliki jambul ini memiliki gen yang letal.

Misalnya ketika bebek yang memiliki gen jambul ini berkembang biak, maka bisa dipastikan telur yang dihasilkan tidak akan menetas. Namun jika telurnya menetas pun, anak bebek tersebut biasanya akan lahir dengan fisik yang menyimpang. Seperti misalnya bentuk lehernya melengkung, terdapat masalah di bagian punggung, atau keseimbangan serta komplikasi di bagian pembentukan tengkoraknya. Hal ini akan menimbulkan kematian  pada bebek sebelum benar-benar menetas.

Bebek jenis Jambul Bali ini bisa dikawinkan dengan jenis bebek dari Bali lainnya yang tak mempunyai jambul, untuk mencegah terjadinya kematian atau telur yang tak menetas. Bebek ini bisa menjadi hewan peliharaan atau hiasan saja karena fisiknya yang cantik.

Karakteristik dan Ciri dari Bebek Bali Asli
Mari kita lihat apa saja karakteristik dan juga ciri fisik dari jenis bebek yang berasal dari Bali ini, yang akan dijelaskan dengan lengkap berikut ini:

1. Karakteristik
Jenis bebek yang satu ini merupakan bebek domestik yang ringan, dengan tampilan yang mirip dengan Bebek Indian Runner. Perbedaannya hanya pada jambul yang terdapat di bagian kepalanya.

Tipe tubuh bebek ini tegak dan cenderung ramping, tetapi pembawaan tubuhnya tidak bervariasi seperti Bebek Indian Runner. Bebek Indian Runner cenderung lebih bervariasi dan mampu membawa tubuhnya dengan sudut 45 – 75 derajat ke tanah.

Sedangkan bebek dari Bali hanya sekitar 60 – 70 derajat saja kisaran bentuk tubuhnya. Bentuk kepala dan bagian paruhnya lebih kasar tetapi dengan bentuk bahu yang lebih lebar, dan bobotnya lebih berat dari Bebek Indian Runner.

2. Ciri-ciri
Lalu, apa saja ciri-ciri dari jenis bebek yang satu ini? Ciri khas yang paling utamanya tentu saja adanya jambul di kepala. Lehernya lebih pendek dengan tubuh bagian belakang yang lebih sempit.

Postur tubuhnya agak mirip dengan hewan Pinguin dan memiliki corak bulu yang beragam.

Ada corak bulu yang berwarna hitam dengan warna hampir mirip gula aren, atau ada juga yang coraknya hitam polos. Selain itu, ada corak umbian yaitu campuran warna hitam dan putih atau coklat seperti warna jerami.

Bobit bebek dewasa jantan biasanya 2 Kg sedangkan bobot bebek betina biasanya 1,8 Kg. bebek pada umumnya akan menghasilkan telur 190 butir per ekor per tahun, sedangkan bebek jenis ini hanya menghasilkan telur yang bobotnya hanya 60 gr saja.

Baca Juga : Ciri Telur Ayam Yang Gagal Menetas

Bebek bali ini memiliki ciri yang unik membuat jenis bebek tersebut cukup populer karena memang beda dari jenis bebek pada umumnya. Kini bebek tersebut banyak diolah menjadi makanan untuk dikonsumsi sehingga menjadi bebek pedaging. Jika Anda tertarik menjadi peternak bebek, pastikan Anda memulainya dengan memilih bibit bebek berkualitas. Dengan demikian, ternak Anda lebih tahan penyakit dan memiliki produktivitas yang lebih baik.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) berupaya menghasilkan bibit unggas terbaik. Dengan didukung pengalaman bertahun-tahun dan teknologi modern, PPG telah menjadi pembibit unggas yang bersaing dalam skala regional maupun internasional. Dapatkan bibit bebek, ayam, puyuh, dan berbagai perlengkapan peternakan terbaik hanya dari PPG.

Segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai jenis DOD bebek dan pemesanan.