Mengenal Hama Gurem pada Ayam dan Cara Mengatasinya

Minggu, 11 September 2022 | 19:27 WIB
0
479
Mengenal Hama Gurem pada Ayam dan Cara Mengatasinya
ayam

Anda pernah mendengar istilah gurem pada ayam? Untuk peternak yang masih pemula mungkin belum paham dengan istilah gurem tersebut. Gurem itu sendiri merupakan jenis hama yang sering mengganggu ayam para peternak.

Munculnya hama gurem pada ayam ternak memang menjadi hal yang biasa dan wajar, tetapi Anda harus tetap mengatasinya jika gurem itu muncul. Akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan agar tidak ada hama yang mengganggu hewan ternak. Sehingga ayam akan tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit dan hama yang menggangu

Baca Juga : Tips Manajemen Pakan Ayam Petelur

Kenali Hama Gurem pada Ayam
Gurem yang termasuk jenis hama juga merupakan kutu ayam atau yang juga disebut dengan kremi. Wujudnya adalah serangga berukuran kecil yang sering mengganggu dan juga menempel pada tubuh ayam.

Ayam pun akan merasa gatal-gatal di sekujur tubuhnya, karena hama ini menghisap darah serta sari makanan pada ayam. Khususnya di bagian bulu ekornya, yang sering terasa gatal dari bagian tubuh yang lainnya.

Tak hanya gatal-gatal saja gejala lainnya yang dialami oleh ayam yang terserang gurem adalah, ayam tersebut menjadi kurang darah, produksi telur menurun, nafsu makan hilang, iritasi, hingga mudah terkena penyakit.

Selain menyerang ayam, hama gurem ini juga sering menyerang hewan lainnya seperti bebek, burung dara, entok, dan sebagainya. Gurem juga akan menyerang hewan-hewan unggas tersebut dalam jumlah yang banyak.

Cara Mengatasi Hama Gurem pada Ayam
Gurem yang menyerang ayam-ayam ternak jika dibiarkan akan menimbulkan kerugian pada pemilik peternakan tersebut. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana cara menghilangkan hama ini pada ayam dengan cara berikut ini:

1. Gunakan Air Tembakau
Air tembakau akan menjadi bahan alami untuk basmi gurem pada ayam. Cara ini sangat aman dan tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan. Tembakau memang mengandung zat nikotin tetapi bisa dimanfaatkan untuk membasmi serangga.

Cara mengolah air tembakau dalam membasmi hama ini adalah dengan merendam 3 ons tembakau, ke dalam air hangat sebanyak 1 liter. kemudian diamkan air rendaman itu selama satu malam, setelahnya baru semprotkan pada kandang dan juga ayam.

2. Air Jeruk Nipis dengan Cuka
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan cuka, jika sudah dicampurkan maka Anda bisa langsung menyemprotnya pada kandang dan juga pada ayam yang terkena hama gurem tersebut.

Untuk pencegahan bisa juga dengan melakukan penyemprotan pada induk ayam yang tidak terkena gurem.

3. Gunakan Daun Sirih
Bahan alami lainnya yang juga bisa digunakan untuk menghilangkan gurem adalah daun sirih. Biasanya serangga tidak suka dengan bau dari daun sirih sehingga bisa Anda terapkan dalam membasmi gurem tersebut.

Caranya yaitu dengan mencincang daun sirih kemudian tabur di sekeliling kandang sehingga serangga-serangga akan menjauh, termasuk serangga gurem ini.

Taburkan juga di area tempat telur ayam supaya gurem tidak bersarang di sana, dan sebelum jumlahnya menjadi banyak.

4. Oli Bekas
Tak hanya bahan alami saja tapi Anda juga bisa memanfaatkan bahan lainnya dalam membasmi gurem, yaitu oli bekas. Caranya juga mudah saja, olesi kandang ayam dengan menggunakan oli bekas tersebut.

Tak perlu mengoleskan ke semua bagian kandangnya, hanya bagian luarnya saja khususnya di bagian tiang-tiang penyangga. Penggunaan bahan-bahan tersebut jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan pestisida.

Jika menggunakan pestisida maka ayam-ayam ternak itu akan ikut mati karena terkena semprotannya. Maka sebaiknya gunakan saja bahan alami untuk menghilangkan gurem.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Ayam Tidak Mau Bertelur!

Mengusir Gurem dengan Cara Alami
Cara-cara di atas dapat anda lakukan untuk menghilangkan gurem pada ayam, sehingga gurem ini tidak akan datang dan mengganggu ayam-ayam lagi. Sebaiknya gunakan bahan dan cara yang alami, karena lebih aman untuk ayam tersebut dibanding dengan zat kimia, selain dapat membasmi gurem secara menyeluruh juga. Meski demikian, Anda bisa memastikan kualitas ayam Anda sejak dini. Pilih bibit ayam atau DOC berkualitas agar lebih tahan menghadapi berbagai jenis penyakit.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) berupaya menghasilkan bibit unggas terbaik. Dengan didukung pengalaman bertahun-tahun dan teknologi terkini. Dapatkan berbagai pilihan bibit bebek, ayam, puyuh, dan berbagai perlengkapan peternakan terbaik hanya dari PPG.

Segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan.