Tips Ampuh Mengatasi Ayam Tidak Mau Bertelur!

Minggu, 11 September 2022 | 19:05 WIB
0
336
Tips Ampuh Mengatasi Ayam Tidak Mau Bertelur!
ayam mengeram

Berbisnis telur ayam merupakan jenis bisnis yang sangat menguntungkan. Namun bagaimana jika kita sebagai peternak memiliki ayam yang tak mau bertelur? Tentu hal ini akan sangat merugikan bagi para peternak. Mengatahui cara mengatasi ayam tidak mau bertelur merupakan yang langkah tepat. Untuk meminimalisir kerugian di waktu yang akan datang.

Biasanya ayam yang tidak mau bertelur memiliki masalah pada kesehatannya, kondisi kandang yang tidak nyaman, stress, atau jenis pakan yang dikonsumsi. Sebelum masuk ke cara mengatasi, ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebabnya.

Baca Juga : Tips Manajemen Pakan Ayam Petelur

Penyebab Ayam Tidak Mau Bertelur
Sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dulu apa faktor penyebab dari ayam yang tak mau bertelur. Supaya cara mengatasinya pun akan lebih efektif dan tepat sasaran. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan ayam tak mau bertelur:

1. Kualitas Pakan yang Tidak Tepat
Ayam juga merupakan makhluk hidup yang memerlukan asupan gizi yang seimbang. Apabila asupan gizinya tidak tepat maka ayam akan mudah sakit dan mudah terserang penyakit. Dalam memberi pakan pada ayam jumlahnya tidak boleh sedikit.

Sambil perhatikan juga kandungan nutrisi pada ayam tersebut, karena ayam membutuhkan karbohidrat, mineral, protein, dan juga vitamin yang jumlahnya cukup. Fungsi protein pada pakan ayam adalah untuk membangun jaringan serta membantu penyembuhan luka.

Telur yang dihasilkan pun jumlahnya akan semakin banyak apabila asupan proteinnya cukup. Protein juga penting untuk mengatur hormon pada ayam untuk bisa membantu ayam bertelur dengan normal.

Selain itu ada juga karbohidrat sebagai sumber energi yang utama bagi ayam, dan akan membantu ayam menjadi lebih bertenaga.

2. Kondisi Kandang yang Tak Mendukung
Kondisi kandang yang kotor dan tidak mendukung juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa ayam tidak mau bertelur.

Walaupun mungkin kelihatannya ayam bisa membuang kotorannya di mana saja tapi ayam juga jenis hewan yang memerhatikan kebersihan pada tempat tinggalnya.

3. Siklus Birahi pada Ayam Betina
Ayam juga bisa mengalami masalah pada siklus birahinya sehingga ia sulit bertelur. Ada dua jenis telur ayam yang dihasilkan yaitu telur konsumsi dan telur tetas.

Keduanya mampu menghasilkan telur dengan cara yang berbeda, telur tetas berasal dari perkawinan ayam jantan dan betina. Jika tidak dibuahi oleh ayam jantan maka ayam betina tidak akan mau bertelur.

4. Kesehatan Ayam Terganggu
Ayam yang terserang penyakit tentunya menjadi kesulitan dalam memproduksi telur. Ayam yang sedang sakit biasanya tidak akan menghasilkan telur dalam waktu lama, bahkan menularkan penyakitnya pada ayam lainnya.

Cara Mengatasi Ayam Tidak Mau Bertelur
Kebanyakan ayam yang tak mau bertelur disebabkan oleh dua hal yaitu karena birahi dan kesehatannya yang terganggu. Ada tiga cara yang ampuh dalam mengatasi ayam tidak mau bertelur, dengan langkah berikut ini:

1. Mengawinkan Ayam Betina dengan Pejantan Unggul
Ayam betina biasanya mengalami masalah dengan birahinya dan terkadang betina tidak menyukai ayam jantan yang dikawinkan dengannya. Selain itu, kualitas sperma ayam jantan juga akan diperhatikan agar bisa menghasilkan telur.

Maka kawinkan ayam betina yang tak mau kawin dengan ayam jantan, dengan ayam jantan pilihan yang unggul. Ayam jantan unggul ini biasanya memiliki ukuran tubuh yang besar supaya bisa menangkap ayam betina.

Simpan ayam jantan dan betina di dalam satu kandang yang khusus dalam waktu beberapa hari. Tunggu selama beberapa hari lalu periksa ciri-ciri ayam yang mau bertelur. Misalnya berat badannya yang meningkat, dengan ukuran kloaka yang membesar.

2. Buat Kondisi Lingkungan yang Ideal
Membuat ayam betina nyaman dengan habitatnya merupakan hal penting. Buat kondisi lingkungan ideal bagi ayam dengan memerhatikan sirkulasi udaranya. Ventilasi udara di kandang bisa digunakan untuk menentukan apakah suhu di dalam kandang panas/dingin.

Perhatikan juga kebersihan dari kandang ayam dan bersihkan pakan/kotoran yang tersisa di sana. Kandang yang kotor akan membuat ayam mudah terserang penyakit. Isi pakan dan juga air minumnya setelah kandang dibersihkan.

3. Atur Dosis Pakan Ayam dengan Tepat
Solusi ayam tidak mau bertelur yang cepat berikutnya adalah, mengatur dosis pakan ayam. Dosis makanan ini sangat penting untuk ayam betina, supaya dapat menghasilkan telur yang kualitasnya baik.

Dalam pakan ayam tersebut biasanya terdapat zat yang dibutuhkan oleh ayam. Sesuaikan zat-zat itu dengan kebutuhan pada ayam betilna. Secara umum ayam betina memerlukan asupan mineral, vitamin, protein, karbohidrat, dan juga air.

Karbohidrat adalah asupan yang paling banyak diperlukan, yaitu sekitar 60 – 70% dari total makanannya. Pilih pakan ayam yang dipenuhi oleh karbohidrat yang banyak. Protein juga penting dalam membentuk telur yang nanti dihasilkan oleh ayam betina.

Jumlah protein yang diperlukan adalah sekitar 15 – 20% dari total makanan atau pakan ayam itu sendiri.

Baca Juga : Tips Peluang Bisnis Menjadi Distributor Pakan Ternak

Segera Atasi Masalah Ayam Tidak Mau Bertelur
Itulah cara ampuh yang bisa Anda coba untuk mengatasi ayam jika tidak mau bertelur. Jika Anda mengalami masalah ini, segera atasi secepatnya karena akan mempengaruhi keuntungan dari bisnis ternak Anda.

Agar tidak mengalami masalah pada ayam seperti ini, Anda bisa mulai mencegahnya dari memilih DOC ayam petelur atau ayam pullet yang berkualitas.

PT Putra Perkasa Genetika (PPG) merupakan pembibit unggas yang mengombinasikan teknologi terkini dan pengalaman para ahli bertahun-tahun dalam menghasilkan bibit ayam (DOC), bibit bebek (DOD) hingga bibit puyuh (DOQ) dengan kualitas terbaik.

Segera kunjungi halaman produk PPG untuk informasi lebih lanjut mengenai perlengkapan peternakan untuk Anda.