Tips Memilih Pelapis Dak Anti Bocor

Jika perlu untuk menambal area yang bocor, bisa dilakukan pada area yang terkena untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kamis, 21 Juli 2022 | 18:34 WIB
0
130
Tips Memilih Pelapis  Dak Anti Bocor
Image: Freepik

Lapisan anti bocor sangat penting pada bagian atas suatu konstruksi bangunan, karena kebocoran dapat menyebabkan banyak kerusakan. Tidak perlu lapisan anti bocor pada beton, karena beton akan menutup sendiri dari kebocoran.Konstruksi non beton merupakan konstruksi yang paling banyak dicari karena memiliki daya tahan yang tinggi, mampu menahan panas matahari dengan baik, dirawat sesedikit mungkin dan mudah dibersihkan. sering kebanjiran hujan, tidak perlu melindungi, sehingga Anda dan keluarga akan merasa nyaman dan tidak akan ada Air yang menetes di dalam rumah.

Baca juga : 4 Cara Ampuh Mengaci Sudut Tembok

Cara Memilih Dak Anti Bocor

1.Kuat  Sinar UV 

Sebagai aturan umum, pelapis tidak harus tahan terhadap sinar ultraviolet matahari untuk mencegah kebocoran. Apalagi jika rumah Anda tidak hanya terdiri dari satu lapisan sehingga tidak ada ruang yang menghalangi panas antara plafon dan plafon.

2.Memilih Jenis Cat

Ada banyak jenis pelapis anti bocor yang tersedia saat ini. Ada beberapa jenis pelapis anti bocor, seperti styrene acrylic, membran, atau cementitious. Cat dengan performa tertinggi menggunakan bahan dasar polyurethane-acrylic. Setiap jenis anti bocor memiliki tujuan dan cara penggunaan yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kondisi rumah.

3.Mengetahui Kondisi Dak

Anda harus terlebih dahulu memeriksa dak apakah ada kebocoran sebelum menerapkan cat anti bocor. Jika ada kebocoran, Anda perlu menerapkan tambalan terlebih dahulu. Kondisi retak pada dak dapat digolongkan sebagai retakan besar.

4.Tahan Keretakan 

Kriteria lain untuk lapisan anti bocor adalah anti debu. Karena dapat menahan debu, maka tidak mudah dibersihkan. Kondisi bersih ini membantu mencegah kebocoran.

5. Tahan Debu 

Jika permukaannya dalam kondisi buruk, Anda perlu menambahkan semen berperekat tinggi untuk membantu lapisan cat pelapis merekat dengan baik. Jika perlu untuk menambal area yang bocor, bisa dilakukan pada area yang terkena untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

Baca juga: 5 Cara Memilih Pelapis Dak Anti Bocor yang Tahan Lama

Nah itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan, semoga artikel ini bermafaat.