Efisiensi Penataan Inventaris Desa

Sistem ini juga meningkatkan pelayanan publik dan memberikan dampak postif pada pengaturan inventaris desa kedepannya.

Kamis, 23 Februari 2023 | 06:36 WIB
0
79
Efisiensi Penataan Inventaris Desa
Proses Pengenalan dan Pemahaman pada Perangkat Desa atas Program Digitalisasi IPEDA yang Telah Dibuat

Pendaftaran tanah adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan Oleh Pemerintah secara terus menerus, berkesinambungan dan teratur, meliputi pengumpulan, pengolahan, pembukuan, dan penyajian serta pemeliharaan data fisik dan data yuridis, dalam bentuk peta dan daftar, mengenai bidang-bidang tanah dan satuan-satuan rumah susun, termasuk pemberian surat tanda bukti haknya bagi bidang-bidang tanah yang sudah ada haknya dan hak milik atas satuan rumah susun serta hak-hak tertentu yang membebaninya. .Bidang tanah adalah bagian permukaan bumi yang merupakan satuan bidang yang berbatas. Tanah Negara atau tanah yang dikuasai langsung oleh Negara adalah tanah yang tidak dipunyai dengan sesuatu hak atas tanah.

Aparatur desa masih menggunakan cara tradisional dalam inventaris tanah desa dengan menggunakan pencatatan di buku yang memiliki berbagai kelemahan seperti susahnya mencari nomor yang diinginkan, memiliki usia pakai yang terbatas, rentan rusak dan dicuri sehingga tidak efisien apabila dalam melakukan pencatatan data tanah dan pembuatan sertifikat data tanah.

Mahasiswa KKN berinisiatif melakukan pemindahan dari pencatatn buku konvensional menjadi dokumentasi digital yang memanfaatkan database Google Drive desa.

Kegiatannya meliputi scan buku data tanah yang nantinya bakal di-upload di Google Drive Desa, pencatatan secara digital identitas pemilik tanah, membuat excel yang nantinya bakal menjadi platform prgorogram pencatan secara digital.

Pada Hari Sabtu, 28 Januari 2023  Mahasiswa KKN menyerahkan dan memberikan pemanduan cara menggunakan program yang sudah dibuat ke perangkat desa.

Pemindahan inventaris tanah desa ke dokumentasi digital adalah bagian dari meningkatkan penguasaan dalam penggunaan teknologi dan modernisasi sistem dan prosesnya.

Sistem baru diharapkan meningkatkan efisiensi dan mengurangi pengeluaran untuk membeli buku fisik untuk dokumen letter c, lebih aman, mengurangi resiko pencurian, kehilangan data karena ketrbatasan usia pakai buku (lapuk, sobek dan halaman hilang).

Sistem ini juga meningkatkan pelayanan publik dan memberikan dampak postif pada pengaturan inventaris desa kedepannya.

***