Tutorial Memasak Nasi Putih Menjadi Lezat, Gurih dan Enak

Senin, 14 November 2022 | 15:05 WIB
0
131
Tutorial Memasak Nasi Putih Menjadi Lezat, Gurih dan Enak
Dosen Spesialis Medikal Bedah

Solo – Nasi merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh penduduk Indonesia. Setiap hari penduduk Indonesia tidak lepas setiap pagi memasak nasi untuk kebutuhan sehari - hari. Bahkan kebutuhan pangan beras dinegara Indonesia setiap tahun semakin meningkat dikarenakan peningkatan jumlah penduduk Indonesia.

            Dalam penelitian yang sudah dilakukan bahwa konsumsi makan nasi putih penduduk indonesia sebanyak 0,286 kg per minggu pada tahun 2018, kemudian naik menjadi 0,331 per minggu pada tahun 2019 dan kemudian meningkat menjadi 0,342 kg per minggu pada tahun 2022. Setelah itu pada 2021 konsumsi nasi putih penduduk Indonesia sebesar 0,309 kg per minggu pada tahun 2022. Dalam catatan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa semakin tahun semakin meningkat dalam konsumsi beras.

            Cara menanak nasi disetiap daerah pun berbeda – beda, ada yang menanak nasi masih dengan alat tradisional dengan wadah seng kemudian diatas tungku dan ada juga yang menggunakan alat modern berupa Magic Jar. Cara menanak nasi yang salah membuat nasi putih yang habis dimasak tidak tahan lama, bahkan tidak sampai 12 jam nasipun menjadi basi.

            Maka dari itu diperlukan cara tutorial menanak nasi putih yang baik dan benar supaya nasi putih tahan lama hingga 24 jam serta gurih, lezat dan enak dikonsumsi. Seperti yang sudah disampaikan dosen Spesialis Medikal Bedah “Prima Trisna Aji” didalam chanell youtube “Ruang Dakwah Medis Indonesia” bahwa cara pengolahan menanak nasi yang salah akan bisa merubah zat kandungan gizi didalamnya serta membuat nasi tidak tahan lama.

            Cara menanak nasi yang baik dan benar antara lain disiapkan tempat menanak nasi seperti wadah magic jar kemudian dibasahi dengan air dengan tujuan supaya beras yang ditaruh bisa lembab dan tidak kering ketika dilakukan pemasakan. Kemudian mengambil takaran beras secara tepat takaran yaitu 1/3 gelas ukur 500 cc kemudian dimasukkan ke dalam wadah magic jar.

            Setelah itu kemudian dicuci dengan air dan dicuci dengan air mengalir sebanyak 3x bilas dan diputar berlawanan searah jarum jam. Setelah itu kemudian beras diberikan air dengan ketinggian 2  - 3 cm dari permukaan. Kemudian setelah itu berikan peresan daun jeruk nipis sebanyak ½ buah yang bertujuan memberikan cita rasa serta memberikan aroma dan tahan lama.

            Setelah selesai, kemudian masukkan beras ke dalam wadah magic jar kemudian tekan tombol on didalam magic jar. Setelah selesai maka tombol pada magic jar akan naik sendiri. Dan kemudian nasi putih yang lezat siap untuk dikonsumsi. *Red