Cara Atasi Atap Bocor karena Rembes dan Retak

Senin, 25 April 2022 | 18:27 WIB
0
170
Cara Atasi Atap Bocor karena Rembes dan Retak
Sumber: Data Internal Penulis

Anda harus segera atasi atap bocor, terutama ketika sudah memasuki musim hujan.

Penting untuk Anda mencari cara mengatasi genteng bocor. Kebocoran atau rembes di hunian Anda harus segera diatasi, sehingga tidak merepotkan Anda ketika turun hujan. Sebagai cara dalam mengatasi kebocoran, Anda bisa menggunakan cat waterproofing.

Baca Juga: Cara Mengatasi Genteng Bocor akibat Retak dan Rembes

Tentang Atap Bocor 

Kebocoran atap adalah penyakit yang berulang selama musim hujan dan dapat terjadi di hunian mana pun. Hal ini disebabkan bagian atap yang tetap terkena panas matahari sepanjang musim panas sehingga menyebabkan retakan pada bagian tersebut. 

Masalah klasik ini masih menjadi pekerjaan rumah banyak pemilik rumah. Beberapa orang menyelesaikannya dengan mengganti ubin, tetapi dalam prakteknya ada cara yang lebih mudah untuk menggunakan cat waterproofing. 

Menangani batu bata bocor jauh lebih murah daripada  memperbaiki seluruh  atap. Tidak hanya irit untuk mengecat saja, tetapi bisa dicapai dalam waktu singkat. Retakan kecil yang tetap tidak diobati dapat diperparah. 

Ketika  air masuk, kelembaban di dalam ruangan meningkat dan dinding cepat tenggelam dan jamur tumbuh. Tentu saja hal ini berdampak pada kesehatan penghuni rumah.

Cara Atasi Atap Bocor dengan Cat Waterproofing

Anda perlu memahami cara atasi atap bocor dengan menggunakan cat waterproofing. Berikut ini adalah rekomendasi bahan yang penting untuk diperhatikan ketika memilih cat waterproofing.

1. Bahan Styrin Acrylic

Daya tahan cat ini jauh lebih baik daripada cat lain, tetapi harganya mahal. Kekuatan perekatnya sangat tinggi sehingga aplikasi tunggal sebagai pelindung sudah cukup. 

2. Bahan Cementius 

Pilihan selanjutnya adalah Cementius. Ini terdiri dari dua komponen zat adiktif yang mengikat semen dan beton. Ada dua kategori, Cementius 1 dan 2. Aplikasi dilakukan setidaknya dua kali, menyapu ke arah yang berbeda karena kekuatan perekat yang tinggi.  

3. Bahan Membrane 

Bahan dasarnya adalah jenis aspal, biasanya digunakan untuk melindungi jenis atap dak beton. Jika atap rumah Anda adalah pelana kuda, sebaiknya Anda menghindari cat waterproofing berbahan membrane.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Mortar Acian untuk Dinding Hunian

Atasi atap Anda jika bocor akibat rembes dan retak. Gunakan cat waterproofing agar masalah kebocoran dapat teratasi secepatnya sebelum memasuki musim hujan. Semoga artikel ini bermanfaat.