5 Tips Membuat Mortar Acian untuk Dinding Hunian

Senin, 25 April 2022 | 18:22 WIB
0
137
5 Tips Membuat Mortar Acian untuk Dinding Hunian
Sumber: Data Internal Penulis

Ketika membuat mortar acian, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar hasil maksimal.

Di era teknologi ini, mortar acian kerap digunakan sebagai bahan membuat sebuah rumah. Bagaimana tidak, mortar acian dibuat dengan konsep instan. Hal ini yang membuat produk tersebut populer di bidang konstruksi bangunan.

Mortar instan atau acian memiliki deretan keunggulan, khususnya dalam hal kepraktisan. Untuk mencampurkan bahan ketika akan mengaplikasikannya, Anda hanya perlu menggunakan air tambahan.

Baca Juga: Begini 5 Cara Membuat Mortar Acian Berkualitas untuk Dinding

5 Tips Membuat Mortar Acian yang Praktis

Mortar acian memiliki sifat yang lebih praktis, efektif, serta efisien. Kini Anda tak perlu lagi merasa tidak yakin untuk menggunakan semen instan. Berikut ini adalah lima tips membuat mortar acian yang praktis.

1. Gunakan MIL Secukupnya

Ketika membuat acian, gunakan MIL atau campuran kapur secukupnya, hindari terlalu banyak. Apabila terlalu banyak justru akan membuat dinding mudah mengelupas dan menggembung ketika bersentuhan dengan air.

2. Perhatikan Waktu 

Waktu sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda sedang mengaplikasikan mortar acian. Umumnya, Anda perlu menunggu dua sampai tiga minggu ketika telah menyelesaikan tahap plester dinding di bagian indoor hunian. Sedangkan, untuk dinding bagian luar atau outdoor, hanya perlu menunggu hingga 2 minggu saja.

3. Basahi Permukaan Dinding

Pastikan permukaan tembok dalam keadaan basah ketika akan diaplikasikan semen instan. Hal ini bertujuan agar mortar acian mampu merekat dengan kuat. 

4. Tentukan Ketebalan Acian

Biasanya, acian memiliki ketebalan sekitar 1-3 mm. Jika ketebalan tipis, maka keretakan malah akan timbul dengan mudah. 

5. Pastikan Permukaan Plesteran Rata

Anda perlu memastikan jika terdapat pada dinding atau tidak. Kalau ada, Anda perlu menutupinya sebelum mulai menerapkan acian. Apabila dibiarkan hanya akan menyebabkan retak di tembok yang lebih parah.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Kebersihan Nat Keramik

Demikianlah lima tips membuat mortar acian yang praktis yang bisa anda praktikkan untuk hunian Anda. Mortar acian lekat dengan konsepnya yang praktis karena instan, tapi tetap bisa menghasilkan hasil yang berkualitas dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat.