Sebelum Bangun Rumah, Wajib Baca Tips Memilih Besi Beton Berikut Ini

Rabu, 30 Maret 2022 | 09:47 WIB
0
157
Sebelum Bangun Rumah, Wajib Baca Tips Memilih Besi Beton Berikut Ini
besi beton

Membangun rumah adalah impian setiap orang. Ada beberapa kelebihan membangun rumah anda sendiri dibandingkan membeli rumah yang telah jadi, diantaranya: bisa mendesain rumah anda sesuka hati, pembangunan menyesuaikan budget, dan tentunya harga tanah lebih murah. Tidak heran, banyak milenial saat ini lebih memilih untuk membangun rumah mereka dari nol.

Salah satu langkah yang perlu anda lakukan sebelum membangun rumah adalah mempelajari bahan bangunan yang akan digunakan. Salah satu material yang paling banyak digunakan dalam pembangunan rumah adalah besi beton. Besi beton adalah sebuah lonjoran besi yang dipergunakan untuk memperkuat struktur beton pada bangunan. Besi beton sendiri terdiri atas dua jenis, yakni ulir dan polos. Masing-masing memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Umumnya, untuk dpat mendukung tulangan beton, besi beton polos dan ulir dapat digunakan bersamaan. Besi polos befungsi sebagai pembungkus besi beton ulir dengan posisi memanjang. Sementara itu, besi beton ulir dapat mengait dengan baik. Untuk bangunan besar atau bertingkat, umumnya besi beton jenis ulir yang lebih banyak digunakan.

Nah, kira-kira apa saja tips yang perlu anda tahu dan pahami sebelum memilih besi beton untuk pembangunan rumah anda? Mari lihat tipsnya di bawah ini:

1. Menyesuaikan jenis beton

Seperti yang sudah dijelaskan singkat di atas tadi, anda perlu mengetahui kira-kira jenis besi beton apa yang anda pakai untuk bangunan anda. Apabila anda sedang membangun rumah biasa, maka penggunaan besi beton polos saja sudah memenuhi. Namun apabila anda sedang membangun gedung bertingkat, maka besi beton ulir adalah pilihan yang tepat. Namun untuk pastinya, anda perlu berdiskusi dengan orang yang mengerti hal ini ya, misalnya kontraktor sipil.

2. Pastikan kondisi besi beton

Hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih besi beton adalah kondisi fisik dari besi beton tersebut. Pastikan besi beton yang anda beli dalam kondisi baik dan tidak dalam kondisi berkarat bahkan hingga keropos. Ini tentu akan membahayakan bangunan anda nantinya, mengingat vitalnya peran besi beton dalam bangunan anda.

3. Memilih ukuran besi beton yang sesuai

Seperti yang diketahui, besi beton terdiri atas beberapa pilihan jenis diameter. Mulai dari 6 mm hingga 32 mm. Semakin tebal suatu besi beton mengindikasikan kualitas yang lebih baik. Namun lagi-lagi, anda tidak perlu menggunakan besi beton 32 mm untuk sekedar membangun bangunan sederhana. Anda perlu memahami kebutuhan anda untuk dapat memilih ukuran besi beton yang tepat.

4. Budget untuk pembelian

Tips memilih besi beton yang terakhir adalah budget. Budget menjadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Misalnya, besi beton ulir dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan besi beton polos. Selain itu, ada beberapa pilihan merk yang bisa anda pilih untuk pembangunan anda. Namun, pastikan ada membeli besi beton yang telah lulus standar SNI (baca: merk besi beton SNI terbaik). Salah satu besi beton SNI yang paling banyak digunakan adalah besi beton merk Master, pastikan anda membelinya di distributor besi beton Master Steel agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Jadi itu dia empat tips memilih besi beton yang perlu anda pahami sebelum membangun rumah. Semoga  tips ini dapat membantu rencana anda untuk membangun rumah impian anda. Semoga terwujud.