Jenis Oli Motor Matic Yang Sering Salah Dipahami

Untuk menjaga kualitas mesin tetap awet, periksa kualitas Oli Motor sekitar 2 minggu sekali. Cukup Buka penutup Oli mesinnya dan lihat kondisi atau warna Oli.

Minggu, 20 Maret 2022 | 07:26 WIB
0
68
Jenis Oli Motor Matic Yang Sering Salah Dipahami
Ilustrasi Motor Matic Indonesia

Sekitar tahun 2021 saya mulai menggunakan motor Matic. Saya sih berpikir, bahwa motor Matic itu sama saja dengan motor manual, hanya berbeda pada perpindahan gigi persneling saja. Jadi, perawatannya ya cuman ganti oli mesin doang. 

setahun kemudian saya terkejut. Ternyata motor matic punya tambahan oli yang penempatannya berbeda dengan motor biasanya. Untuk Motor Matic ada oli khusus untuk transmisi. Namanya Oli Gardan. Oli inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang, khsusunya pemula yang baru punya motor Matik. 

Oli Mesin Kendaraan

Oli mesin berfungsi untuk melumasi mesin kendaraan. Semua komponen dalam mesin akan berfungsi dengan baik jika menggunakan oli yang berkualitas. Sebaliknya, mesin tanpa Oli akan menyebabkan mesin kendaraan akan cepat rusak karena gesekan akan terlalu panas. 

Oli Gardan atau transmisi

Oli Gardan adalah oli yang berfungsi untuk melumasi gear dan bearing. Komponen ini merupakan bagian dari proses pemindahan kekuatan mesin berputar ke bola motor bagian belakang. Perpindahan gear ini akan terjadi secara otomatis karena adanya kotak khusus yang khusus mengolala transmisi tersebut. Oli gardan bekerja di dalam kotak transmisi tersebut.

Menginat pentingnya peran oli dalam semua komponen mesin dan transmisi, maka carilah rekomendasi Oli Motor Matic terbaik di Indonesia. Agar motor kamu bisa memaksimalkan performanya. Untuk itu, ikutilah tips berikut ini.

Cara Memilih Oli Motor Matic yang Terbaik 
Oli Motor Matic Terbaik harus diperhatikan kualitas dan keamanannya. Dua hal ini harus menjadi patokan sebab Oli Motor akan sangat berperan penting pada mesin dan kemampuan jelajah kendaraan. 

1. Pilih Oli Kendaraan yang sudah Tersertifikasi 

Biasanya Oli yang sudah masuk ke Indonesia akan dilakukan pengujian kualitas dan keamanan. Di Indonesia sendiri mengunakan SNI atau standar Nasional Indonesia. Untuk Oli Produk Jepang yang dipasarkan di Indonesia biasanya menyertakan lisensi dari Oli tersebut dengan sebutan JASO atau Japanese Automotive Standar Organitation. 

2. Sesuai Tipe dan Spesifikasi Oli dengan Kendaraan Motor

Dalam mennggunakan Oli Motor jangan sampai mengalami kesalahan. Karena Oli Motor Matic akan berbeda dengan Oli Motor Biasa. Karena tekstur dan fungsinya berbeda. Untuk Oli Motor Matic sebaiknya Oli yang sudah ada label Matic-nya. 

Khusus untuk Motor Matic yang besar cc mesinnya, silakan menggunakan Oli dengan ukuran 800ml. Biasanya kendaraan seperti Honda beat, Vario 125 pastinya menggunakan ukuran 800ml. Tetapi kendaraan motor seperti Nmax yang cc kendaraan sudah 150 ke atas, silakan gunakan Oli yang ukuran ml lebih besar. 

3. Pastikan Oli Kendaraan Tidak Tertukar 

Oli Mesin sangat mudah dicari lubang untuk memasukannya, Namun, mengisi Oli Gardan yang kadang membingungkan. Karena letaknya kecil dan sulit dicari jika kamu pengguna Motor Baru. Saya sendiri pengguna Motor Beat Honda silit mana lubang Oli Gardan. 

Akhirnya motor saya bawa ke bengkel untuk mencari tahu posisi pengisian Oli Gardan. Untuk kamu pengguna Motor Matic Yamaha jauh lebih bagus. Karena lubang pengisian Oli Gardan didesain sebagus mungkin. Sehingga tidak menyulitkan bagi pengguna Motor Matic pemula. 

4. Ganti Oli Motor Scera Rutin Meskipun tidak digunakan 

Oli yang lama mengendap di kendaraan meskipun penggunaanya hanya berkisar 50 kilo meter per hari. Tetap harus rutin ganti Oli. Karena Oli itu tentu tidak akan berkualitas lagi. 

5. Lakukan Pengecekan Oli setiap 2 Minggu Sekali 

Untuk menjaga kualitas mesin tetap awet, periksa kualitas Oli Motor sekitar 2 minggu sekali. Cukup Buka penutup Oli mesinnya dan lihat kondisi atau warna Oli. Jika sudah hitam pekat, maka lakukan pergantian secepat mungkin. Jika masih agak bening, tahan sampai beberapa waktu. 

Okey, demikian tips yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat ya. 

***