Manfaat Biller Aggregator untuk Dukung Bisnis PPOB dan Layanan Pembayaran Digital

Biller aggregator berperan besar untuk memenuhi permintaan pembayaran produk digital dari pelanggan perusahaan layanan pembayaran dan membuat proses transaksinya lebih mudah dan cepat.

Jumat, 6 Agustus 2021 | 15:05 WIB
0
69
Manfaat Biller Aggregator untuk Dukung Bisnis PPOB dan Layanan Pembayaran Digital
Billing payment aggregator sebagai solusi kelengkapan produk pembayaran digital

Semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk membayar secara elektronik membutuhkan dukungan kelengkapan produk pembayaran bagi perusahaan jasa pembayaran agar mampu bersaing seiring semakin majunya zaman.

Ekosistem financial technology (teknologi finansial) di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Inovasi di bidang jasa keuangan dan pembayaran elektronik yang didorong oleh perkembangan teknologi finansial di Indonesia mampu mendorong inklusi keuangan dan meningkatkan kesadaran masyarakat membayar secara elektronik.

Hal ini berdampak positif pada perekonomian yang dipicu oleh tumbuhnya volume dan nilai transaksi belanja dan pembayaran elektronik. Masyarakat semakin dimudahkan untuk melakukan pembayaran elektronik.

Bisnis pembayaran elektronik masih relevan di zaman sekarang sesuai dengan meningkatnya kebutuhan digital masyarakat Indonesia. Beberapa jenis layanan pembayaran elektronik yang ada seperti PPOB atau payment point, marketplace dan perbankan.

Bisnis PPOB dan layanan pembayaran elektronik tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya biller aggregator. Biller aggregator adalah jembatan antara biller (pemilik jasa atau usaha penagihan pembayaran) dengan pebisnis PPOB, pebisnis pulsa, marketplace dan layanan pembayaran berbasis elektronik lainnya.

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan transaksi pembayaran tagihan dan kebutuhan digital lainnya melalui modern channel seperti loket payment point (PPOB) atau minimarket karena lebih dekat dengan tempat tinggal. Faktor lain karena masih banyak masyarakat belum memanfaatkan perbankan secara luas, hanya sebatas untuk penarikan dana atau transfer saja. Bahkan masih banyak masyarakat yang belum tersentuh oleh bank.

Bisnis PPOB, contohnya Fastpay, bisa melayani kebutuhan pembayaran tagihan masyarakat hingga ke pelosok daerah. Hal tersebut karena dukungan mitra-mitra Fastpay yang membuka loket PPOB didaerahnya.

Bagi masyarakat yang telah mengenal bank sudah terbiasa menggunakan channel perbankan seperti teller, ATM, internet banking atau mobile banking untuk melakukan pembayaran. Untuk itu perbankan sendiri perlu menambah layanan pembayaran bill payment ke dalam sistemnya.

Semakin lengkap produk pembayaran di layanan perbankan, semakin memberikan kemudahan pelanggan atau nasabahnya.

Tentunya, para pebisnis PPOB, pengelola pembayaran elektronik bahkan industri perbankan sendiri membutuhkan biller aggregator untuk melengkapi produk dan layanan mereka.

Biller aggregator adalah penyedia solusi pembayaran elektronik untuk perusahaan yang menyediakan layanan pembayaran tagihan produk digital. Biller aggregator menyalurkan kepada perusahaan layanan pembayaran berupa produk-produk pembelian pulsa, paket data, token listrik PLN, pembayaran PDAM, bayar cicilan motor, iuran BPJS, top up uang elektronik, tagihan telepon, TV berlangganan, voucher game, asuransi mikro, pesan tiket perjalanan, pembelian tiket transportasi, Samsat, PBB dan jenis produk digital lainnya.

Akan sulit bagi Biller (perusahaan yang memiliki tagihan rutin bulanan kepada pelanggannya) apabila harus bekerjasama satu per satu dengan banyak bank, loket pembayaran dan entitas transaksi pembayaran yang lain.

Terlebih dalam proses operasionalnya, dimana Biller harus melakukan rekonsiliasi data dan dana ke masing-masing CA/Collecting Agent (meliputi channel perbankan, loket pembayaran, payment point (PPOB) dan jaringan modern channel minimarket) sehingga memerlukan waktu dan effort yang besar.

Biller aggregator berperan sangat besar untuk memenuhi permintaan pembayaran produk digital dari pelanggan perusahaan layanan pembayaran dan membuat proses transaksinya menjadi lebih mudah dan cepat. Dari sisi teknis, biller agregrator memudahkan untuk interkoneksi sistem dan kelengkapan produk.

Kelengkapan biller merupakan senjata yang mutlak bagi usaha layanan pembayaran tagihan. Semakin lengkap biller membuat semakin banyak layanan dan produk yang ditransaksikan oleh pelanggan Anda dan keuntungan yang didapat semakin besar pula.

Rajabiller sebagai Biller Aggregator Terlengkap di Indonesia

Rajabiller adalah sebuah perusahaan biller aggregator berbasis host-to-host (H2H) dengan ratusan hingga ribuan jenis biller yang mudah di interkoneksikan dengan penyedia jasa pembayaran baik itu skala bisnis maupun berbasis retail (e-commerce).

Rajabiller telah berpengalaman selama lebih dari 9 tahun sebagai bill payment aggregator terlengkap dan telah melayani berbagai retail ecommerce dan marketplace di Indonesia, perbankan, aplikasi B2C dan B2B pembayaran dan pebisnis pulsa serta PPOB.

Sebagai biller H2H terlengkap, kemudahan integrasi menjadi hal mutlak. Rajabiller juga dilengkapi dengan keamanan internet terenkripsi untuk melakukan transaksi dengan penyedia jasa pembayaran.

Keuntungan Menggunakan Bill Payment Aggregator Rajabiller

1. Tidak perlu melakukan interkoneksi langsung dengan biller

Tidak perlu melakukan interkoneksi dengan operator atau penyedia biller satu per satu yang akan memakan sumber daya, teknik dan biaya. Cukup melakukan interkoneksi dengan Rajabiller, perusahaan akan mendapatkan banyak biller sekaligus untuk layanan pembayaran oleh masyarakat.

2. Hemat biaya investasi

Melakukan interkoneksi dengan Rajabiller akan menghemat jutaan rupiah untuk infrastruktur yang akan dibangun, mulai dari koneksi internet private dengan biller, infrastruktur mesin/perangkat untuk sistem dan sumber daya manusia.

Rajabiller sudah menyediakan sistem dengan komunikasi cepat dan private dan perangkat mesin yang siap melayani kebutuhan jasa pembayaran perusahaan penyedia.

3. Tidak perlu kerjasama ribet dengan penyedia biller

Inisiasi kerjasama satu per satu dengan penyedia biller akan memakan waktu lama, dimulai dari penjajakan bisnis, perjanjian kerjasama hingga development sistem. Semua hal di atas dilakukan oleh Rajabiller.

4. Manajemen deposit mudah

Proses deposit di Rajabiller sangat mudah dan sesuai kebutuhan serta dapat diisi sewaktu-waktu melalui transfer bank 24 jam dan bisa langsung ditransaksikan pelanggan perusahaan penyedia jasa pembayaran.

5. Format interkoneksi mudah

Untuk melakukan interkoneksi dengan Rajabiller dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Tersedia berbagai format yang mendukung sistem berbasis Jabber, Otomax, IRS, FlashMachine, JSON, XML, API yang mana semua format didesain dengan memperhitungkan aspek kemudahan interkoneksi.

6. Produk biller H2H terlengkap

Di Rajabiller ada ribuan jenis biller untuk melengkapi kebutuhan jasa pembayaran dengan harga dan fee yang kompetitif sehingga menguntungkan usaha jasa pembayaran elektronik.

Sebagai perusahaan Billing Aggregator yang fokus pada kerjasama Business to Business (B2B), Rajabiller akan berupaya memberikan peningkatan terhadap kualitas pelayanan dan keberagaman produk yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

***