Ragam Software Kontraktor yang Memudahkan Pengerjaan Proyek

Software terakhir yang dapat digunakan oleh kontraktor adalah Rekava Kalkulite. Software ini dapat membantu proses penghitungan rumus terkait proyek yang dikerjakan, fitur reporting, hingga monitoring workflow.

Kamis, 28 April 2022 | 15:56 WIB
0
47
Ragam Software Kontraktor yang Memudahkan Pengerjaan Proyek
Software teknik sipil

Apa itu software kontraktor? Software kontraktor digunakan untuk menghitung, menganalisis pembangunan proyek, hingga mengatur workflow dalam tim. Jika tidak menggunakan software, detail dan rincian proyek tentunya lebih sulit dilacak karena pelaporannya masih bersifat manual. 

Software yang digunakan oleh kontraktor ada yang gratis, hingga berbayar. Di bawah ini terdapat 7 software yang dapat Anda gunakan.

7 Software Kontraktor yang Wajib Digunakan
Setiap software memiliki fitur tersendiri dalam menganalisis data bangunan. Ada yang dapat digunakan untuk menghitung rancangan arsitek, dan hingga untuk membuat laporan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ketujuh software yang dapat Anda gunakan sebagai seorang kontraktor. 

1. Software PPC

Salah satu software kontraktor yang direkomendasikan adalah adalah PPC. PPC atau Program Project Planning dan Control merupakan software kontraktor berbasis grafis DOS. Program software ini dapat digunakan untuk menganalisis subresource dan multi subactivities.

Fungsinya untuk menghitung kecepatan waktu pengerjaan secara akurat. Biasanya waktu pengerjaan disesuaikan dengan material dan SDM yang bekerja. Tentu saja per harinya, ada target yang harus dicapai oleh pekerja agar sesuai jadwal pembangunan.

 2. Software MaksiPRO

Software kontraktor kedua yang dapat digunakan adalah MaksiPRO. Fungsinya yaitu menganalisis material dan menghitung estimasi biaya konstruksinya. Fitur di dalamnya ada banyak sehingga kontraktor dapat lebih mudah menganalisis data.

Fitur yang diunggulkan adalah mengisi data biaya upah sampai alat dari AHS. Selain itu ada juga visualisasi biaya pengeluaran yang harus ditanggungkan. Semua data analisis itu bisa dilihat dan diolah dari fitur MaksiPRO.

 3. Microsoft Excel

Tentu saja Excel dapat digunakan oleh kontraktor untuk merancang perhitungan. Berbagai format sudah tersedia dalam Microsoft Excel sehingga kontraktor hanya perlu menghitungnya. Software Excel sudah digunakan oleh banyak orang karena kualitasnya unggul. 

Baca Juga: Ragam Jenis-Jenis Kontraktor yang Ada di Indonesia dan Layanan yang Diberikannya

 4. Unit Converter
Kegunaan software ini yaitu untuk menghitung satuan konversi material. Baik itu dalam volume, tekanan, energi, waktu dan ruang. Dengan perhitungan yang tepat, kontraktor dapat merancang pembangunan sesuai perencanaan

.5. Concrete Mix Design
Software kontraktor kelima yang dapat digunakan adalah Concrete Mix Design. Fungsi software ini adalah menganalisis takaran antara semen, pasir dan air. Dengan takaran yang pas, beton dapat dibangun secara optimal dan kokoh untuk daya tahan keseluruhannya.

 6. Software Teknik Sipil MATPLAN
Pilihan keenam ada MATPLAN yang digunakan untuk menghitung material setelah dipotong. Perhitungan dapat dari panjang dan luas untuk mengetahui estimasi penggunaan. Material bisa dihitung secara presisi untuk dilaporkan ke bagian pemilik proyek agar tahu estimasinya.

7. Software Rekava Kalkulite

Software terakhir yang dapat digunakan oleh kontraktor adalah Rekava Kalkulite. Software ini dapat membantu proses penghitungan rumus terkait proyek yang dikerjakan, fitur reporting, hingga monitoring workflow. Anda juga dapat memasukkan perencanaan dalam membangun sebuah struktur bangunan.

Nah, melalui ulasan di atas, apakah Anda sudah menentukan ingin menggunakan software kontraktor yang mana?

Baca Juga: 8 Aplikasi Teknik Sipil yang Memudahkan Pengerjaan Proyek Konstruksi

Sebagai perusahaan IT Solution, PT Barito Teknologi (BIT) menghadirkan aplikasi teknik sipil Rekava Kalkulite yang dapat membuat tabel laporan yang jelas dan terperinci, serta mengatur workflow tim dengan jelas. Jika Anda tertarik mengenai info seputar dunia konstruksi, kunjungi laman blog kami.