Operasi Mata Menggunakan Teknologi Laser

Sinar Laser sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia selain di bidang kesehatan kedokteran, juga di berbagai bidang lain seperti pertanian, industri hingga persenjataan militer.

Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:46 WIB
0
38
Operasi Mata Menggunakan Teknologi Laser
Operasi LASIK Mata

Operasi mata laser adalah prosedur medis yang melibatkan penggunaan sinar laser untuk membentuk kembali permukaan mata. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki atau memperbaiki rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme. Ini juga dapat membantu dalam mengatasi presbiopia (kesulitan melihat dari dekat seiring bertambahnya usia).

Beberapa orang yang telah menjalani operasi laser pada penglihatannya masih perlu memakai kacamata atau lensa kontak untuk mencapai penglihatan yang optimal. 

Tentang operasi mata laser

Laser untuk memperbaiki fungsi kornea adalah prosedur medis yang melibatkan penggunaan laser untuk membentuk kembali permukaan mata. Hal ini dilakukan untuk memperbaiki atau memperbaiki miopia (rabun jauh), hipermetropia (rabun dekat), dan astigmatisme (kelengkungan permukaan mata tidak rata). Metode penggunaan laser ini pertama kali sudah dilakukan lebih dari 30 tahun yang lalu.

Kornea adalah struktur transparan di bagian depan mata yang kita lihat ketika kita melihat ke dalam mata. Ini berfungsi untuk memungkinkan cahaya masuk ke mata dan merupakan yang pertama dari dua sistem pemfokusan di mata.

Yang lainnya adalah lensa kristal yang terletak di belakangnya. Selama operasi mata laser, laser excimer yang dikendalikan komputer digunakan untuk menghilangkan sejumlah jaringan mikroskopis dari kornea.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan penglihatan normal, tanpa perlu kacamata atau lensa kontak.

Dalam salah satu operasi yang menggunakan laser excimer, lapisan luar tipis kornea (disebut epitel kornea) dihilangkan dan lapisan di bawahnya dibentuk kembali. Prosedur ini dikenal sebagai photorefractive keratectomy (PRK).

Dalam prosedur yang lebih umum digunakan, lipatan tipis jaringan kornea dibuat dengan laser lain yang dikenal sebagai laser femtosecond. Yang paling banyak digunakan dikenal sebagai IntraLase. Flap ini kemudian diangkat. Laser excimer membentuk kembali jaringan di bawahnya dan flap diganti untuk menutupi permukaan yang baru dikontur ulang.

Sebagai alternatif, instrumen dengan bilah yang sangat halus yang disebut mikrokeratom dapat digunakan untuk membuat flap sebelum laser excimer membentuk kembali kornea. Prosedur ini dikenal sebagai Laser Assisted in situ keratomileusis (LASIK).

Variasi lain pada tema adalah 'yang disebut' SMILE. Itu juga menggunakan laser femtosecond untuk membuat lentikula internal (seperti panekuk) jaringan di kornea dengan sayatan kecil (dengan laser itu sendiri) di tepi kornea. Lentikula dipisahkan dari jaringan yang berdekatan menggunakan spatula (dipegang oleh ahli bedah) dan ditarik keluar melalui sayatan ini.

Miopia 

Perkiraan menunjukkan bahwa sekitar 30% orang menderita miopia (rabun jauh). Seseorang dengan miopia tidak mengalami kesulitan untuk fokus pada objek dekat, tetapi objek di kejauhan buram dan sulit dilihat.

Hipermetropia  dan Presbiopia

Hipermetropia lebih umum daripada miopia tetapi cenderung menyebabkan masalah penglihatan di kemudian hari. Hal ini paling sering terlihat pada orang di atas usia 40 tahun. Seseorang dengan hipermetropia melihat objek jauh lebih baik daripada objek dekat. Mereka bergantung pada kacamata untuk tugas-tugas jarak dekat seperti membaca.

Variasi yang paling umum dari ini adalah presbiopia, yang biasanya dimulai ketika seseorang berusia 40-an. Presbiopia adalah di mana orang dapat melihat dengan cukup baik di kejauhan, tetapi perlu memegang bahan bacaan lebih jauh dan lebih jauh dari mata mereka untuk dapat melihat dengan jelas.

Ini biasanya tidak dapat dikoreksi dengan laser kornea, tetapi prosedur laser dapat digunakan untuk membuat satu mata rabun jauh untuk mengatasi ketergantungan pada kacamata baca. Prosedur ini dikenal sebagai monovision.

Alasan mengapa memilih operasi mata laser 

- Mereka tidak bisa memakai lensa kontak dan lebih memilih untuk tidak memakai kacamata karena alasan kosmetik.
- Mereka ingin terlibat dalam pekerjaan atau kegiatan rekreasi yang tidak dapat dilakukan saat memakai kacamata atau lensa kontak.
- Mereka tidak ingin ketidaknyamanan memakai lensa kontak dan perawatan yang diperlukan.
- Masalah medis yang perlu dipertimbangkan

Orang yang ingin menjalani operasi mata laser harus mempertimbangkan bahwa:

- Sebaiknya Anda berusia minimal 20 tahun sebelum Anda mempertimbangkan operasi mata laser.
- Kelainan refraksi (resep dalam kacamata) harus stabil.
- Orang dengan diabetes, kondisi rematik yang tidak terkontrol, penyakit pada sistem kekebalan atau riwayat keluarga keratoconus harus sangat berhati-hati dalam melanjutkan operasi mata laser.

Operasi mata laser dapat membawa risiko ekstra jika dilakukan pada orang dengan bentuk kornea yang tidak normal atau sangat tipis. Ini mudah dinilai selama pengujian pra operasi di kantor ahli bedah refraktif.

Prosedur operasi mata laser

Laser excimer adalah jenis laser yang tidak membakar jaringan, tetapi menguapkan sejumlah kecil kornea setiap kali seberkas laser berdenyut ke permukaan mata. Diameter sinar laser dan jumlah pulsa yang diarahkan ke kornea dikontrol dengan hati-hati menggunakan teknologi komputer, sehingga permukaan kornea dibentuk kembali.

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan obat tetes mata anestesi lokal dan memakan waktu sekitar 5 menit per mata. Namun, waktu yang dibutuhkan untuk membentuk kembali kornea dengan laser excimer biasanya kurang dari satu menit.

Aplikasi Laser Lainnya 

Sinar Laser sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia selain di bidang kesehatan kedokteran, juga di berbagai bidang lain seperti pertanian, industri hingga persenjataan militer. SInar Laser yang memiliki kekuatan yang besar dan mampu memotong material keras seperti bahan metal, aluminium, besi, stainless steel, acrylics, kaca hingga kayu. Proses pemotongan dengan Laser dikenal dengan Laser Cutting. 

Pembuatan ornamen bangunan arsitektur yang rumit untuk keperluan estetika bangunan juga menggunakan teknik Laser Cutting ini. Jika anda memerlukan Jasa Laser Cutting dapat menghubungi perusahaan terdekat yang sudah tersebar diberbagai daerah khususnya di kota-kota besar.

Demikian semoga bermanfaat.

Doni Bastian

***