Simak Cara Plester Tembok Tahan Lama

Sebelum menentukan kepala plesteran bahasi dinding terlebih dahulu, lalu baru lanjutkan dengan membuat kepala plesteran.

Selasa, 28 Juni 2022 | 11:36 WIB
0
12
Simak Cara Plester Tembok Tahan Lama
Image: Freepik

Dengan metode plester yang benar akan menghasilkan dinding yang mulus dan tanpa cacat.

Dinding yang halus akan membantu proses pengecatan berjalan dengan lancar, sehingga menghasilkan lukisan yang indah dan rapi. Pembuatan plester juga berguna saat memperbaiki dinding atau lubang sehingga produk jadi akan terlihat rata dan halus. Ini mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi ini adalah tugas penting bagi siapa pun yang melakukan renovasi bangunan.Tetapi jika Anda menginginkan hasil yang baik, Anda perlu melakukan hal yang benar sebelumnya. Yuk simak artikel ini!

Baca juga: Begini 6 Tahapan Cara Plester Tembok yang Tahan Lama 

Cara Plester Tembok 

1. Tentukan Dinding yang Ingin di Plester

Pertama, pastikan untuk memperhatikan dinding sebelum menerapkan plester. Alih-alih menempelkan mortar semen ke dinding yang masih belum jadi, mortar semen akan menempel kuat dan hasilnya bagus.

2. Bersihkan Dinding 

Hal ini penting untuk dilakukan sebelum mengaplikasikan plester. Jangan sampai dinding ada kotoran bahkan debu atau benda mengganggu lainnya yang akan mempengaruhi kerekatan semen. 

3. Menyiapkan Pembatas

Pembatas ini berfungsi agar permukaan tembok nantinya rata. Anda bisa menggunakan paku dan  benang sebagai pembatas.

Cara Menggunakan Plester Tembok yang Tepat 

Setelah menentukan dinding yang akan di plester, berikut langkah pembuatan plester dan cara menggunakannya: 

1. Campur Bahan 

Langkah pertama campurkan semen dan pasir dengan perbandingan 1:3. Pastikan Anda mencampurkan dengan benar dan tidak ada bahan lainnya yang tercampur. 

2. Tentukan Kepala Plesteran

Sebelum menentukan kepala plesteran bahasi dinding terlebih dahulu, lalu baru lanjutkan dengan membuat kepala plesteran. 

3. Sistem Tumpang Lapis 

Cara ini dengan menempel dan melempar adukan plester. Lalu, menambal bagian yang tipis baru meratakannya dengan paduan kepala plester agar dinding rata. 

Baca juga: Cara Menangani dan Penyebab Nyeri Pada Bahu

Nah, itu dia cara menggunakan plester yang bisa Anda coba. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar dapat dipastikan dinding anda akan rapi dan halus. Semoga artikel ini bermanfaat.