5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Laptop

Saat memilih untuk membeli laptop, sebaiknya pilihlah mesin dengan keyboard yang memiliki pantulan yang baik sehingga akan mempermudah dalam mengedit dan memasukkan data.

Minggu, 15 Mei 2022 | 02:30 WIB
0
65
5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Laptop
Laptop ASUS

Ketika anda hendak membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan, ada banyak faktor yang perlu Anda pertimbangkan dan perhatikan antara lain ;

1. RAM

RAM adalah komponen yang sangat penting di komputer, ia memainkan peran memori cache, menciptakan ruang saat Anda menjalankan aplikasi. Baik Anda menjelajahi web, menonton film, atau mendengarkan musik, semuanya cukup haus RAM, dan jika RAM penuh, perangkat akan rentan terhadap sentakan dan kelambatan.

Dengan era teknologi informasi saat ini, sebaiknya memilih untuk membeli mesin dengan RAM 4GB atau lebih. Bahkan jika Anda melakukan grafik atau bermain game, Anda harus memilih mesin dengan RAM 8GB. Anda juga harus memperhatikan untuk membeli mesin dengan RAM DDR4, ini adalah standar RAM baru, lebih baik daripada DDR3 lama.

baca juga ; laptop bisnis terbaik asus expertbook

2. Mikroprosesor

Prosesor (umumnya dikenal sebagai chip) adalah salah satu faktor utama yang menentukan kecepatan mesin. Tergantung pada kebutuhan Anda, Anda akan memilih prosesor yang sesuai. Beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan saat melihat chip pada mesin adalah sebagai berikut. Chip laptop biasa akan memiliki 4 angka dan satu huruf, misalnya 7100U. Di mana angka pertama adalah umur chip. Jika Anda membutuhkan laptop yang berjalan lancar, Anda harus mencoba membeli yang baru.

Selain itu, huruf U adalah garis chip yang diberi nama Intel. Saat ini, ada garis populer di laptop seperti U, M, H, HQ. Secara berurutan, seri U adalah lini chip terlemah tetapi paling hemat energi, dan seri HQ adalah lini chip paling kuat tetapi mengkonsumsi daya paling besar dan menghasilkan panas paling banyak. Jika Anda menggunakan komputer untuk pekerjaan kantor dan hiburan ringan, chip U sudah cukup, dan jika Anda melakukan grafik atau bermain banyak game, Anda harus membeli chip H atau HQ.

Selanjutnya, poin lain yang pasti sudah sering Anda dengar ketika memilih untuk membeli laptop apakah itu Core i3, Core i5 atau Core i7? Tentu saja Core i7 akan menjadi yang paling kuat, diikuti oleh i5 dan i3, tetapi perbandingan ini hanya berlaku untuk chip dari seri yang sama, dengan usia yang sama. Oleh karena itu, saat membeli laptop sebaiknya perhatikan dulu chip apa chip tersebut, kemudian perhatikan Core i, dan terakhir masa pakai chip. Misalnya, laptop dengan chip Core i5 H tetapi masih lebih bertenaga daripada Core i7 U dengan masa pakai yang sama, atau chip Core i3 U generasi ke-7 yang bahkan lebih bertenaga daripada Core i5 U generasi ke-4.

Secara umum, jika Anda hanya melakukan pekerjaan kantor, Anda dapat memilih chip Core i3 U atau lebih, daripada Core i5 U. Tetapi jika Anda melakukan grafis atau bermain game kelas atas, sebaiknya pilih untuk membeli chip. di atas.

3. Harddisk

Harddisk juga menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan saat memilih untuk membeli laptop. Saat ini harddisk laptop umumnya dikenal dengan dua jenis yaitu SSD dan HDD. Hard drive SSD untuk kecepatan menjalankan aplikasi, membaca, menulis, pengambilan data, dan transfer data berkali-kali lebih cepat daripada HDD, dan juga umurnya lebih lama. Menggabungkan banyak keuntungan luar biasa, biaya memiliki SSD juga lebih tinggi, Anda harus mempertimbangkan saat memilih di antara kedua jenis hard drive ini.

4. Kartu grafis

Jika Anda hanya menggunakan komputer untuk melakukan tugas-tugas dasar seperti menjelajahi web, mengedit dokumen atau melakukan perhitungan sederhana di Excel, tidak perlu melengkapi laptop dengan kartu grafis diskrit karena prosesornya cukup kuat untuk digunakan.

Tetapi jika Anda melakukan tugas-tugas yang lebih berat di komputer seperti desain grafis, mengedit foto dengan alat khusus seperti Photoshop, atau memainkan game dengan konfigurasi tinggi yang membutuhkan banyak pemrosesan, maka pasti laptop Anda akan membutuhkan kartu grafis diskrit untuk menambah daya.

5. Papan Ketik - keyboard

Saat memilih untuk membeli laptop, sebaiknya pilihlah mesin dengan keyboard yang memiliki pantulan yang baik sehingga akan mempermudah dalam mengedit dan memasukkan data. Bersamaan dengan itu, memilih untuk membeli mesin dengan lampu keyboard akan sangat efektif digunakan di tempat yang minim cahaya, terutama pada malam hari.

Semoga dengan informasi di atas, Anda semakin memahami produk laptop.