Pengertian Spesifikasi Pada PC yang Perlu Anda Ketahui

Senin, 12 Februari 2024 | 18:00 WIB
0
15
Pengertian Spesifikasi Pada PC yang Perlu Anda Ketahui
Spesifikasi Pada PC

Perangkat keras yang ada pada komputer Anda membingungkan jika Anda masih seorang pemula. Selain itu, ada berbagai macam akronim dan kata-kata aneh yang bahkan tidak dapat Anda temukan di kamus.

- Ryzen?

- RTX?

- DDR5?

Apa arti dari semua kata-kata itu? Apa artinya ketika seseorang bertanya tentang “spesifikasi” PC yang miliki Anda? Itulah yang ingin kita jawab di sini. Pada kali ini, kita juga akan memberi tahu kepada Anda semua tentang spesifikasi komputer, cara menemukannya, dan mengapa Anda akan membutuhkannya.

Apa Arti Spesifikasi Untuk PC?

Spesifikasi ini sendiri adalah istilah paling umum yang mengacu pada model, kapasitas, dan kemampuan perangkat keras utama di PC Anda: CPU, kartu grafis, RAM, dan penyimpanan. Setiap komponen telah dijelaskan menggunakan angka dan akronim yang berbeda-beda, yang paling umum adalah berikut ini:

- CPU : Model, kecepatan clock, dan jumlah core (misal, Intel Core i7 12700K, 5 GHz, 12 core).

- Kartu grafis : model prosesor grafis dan memori video (misalnya Nvidia RTX 3080 dengan memori 4 GB).

- RAM : Kapasitas dan generasi (misalnya, RAM DDR5 16 GB).

- Penyimpanan : Jenis dan kapasitas (misal, SSD 512 GB).

Penyimpanan

Tidak seperti RAM, data di penyimpanan permanen tidak terhapus saat Anda mematikan komputer atau listrik padam. Pada tahun 2000an dan 2010an, penyimpanan yang paling umum bagi konsumen adalah hard disk drive (HDD) , komponen mekanis yang menyimpan informasi pada disk yang berputar. Namun, komputer modern menggunakan SSD (Solid State Drive) dan HDD untuk menyimpan informasi. SSD lebih cepat dan juga dapat diandalkan, namun harganya masih jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Itu sebabnya banyak orang menggunakan SSD sebagai boot drive untuk menyimpan sistem operasi dan program saat menggunakan hard drive untuk game, video, dan gambar. Spesifikasi terpenting yang perlu Anda ketahui tentang SSD adalah antarmuka, jenis port yang akan digunakan untuk terhubung ke motherboard. SSD lama menggunakan koneksi SATA, sedangkan NVME ini telah menggunakan koneksi M.2 dan ini dipasang langsung ke motherboard. Model ini juga jauh lebih kecil, seukuran permen karet.

Grafik

Komputer Anda dapat menyala tanpa adanya kartu grafis sekalipun. Tergantung pada CPU milik Anda, ini mungkin berfungsi dengan baik karena beberapa CPU memiliki GPU terintegrasi yang menghilangkan kebutuhan akan kartu grafis khusus jika Anda tidak ingin bermain game ataupun mengedit video. Anda sering mendengar istilah GPU dan juga kartu grafis digunakan secara bergantian, namun secara teknis keduanya adalah dua hal yang berbeda ini. GPU ini adalah chip yang menampilkan gambar di layar Anda.

Kartu grafis ini sendiri adalah salah satu komponen fisik yang akan menampung GPU dan terhubung kedalam motherboard PC yang Anda miliki. Model GPU ini sendiri adalah spesifikasi grafis terpenting dari sebuah PC. Seperti halnya CPU, hanya dua perusahaan yang membuat GPU: Nvidia dan AMD (di bawah merek Radeon). Namun, banyak perusahaan membuat kartu grafis karena pembuatannya relatif mudah, sedangkan GPU sangat kompleks dan memerlukan pengetahuan yang luas. Maka Anda dapat melihat kartu grafis dari ASUS, MSI, EVGA, dan perusahaan lainnya yang menampilkan GPU yang sama.

Spek PC Lainnya

Selain beberapa komponen utama yang dibahas di atas, terkadang ada gunanya mengetahui spesifikasi komponen-komponen di PC Anda. KIta akan membahas beberapa hal berguna yang harus Anda ketahui:

Motherboard

Motherboard adalah hub yang menghubungkan bagian PC dan memungkinkan mereka berkomunikasi . Anda perlu mengetahui jenis soket motherboard karena CPU AMD dan Intel menggunakan soket tidak kompatibel. Kedua perusahaan ini bahkan dapat mengubah jenis soket mereka di seluruh generasi CPU. 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui soket yang didukung motherboard Anda. Intel ini menggunakan standar LGA 1151, sedangkan AMD menggunakan AM4 ini. Jika ingin mengetahui teknisnya, Anda juga dapat memeriksa model chipset, versi BIOS, dan voltage regulator module (VRM) motherboard Anda ini.

PSU

PSU mengubah daya 110 atau 220 volt dari jaringan menjadi listrik 12 volt yang dapat digunakan oleh komponen komputer. Spesifikasi yang perlu Anda ketahui tentang PSU adalah kapasitas dayanya. Angka ini menunjukkan jumlah total watt yang dapat disuplai PSU Anda kedalam komponen PC Anda, termasuk motherboard dan kartu grafis. Anda juga harus mengetahui tingkat efisiensi PSU. Jika PSU ini dilengkapi dengan stiker 80 Plus, PSU juga akan mengkonversi setidaknya 80 persen daya yang diambil dari listrik.

80 Plus Gold, Platinum, dan Titanium menawarkan efisiensi lebih dari 90 persen. Terakhir, Anda harus tahu apakah PSU ini modular. PSU ini dilengkapi dengan kabel terpisah yang dapat Anda sambungkan ke berbagai komponen. PSU modular mempermudah pengelolaan kabel, ini memberikan PC Anda tampilan yang lebih ramping. Karena biasanya kelas atas, mereka juga memiliki peringkat efisiensi yang lebih baik.

Demikian ulasan tentang Pengertian Spesifikasi Pada PC yang Perlu Anda Ketahui seperti yang dilansir alexistogel, semoga bermanfaat.