Cara Memblokir Situs Web Tertentu dari Hasil Pencarian Google Anda

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:56 WIB
0
42
Cara Memblokir Situs Web Tertentu dari Hasil Pencarian Google Anda
Cara Memblokir Situs Web

Pada saat Anda mencari sesuatu di Google, maka mesin pencari akan segera menampilkan hasil yang paling relevan dengan kueri Anda. Meskipun sebagian besar berguna, situs web tertentu mungkin juga muncul dalam hasil yang tidak relevan dengan kueri Anda dan hanya sekadar umpan klik. Situs-situs seperti itu tentunya bisa menjadi sangat menjengkelkan untuk ditangani, itulah sebabnya kita juga telah menyusun beberapa cara paling terbaik untuk memblokir situs tertentu dari hasil pencarian Google ini.

Cara Memblokir Situs Web Tertentu dari Hasil Pencarian Google

Dulu, Google awalnya memberi pengguna sebuah opsi untuk memblokir hasil dari situs web tertentu . Fitur ini sepertinya telah dihapus oleh raksasa pencarian tersebut. Namun, masih ada solusi yang dapat membantu Anda menghindari hasil dari situs tertentu. Kami sendiri juga pernah menghadapi masalah serupa, itulah sebabnya kami menyusun daftar ini. Mari kita lihat metode yang disebutkan di bawah ini.

Metode 2 - Unduh Ekstensi uBlacklist untuk Google Chrome

uBlacklist ini sendiri adalah salah satu jenis ekstensi yang dapat memblokir situs web tertentu agar tidak muncul di pencarian Google. Anda juga masih dapat mengunjungi situs tersebut, karena situs tersebut hanya menghapus situs tersebut dari hasil penelusuran. Berikut ini adalah cara kerja ekstensi uBlacklist.

- Langkah 1: Unduh ekstensi uBlacklist dari Toko Web Chrome yang ada di PC Anda.

- Langkah 2: Setelah diunduh, buka situs web yang ingin Anda blokir.

- Langkah 3: Selanjutnya, klik ikon ekstensi di toolbar Chrome.

- Langkah 4: Di sini, pilih ekstensi yang bernama uBlacklist.

- Langkah 5: Kemudian klik tombol Blokir. Setelah Anda memblokir sebuah situs web, situs tersebut tidak akan muncul dalam pencarian Anda. Jika Anda berubah pikiran, gunakan langkah-langkah berikut untuk membuka kunci situs web yang sama.

- Langkah 6: Kunjungi situs web yang diblokir di Chrome.

- Langkah 7: Klik ikon ekstensi di Chrome.

- Langkah 8: Sekali lagi, klik ekstensi uBlacklist.

- Langkah 8: Pilih opsi Buka Blokir.

Metode 3- Gunakan Ekstensi Search Engine Spam Blocker

Search Engine Spam Blocker atau biasa disingkat dengan SESB ini sendiri adalah ekstensi Chrome lainnya yang bisa membersihkan situs website berisi spam yang muncul di hasil pencarian. Selain itu Anda dapat blokir situs sampah yang terus bertambah dan daftar blokir bawaan tempat Anda dapat menambahkan URL khusus untuk mencegahnya muncul di hasil Google. Pada kali kita juga akan fokus pada bagian daftar blokir khusus dan menunjukkan kepada Anda cara memblokir situs tertentu dengan ekstensi ini:

- Langkah 1: Unduh ekstensi Search Engine Spam Blocker dari Toko Web Chrome.

- Langkah 2: Sekarang klik ikon ekstensi di sisi kanan atas Chrome.

- Langkah 3: Di sini, pilih ekstensi Search Engine Spam Blocker.

- Langkah 4: Di jendela pop-up, klik Pengaturan Lainnya. Ini akan mengarahkan Anda ke halaman ekstensi.

- Langkah 5: Di sini, masukkan URL situs web di kotak di bawah Tambahkan Domain ke Blokir Secara Manual.

- Langkah 6: Klik tombol Tambahkan Domain untuk menyelesaikan proses. Sekarang, domain Anda yang masuk daftar blokir seharusnya tidak terlihat oleh Anda saat Anda mencari sesuatu di Google.

Metode 4 - Ubah Kategori Konten di Pencarian Google

Anda dapat mencoba mengubah kategori konten di Google untuk menghindari situs tertentu di Google. Anda dapat menemukan berbagai kategori pada halaman hasil di bawah bilah pencarian. Selain itu, Anda dapat memilih dari berbagai kategori seperti Berita, Video, Gambar, atau Belanja. Misalnya, Anda dapat memilih opsi Berita jika kueri Anda terkait dengan berita utama yang sedang tren. Ini adalah bagaimana cara Anda bisa mendapatkan jawaban yang Anda cari dengan cepat dan mengecualikannya

Metode 6 - Blokir Situs Web Tidak Aman di Hasil Pencarian 

Terkadang, situs web tertentu yang tidak aman atau bersifat dewasa juga mungkin akan muncul di hasil pencarian Anda. Mengingat jenis konten seperti itu tidak cocok di lingkungan kerja atau jika Anda berbagi desktop dengan anak-anak. Untuk menghindari situs web tersebut, Anda dapat mengaktifkan filter TelusurAman di Google. Ini juga akan memblokir situs dengan konten, gambar, dan video eksplisit.

- Langkah 1: Untuk mengaktifkan TelusurAman, klik ikon roda gigi di laman hasil.

- Langkah 2: Buka TelusurAman.

- Langkah 3: Di sini, pilih opsi Filter.

Memilih opsi Filter juga akan memblokir segala jenis konten dewasa atau eksplisit agar tidak muncul di pencarian Google Anda. 

Itulah ulasan tentang cara memblokir situs web tertentu dari hasil pencarian google Anda seperti yang dilansir game online, Semoga bermanfaat.