Dokter Sekaligus Perwira TNI Ini Bertampang Aktor, tapi Tak Merasa Hebat Diri

Hal yang lebih bernilai dibanding ketampanan diri, tubuh atletis dan profesi sebagai dokter TNI, adalah kerendahan hati yang di buktikannya dengan kepeduliannya terhadap penderitaan orang.

Kamis, 12 September 2019 | 11:42 WIB
0
199
Dokter Sekaligus Perwira TNI Ini Bertampang Aktor, tapi Tak Merasa Hebat Diri
Dokter Ivan (Foto: Dok. pribadi)

Setelah memperkenalkan 2 sosok Kawula Muda yakni Mayor Marinir Edy Effendi SH,MH dan Miss Indonesia 2009, Kerenina, masih ada sosok yang juga kaya prestasi yakni  seorang Dokter Tentara Nasional Indonesia (TNI) bernama Ivan Paulus Gunata. 

Pria yang masih cucu dari Sri Sultan Hamengku Buwono II dari garis ayahnya ini disebut-sebut mirip dengan seorang aktor dari Korea Selatan bernama Lee Seung-Gi. Ia disebut mirip dengan aktor tersebut setelah foto dirinya beredar di media sosial Instagram.

Ivan dalam akun Instagram pribadinya @doctorcombat, juga sering mengunggah foto dirinya ketika sedang bertugas. Banyak warganet yang berkomentar bahwa paras sang dokter yang rupawan sangat mirip dengan aktor Lee Seung-Gi Memiliki mata sipit dan kulit putih, membuat dokter yang bernama asli Ivan Paulus Gunata ini sekilas terlihat mirip dengan pemeran dalam drama 'Hwayugi', Lee Seung Gi.

dr. Ivan Paulus Gunata merupakan dokter Umum namun saat ini sedang melaksanakan tugas sebagai Residen (dokter yang menjalani pendidikan spesialis). 

Ia menyelesaikan studi kedokteran di Universitas Kristen Maranatha dan saat ini sebagai Perwira Tugas Belajar dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis di Solo, Jawa Tengah.

Awalnya Tidak Terpikir Jadi Tentara

Pria kelahiran tanggal 23 Juni 1988 ini pada awalnya sama sekali tidak terpikir untuk menjadi Perwira TNI. Apalagi sebagai anak tunggal dalam keluarga, maka kedua orang tua bersikap sangat protektif terhadap dirinya. Menurut penuturan Ivan, sejak usia 3 tahun, dirinya sudah mulai belajar main Piano.  

Kemudian di SMP hobi nya meluas yakni main Drums, hingga masuk kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas  Kristen Maranatha Bandung. Saat sedang kuliah itulah Ivan memutuskan, untuk bergabung menjadi Prajurit TNI.

Ketika ditanya, apa yang menginspirasi dirinya ,sehingga "tiba tiba" saja ,memutuskan untuk bergabung menjadi anggota TNI? Jawaban Ivan bahwa hingga kini,kalau ditanya, mengapa ia memilih menjadi tentara, sungguh ia tidak mampu menjelaskan. Menurut Ivan,dapat diibaratkan orang jatuh cinta.. Tidak perlu ada alasan.

 

Ditentang Oleh Keluarga

Masih menurut Ivan,pada awalnya ,niat untuk bergabung menjadi TNI ditentang kedua orang tuanya,terutama ibu. Tapi karena Ivan tidak menyerah. Ia mendekati ayahnya dan sebagai sesama laki laki, ayahnya lebih mampu memahami  keputusan putranya.  

Karena itu secara diam diam, bersama dengan dukungan ayahnya, Ivan mendaftar menjadi anggota TNI. Walaupun orang tuanya menawarkan berbagai kesempatan dan fasilitas yang jauh lebih mudah dan nyaman.

Bahkan kelak setelah diterima dan ibunya mengetahui hal ini, maka dengan berbagai cara ibunda tercinta, ingin "memulangkan" putra semata wayangnya. Tapi berkat dari  kepiawaian dari  para  Pelatih Dikmapa PK di Akademi Militer, akhirnya hati ibunda luluh juga dan mengizinkan.

Ternyata Latihan Tentara Itu Tidak Mudah

Pada awal mengikuti latihan Ivan merasa mungkin fisik tidak akan mampu bertahan hingga latihan selesai.Namun berkat tekad yang membara ,akhirnya Ivan berhasil lulus. 

Pernah ditugaskan di Satuan Tempur, di satuan Kesehatan di wilayah Pontianak, pernah juga di lembaga pendidikan militer, saat ini ia mendapatkan Tugas Belajar dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat untuk  Pendidikan Dokter Spesialis di Solo dengan program Double Degree S2 di Universitas Indonesia di Jakarta.

Dikagumi Puluhan Ribu Orang,Tak Membuat Ivan Merasa Diri Lebih Hebat

Luar biasanya, selain dari wajah merupakan kembaran dari aktor asal Korea Selatan yang bernama Lee Seung-Gi,  dokter Ivan juga adalah seorang olahragawan. Latihan keras secara kontinu  menghasilkan tubuh atletis.  

Bayangkan sebagai orang muda. Yang berprofesi sebagai dokter TNI berpangkat Kapten, dikaruniai wajah aktor, bertubuh atletis ternyata masih sempat menggeluti dunia musik. Kurang apalagi? 

Tapi ternyata dengan segala kelebihan yang dimiliki, tidak membuat sosok dokter Ivan ini merasa diri hebat. Ia tampil rendah hati,bahkan tidak segan turun ke lapangan di pedalaman Kalimantan untuk memberikan bantuan kesehatan kepada penduduk disana, termasuk dimanapun pasukannya melaksanakan tugas operasi atau latihan, selalu menyempatkan diri untuk menolong orang.

Tutur katanya sangat santun.Walaupun menyandang Profesi sebagai Dokter TNI dan segudang kelebihan lain yang sudah dituliskan serta di kagumi oleh puluhan ribu orang, baik karena ketampanan, maupun karena sikapnya yang santun, tidak membuat Ivan merasa dirinya hebat. Hal ini,dapat dirasakan ketika berkomunikasi dengan dirinya. "Uncle, panggil saja saya Ivan, saya yunior dari bang Edy." 


Mengunjungi Pasien Hingga Ke pelosok pelosok

Walaupun dirinya,menjadi beken sejak Dokter yang berdinas di. RS TK IV Singkawang, Kalimantan Barat ini menjadi viral setelah salah satu Instagram TNI (tni_indonesia_update) mengunggah fotonya, tapi sama sekali tidak membuat Ivan lupa diri. 

Dokter Ivan dikenal oleh masyarakat di tempatnya berdinas sebagai Dokter yang penuh rasa kemanusiaan, mendatang pasien pasien di berbagai pelosok, terutama di daerah yang tidak dapat dijangkau tenaga medis lain.

Patut Menjadi Contoh Teladan Bagi Generasi Muda Indonesia

Hal yang jauh lebih bernilai dibanding ketampanan diri, tubuh atletis dan profesi sebagai dokter TNI, adalah kerendahan hati yang di buktikannya dengan kepeduliannya terhadap penderitaan orang orang kecil di pelosok pelosok. 

Semoga contoh teladan yang diberikan ,mampu menginspirasi generasi muda bangsa.Agar tergerak hatinya untuk ikut berperan serta dalam ikut membangun nusa dan bangsa ,sesuai dengan kemampuan diri  masing masing. Kalau bukan kita yang peduli akan nasib nusa dan bangsa kita,siapa lagi?

Tjiptadinata Effendi

***