Ular Modern Berevolusi dari Beberapa yang Selamat dari Asteroid Pembunuh Dino

Pola yang terlihat pada ular mengisyaratkan peran kunci bencana -- gangguan lingkungan yang parah, cepat, dan global -- dalam mendorong perubahan evolusioner.

Minggu, 3 Oktober 2021 | 13:09 WIB
0
138
Ular Modern Berevolusi dari Beberapa yang Selamat dari Asteroid Pembunuh Dino
ilustr: Shadow of snake on leaf (stock image)

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa semua ular hidup berevolusi dari segelintir spesies yang selamat dari dampak asteroid raksasa yang memusnahkan dinosaurus dan sebagian besar makhluk hidup lainnya di akhir Zaman Kapur. Para peneliti mengatakan bahwa peristiwa kepunahan yang menghancurkan ini adalah bentuk 'penghancuran kreatif' yang memungkinkan ular untuk melakukan diversifikasi ke ceruk baru, yang sebelumnya diisi oleh pesaingnya.

Penelitian, yang diterbitkan di Nature Communications, menunjukkan bahwa ular, saat ini termasuk hampir 4000 spesies hidup, mulai melakukan diversifikasi sekitar waktu dampak ekstra-terestrial memusnahkan dinosaurus dan sebagian besar spesies lain di planet ini.

Studi yang dipimpin oleh para ilmuwan di University of Bath dan termasuk kolaborator dari Bristol, Cambridge dan Jerman, menggunakan fosil dan menganalisis perbedaan genetik antara ular modern untuk merekonstruksi evolusi ular. Analisis membantu menentukan waktu ular modern berevolusi.

Hasil mereka menunjukkan bahwa semua ular yang hidup dapat ditelusuri kembali ke hanya segelintir spesies yang selamat dari dampak asteroid 66 juta tahun yang lalu, kepunahan yang sama yang memusnahkan dinosaurus.

Para peneliti berpendapat bahwa kemampuan ular untuk berlindung di bawah tanah dan pergi untuk waktu yang lama tanpa makanan membantunya bertahan dari efek destruktif dari dampak tersebut. Setelah itu, kepunahan pesaingnya - termasuk ular kapur dan dinosaurus itu sendiri - memungkinkan ular pindah ke ceruk baru, habitat baru, dan benua baru.

Ular kemudian mulai melakukan diversifikasi, menghasilkan garis keturunan seperti ular berbisa, kobra, ular garter, ular sanca, dan boas, mengeksploitasi habitat baru, dan mangsa baru. Keanekaragaman ular modern - termasuk ular pohon, ular laut, ular berbisa dan kobra, dan konstriktor besar seperti boa dan ular sanca - muncul hanya setelah kepunahan dinosaurus.

Fosil juga menunjukkan perubahan bentuk tulang belakang ular setelahnya, akibat punahnya garis keturunan kapur dan munculnya kelompok baru, termasuk ular laut raksasa yang panjangnya mencapai 10 meter.

"Ini luar biasa, karena semua tidak hanya bertahan dari kepunahan yang memusnahkan begitu banyak hewan lain, tetapi dalam beberapa juta tahun itu berinovasi, menggunakan habitatnya dengan cara baru," kata peneliti utama dan lulusan Bath baru-baru ini Dr Catherine Klein, yang sekarang bekerja di Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg (FAU) di Jerman.

Studi ini juga menunjukkan bahwa ular mulai menyebar ke seluruh dunia sekitar waktu ini. Meskipun nenek moyang ular hidup mungkin tinggal di suatu tempat di belahan bumi selatan, ular tampaknya pertama kali menyebar ke Asia setelah kepunahan.

Dr Nick Longrich, dari Milner Center for Evolution di University of Bath dan peneliti terkait, mengatakan: "Penelitian kami menunjukkan bahwa kepunahan bertindak sebagai bentuk 'penghancuran kreatif' - dengan memusnahkan spesies tua, itu memungkinkan yang selamat untuk mengeksploitasi kesenjangan dalam ekosistem, bereksperimen dengan gaya hidup dan habitat baru."

"Ini tampaknya menjadi ciri umum evolusi -- ini adalah periode segera setelah kepunahan besar di mana kita melihat evolusi paling liar eksperimental dan inovatif."

"Penghancuran keanekaragaman hayati memberi ruang bagi hal-hal baru untuk muncul dan menjajah daratan baru. Pada akhirnya kehidupan menjadi lebih beragam dari sebelumnya."

Studi ini juga menemukan bukti untuk peristiwa diversifikasi besar kedua di sekitar waktu ketika dunia bergeser dari 'Bumi Rumah Kaca' yang hangat menjadi iklim 'Rumah Es' yang dingin, yang melihat pembentukan lapisan es kutub dan dimulainya Zaman Es.

Pola yang terlihat pada ular mengisyaratkan peran kunci bencana -- gangguan lingkungan yang parah, cepat, dan global -- dalam mendorong perubahan evolusioner.

(Materials provided by University of Bath)

***
Solo, Minggu, 3 Oktober 2021. 12:34 pm
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko