8 Manfaat Kubis untuk Kesehatan

Minggu, 11 September 2022 | 07:11 WIB
0
36
8 Manfaat Kubis untuk Kesehatan
image: Cleveland Clinic

Makanan super ini tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran

Kubis mungkin bukan sayuran yang paling menarik, tetapi penuh dengan kebaikan nutrisi yang dapat membuat Anda merasa kuat dan sehat. Dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga memperbaiki pencernaan Anda (terkadang dengan hasil yang memalukan), kubis dan manfaat kesehatannya layak mendapat tempat di meja Anda.

Sayuran berdaun hijau yang umum ini hadir dalam berbagai warna, bentuk, dan ukuran yang dapat Anda gunakan untuk sup, salad, sandwich, dan lainnya. Makanlah mentah atau digoreng untuk mendapatkan manfaat maksimal. Temukan itu difermentasi dalam makanan sehat usus seperti asinan kubis dan kimchi - atau dipotong menjadi coleslaw untuk perbaikan cepat.

“Kubis baik untukmu. Ini adalah salah satu makanan yang rasanya lebih enak daripada yang terlihat, dan bahkan memiliki nilai gizi lebih dari yang diharapkan orang,” kata ahli diet terdaftar Julia Zumpano, RD, LD. “Selain itu, ini serbaguna, terjangkau, dan mudah ditemukan.”

Zumpano mengeksplorasi manfaat makan kubis dan bagaimana kubis dapat meningkatkan kesehatan Anda.

8 Cara Kubis Baik untuk Anda

Banyak orang mengenali kubis karena kandungan serat, vitamin, dan mineralnya. Satu cangkir kubis hijau mentah cincang hanya mengandung 22 kalori dan menghasilkan:

• 54% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C.
• 85% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin K.
• Lebih dari 2 gram serat.
• 1 gram protein.

“Kubis juga merupakan makanan kaya potasium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi,” kata Zumpano. “Semakin banyak kita belajar tentang kubis, semakin baik janjinya.”

Penelitian menunjukkan sayuran berdaun hijau, secara umum, baik untuk Anda, tetapi kita membutuhkan lebih banyak penelitian untuk memahami bagaimana kubis secara khusus memengaruhi tubuh Anda. Zumpano mengatakan banyak orang percaya nilai gizi kubis berarti dapat memiliki salah satu manfaat berikut.

1. Melawan Peradangan

Beberapa manfaat kesehatan kubis adalah karena anthocyanin, yang merupakan antioksidan alami. Antosianin tidak hanya menambah warna pada buah (seperti blueberry) dan sayuran, tetapi juga dapat mengurangi peradangan.

Peradangan kronis (pembengkakan jangka panjang) dikaitkan dengan penyakit jantung, kanker, rheumatoid arthritis dan banyak kondisi medis lainnya. Dalam penelitian pada hewan, anthocyanin telah terbukti membantu mengendalikan peradangan.

Kita membutuhkan lebih banyak penelitian, tetapi satu penelitian kecil pada manusia menunjukkan bahwa mereka yang makan sayuran paling banyak memiliki tingkat peradangan yang jauh lebih rendah daripada mereka yang makan paling sedikit.

2. Membuat Anda Tetap Kuat

Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, melakukan banyak pekerjaan untuk tubuh Anda. Ini membantu membuat kolagen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi dari makanan nabati.

3. Memperbaiki Pencernaan

Dikemas dengan pitosterol (sterol tumbuhan) dan serat tidak larut, kubis dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap sehat dan buang air besar secara teratur. Ini memicu bakteri baik di usus Anda yang melindungi sistem kekebalan Anda dan menghasilkan nutrisi penting. Itu terutama benar ketika Anda makan kubis yang difermentasi dalam kimchi atau asinan kubis.

“Kubis dapat membantu Anda tetap teratur,” kata Zumpano. “Ini juga dapat membantu mendukung penurunan berat badan yang aman dan sehat.”

Serat adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna atau diserap, sehingga menambah jumlah makanan dan membutuhkan ruang di perut Anda yang menyebabkan Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama tanpa menelan karbohidrat yang Anda serap.

4. Melindungi Hati Anda

Antosianin yang ditemukan dalam kubis membantu lebih dari sekadar peradangan. Penelitian menunjukkan mereka menambah manfaat kesehatan kubis dengan mengurangi risiko penyakit jantung. Para ilmuwan telah menemukan 36 jenis anthocyanin yang berbeda dalam kubis, yang bisa menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

5. Menurunkan Tekanan Darah Anda

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang membantu tubuh Anda mengendalikan tekanan darah. Satu cangkir kubis merah dapat memberikan jumlah potasium yang sehat - sebanyak 6% dari nilai harian yang Anda rekomendasikan. Ini bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda, mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Menurunkan Kolesterol

Terlalu banyak kolesterol "jahat", atau kolesterol LDL, dapat menyebabkan masalah jantung jika menumpuk di arteri Anda. Kubis mengandung dua zat — serat dan pitosterol (sterol tumbuhan) — yang bersaing dengan kolesterol untuk diserap oleh sistem pencernaan Anda. Mereka akhirnya mengurangi kadar kolesterol jahat Anda dan meningkatkan kesehatan Anda.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Pembekuan Darah yang Sehat

Vitamin K sangat penting untuk kesehatan Anda. Tanpa itu, Anda berisiko mengalami kondisi tulang seperti osteoporosis, dan darah Anda tidak akan bisa membeku dengan baik. Masukkan kubis, sumber vitamin K. Satu cangkir menyediakan 85% dari nilai harian yang direkomendasikan.

“Vitamin K membantu menjaga tulang kita kuat dan pembekuan darah kita dengan baik,” kata Zumpano. “Kubis dapat memberi Anda dorongan yang Anda butuhkan untuk memastikan level Anda memadai, dan tubuh Anda tetap terlindungi dari penyakit dan penyakit. Dan Anda bahkan tidak perlu makan kubis sebanyak itu untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa.”

8. Mencegah Kanker

Penelitian pada hewan awal menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau seperti kubis memiliki fitokimia yang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Mereka mengandung antioksidan dan senyawa tanaman seperti glukosinolat. Bahan kimia yang mengandung belerang ini terurai selama proses pencernaan menjadi zat yang dapat membantu melawan sel kanker dan membersihkannya dari tubuh Anda.

Apa efek samping dari makan kubis?

Bersemangat untuk menambahkan lebih banyak kubis ke dalam diet Anda? Hanya berhati-hati untuk tidak pergi ke laut. Untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya, tingkatkan asupan kubis Anda secara perlahan dan biarkan tubuh Anda menyesuaikan diri. Juga, tetap terhidrasi untuk mengurangi sembelit, yang dapat menyebabkan kelebihan gas.

Kubis mungkin bukan pilihan terbaik untuk malam romantis karena makan terlalu banyak dapat menyebabkan diare, perut kembung, atau perut tidak nyaman. Ini juga mengandung zat yang dapat mengganggu obat-obatan seperti pengencer darah atau menyebabkan hipotiroidisme, suatu kondisi di mana tiroid Anda tidak menghasilkan cukup hormon tiroid dan menyebabkan metabolisme Anda melambat.

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat menghindari efek samping dengan makan kubis sebagai bagian dari diet sehat. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda mengalami gejala atau memiliki masalah.

Apa saja jenis-jenis kubis?

Kubis termasuk dalam spesies sayuran Brassica Oleracea, bersama dengan brokoli, kembang kol, kangkung, dan kubis Brussel. Jenis yang paling umum adalah kubis hijau. Tetapi ratusan varietas lain ada dalam warna merah, putih dan ungu, dengan berbagai tekstur dan ukuran.

Beberapa bentuk kubis memiliki rasa yang halus dan lembut, sementara yang lain memiliki rasa pedas. Nutrisi dari kubis berasal dari jenis seperti:

  • Bok choy (dan baby bok choy), dengan daun mengalir keluar dari batang tengah.
  • Kubis Brussel, kubis bulat kecil yang tumbuh di batang tebal.
  • Kubis hijau (cannonball kubis), yang memiliki daun halus yang rapat dan kepala yang kuat yang dapat tumbuh hampir sebesar bola basket.
  • Kubis Raja Januari, kubis yang sangat semarak dengan daun berwarna hijau dan ungu.
  • Kale, dengan daun hijau tua berkerut yang menyebar keluar dari batang tengah.
  • Kubis napa (kubis Cina atau seledri), yang memiliki daun panjang berwarna hijau muda pada tangkai putih yang tebal.
  • Kubis merah, kubis bulat berwarna merah yang sangat bergizi dan biasanya lebih kecil dari kubis hijau.
  • Kubis savoy, kol keriting dengan daun acak-acakan berlapis longgar.

Nikmati Manfaat Sehat dari Kubis

Kubis adalah sayuran serbaguna yang terjangkau, tersedia secara luas dan mudah disiapkan. Simpan utuh dan tidak dicuci di lemari es sampai Anda siap untuk memakannya, saran Zumpano. Dan ketika Anda siap, tidak perlu waktu lama untuk menemukan resep kubis mudah yang menambahkan semangat (sehat) untuk diet dan warna piring Anda.

***
Solo, Minggu, 11 September 2022. 7:01 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko