Duda yang Selalu Berpakaian Rapi

Berhasil menyingkirkan GM Magnus Carlsen membuat Duda lolos ke Turnamen Kandidat tahun 2022.

Rabu, 4 Agustus 2021 | 21:12 WIB
0
156
Duda yang Selalu Berpakaian Rapi
Jan-Krzysztof Duda (Foto: Anastasia Korolova)

Nama pecatur muda Polandia GM Jan-Krzysztof Duda melambung tinggi setelah mengeliminasi GM Magnus Carlsen dari Piala Dunia Catur 2021 tadi malam. Dia mengirim pulang juara dunia itu dari Rusia lebih cepat setelah menaklukkannya di babak tambahan catur cepat.

Berbicara tentang prestasi juara dunia World Youth Chess Championship U10 pada tahun 2008 ini tentu sudah biasa. Duda adalah peringkat ke-18 dunia dan pecatur nomor satu Polandia saat ini. Cukuplah untuk menggambarkan siapa dirinya.

Jadi coba kita gali sesuatu yang lain dari pecatur berusia 23 tahun ini. Apa itu? Nama. Ya, nama belakangnya sering membuat para penggemar catur di negara kita tersenyum karena Duda adalah istilah untuk pria yang telah bercerai atau ditinggal mati oleh pasangan pernikahannya.

Tetapi dari mana sebenarnya asal usul nama keluarga Duda? Jika di telusuri ke Polandia ternyata nama ini berasal dari kata Slavia "duda," yang berarti "musisi jalanan".

Duda adalah salah satu nama dari 50 nama keluarga yang paling umum di Polandia. Pada tahun 1990 terdapat 38.920 warga Polandia yang menggunakan nama keluarga belakang Duda ini. Bagaimana tentang pakaian?

"Berbicara tentang pakaian, Anda selalu berpakaian bagus. Apakah ini memang sesuatu yang selalu Anda perhatikan?" tanya seorang jurnalis suatu kali. Apa jawab Duda?

"Saya justru terkejut mendengar pertanyaan Anda ini karena ini adalah dress code FIDE untuk memakai jas saat pertandingan. Saya dulu sangat tidak suka bermain dengan memakai setelan jas, tapi saya akhirnya terbiasa. Sayangnya banyak pecatur lain tidak menghormati peraturan ini, dan ini membuat saya kesal," ujar Duda.

"Mungkin karena itu, saya kalah dari Wesley So di Grand Prix Moskow ketika dia tidak mengenakan kemeja yang layak, Shakhriyar Mamedyarov di Riga yang memakai jeans, dan Jeffrey Xiong di Piala Dunia yang memakai kaus. Saya tipe orang yang mengikuti aturan dan itu adalah sikap profesionalisme saya," tambah Duda.

Jadi kita sekarang tahu kenapa Duda selalu berpakaian necis.

Berhasil menyingkirkan GM Magnus Carlsen membuat Duda lolos ke Turnamen Kandidat tahun 2022.

***