Anatoly Karpov Masuk Penjara

Pemerintah Rusia mengadopsi program yang diusulkan oleh juara dunia catur ke-12 itu, dan sejak 1999 Karpov telah memberikan eksebisi simultan dan membuka klub-klub catur di penjara Rusia.

Rabu, 24 Februari 2021 | 09:33 WIB
0
307
Anatoly Karpov Masuk Penjara
Anatoly Karpov bermain simultan di rumah tahanan (Foto: Karpov Chess Official)

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa selama lebih dari 20 tahun GM Anatoly Karpov telah "melayani" di penjara dengan bermain catur melawan para tahanan di hotel-hotel prodeo tersebut.

"Anda bisa membayangkan, seseorang meninggalkan penjara setelah 10 tahun ditahan, dan keluarganya berantakan, tidak ada pekerjaan, tidak ada yang dapat dilakukan. Saya pikir bahwa orang-orang seperti ini bisa pergi ke klub catur yang kita miliki di hampir setiap kota dan dengan bermain catur di sana mereka dapat bersosialisasi kembali dengan masyarakat," ujar Karpov.

Baca Juga: Nodirbek Abdusattorov, Jenius Catur Penerus Gaya Bermain Karpov

Pemerintah Rusia telah mengadopsi program yang diusulkan oleh juara dunia catur ke-12 itu, dan sejak 1999 Karpov telah memberikan eksebisi simultan dan membuka klub-klub catur di penjara Rusia. Ada yang mau mencontohnya di sini?

Usia mantan juara dunia ini sudah hampir kepala 7, tetapi ia masih kuat bermain simultan, misalnya saat menghadapi 15 orang lawan dalam pertandingan eksebisi yang berlangsung dua jam di Dubai.

Dalam simultan itu, Karpov menang 13 kali dan remis dua kali. Dua pecatur yang berhasil menahan imbang Karpov adalah Mohamed Lilly dan Mariam Issa.

***