Anies Baswedan dan Budaya Jawa

Tapi yang jelas sudah ada yang meradang dan berharap Anies menyuruh putrinya pakai jilbab agar 85% umat Islam memilihnya kalau nanti maju sebagai capres

Senin, 1 Agustus 2022 | 06:30 WIB
0
143
Anies Baswedan dan Budaya Jawa
Anies Baswedan (Foto: liputan6.com)

Ada teman yang heran mengapa Anies Baswedan menggunakan adat budaya Jawa pada pesta perkawinan anaknya dan bukannya adat Arab.

Anies Baswedan kan keturunan Arab kok malah milih adat Jawa? Udah gitu anaknya gak pakai jilbab pula... 

Ya karena Anies Baswedan itu pintar, jawab saya. 

Anies tentu saja sadar dan paham belaka implikasi dari pemilihan adat budaya perkawinan putrinya termasuk konsekuensi dari pilihan putrinya untuk tidak berjilbab tersebut.

Anies itu pandangan agamanya moderat dan tentu paham beda antara tuntunan agama dan budaya atau tradisi.

Tatacara akad nikah tentu menggunakan ajaran Islam sedangkan resepsi adalah tradisi dan budaya belaka dan mereka memilih adat Jawa karena Anies Baswedan lahir dan hidup sejak kecil di Jawa, tepatnya di Jogya. 

Bagi yang tidak paham mungkin tidak tahu bahwa dalam tradisi pesta perkawinan Arab tamu pria dan wanita itu dipisahkan.

Dan bayangkan betapa repotnya kalau Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mesti dipisahkan jika mereka mau hadir. Tidak akan ada foto bersama mempelai seperti yang bisa Anda lihat seperti sekarang ini. 

Apakah ada kemungkinan pemilihan tatacara adat perkawinan ini bernuansa politis? Seorang teman lain menulis pada saya via japri. 

Tentu saja ada, jawab saya via japri juga. Kan saya sudah bilang bahwa Anies Baswedan itu pintar. Tapi tidak akan saya jelaskan di sini. Nanti jadi publik dong...! 

Tapi yang jelas sudah ada yang meradang dan berharap Anies menyuruh putrinya pakai jilbab agar 85% umat Islam memilihnya kalau nanti maju sebagai capres. 

Dan saya sungguh ngakak membacanya... What a joke...! 

Madigondo, 1 Agustus 2022

***

Satria Dharma