Habib Quraish Shihab

Di tengah tren dakwah sudah disulap jadi entertainment, ulama seperti Prof. Quraish Shihab salah satu yang masih "istiqomah" berdakwah dengan ilmu, pengetahuan, dan akhlaknya

Rabu, 7 April 2021 | 22:39 WIB
0
168
Habib Quraish Shihab
Quraish Shihab (Foto: geotimes.id)

Prof. Muhammad Quraish Shihab, Lc, ini adalah seorang habib. Namun beliau menolak puji-pujian, dan bahkan tidak membawa gelar sebagai penanda keturunan Nabi Muhammad, saking tawadhu'-nya beliau.

Ada perasaan malu dan takut di hati beliau, karena membawa nama besar keluarga Nabi SAW di matanya adalah membawa amanah yang sangat besar.

Tanpa "menumpang" nama leluhur, beliau tetap membawa amanah besar itu, dengan memberikan perhatian besar terhadap dakwah dan pengetahuan Islam.

Makanya, lusinan buku Islam lahir dari tangannya; dari buku berbentuk tanya jawab, kajian Alquran, dlsb.

Namun begitu beliau juga sering jadi sasaran fitnah, bahkan dituduh Syiah oleh sebagian orang, bahkan di antara penebar fitnah ini mengaku sebagai penempuh jalan dakwah.

Apakah beliau marah ketika difitnah? Tidak. Beliau tidak pernah menunjukkan wajah marah. Beliau hanya fokus kepada dakwah dengan wajah ramah.

Ya, beliau masih sering difitnah. Bahkan seorang mualaf, Yahya Waloni, yang hanya mencari hidup dengan mencela agama lamanya dan menghina ulama Islam yang diakui dunia sekelas Quraish Shihab.

Alih-alih membela Prof. Quraish Shihab, mereka yang di tahun politik rajin teriak bela agama dan ulama, justru mendukung Waloni.

Buat yang belum mengenal Prof. Quraish Shihab. Sumbangan beliau terhadap Islam tidaklah kecil. Hampir 70 buku keislaman lahir lewat tangan beliau, cermin kedalaman pengetahuan beliau tentang Islam.

Bahkan beliau menjadi salah satu penulis kitab tafsir. Kitab Tafsir Almisbah menjadi masterpiece beliau, lahir dari keahlian beliau di bidang ini sejak menuntaskan pendidikannya dari S1 sampai S3 di Al Azhar, Mesir.

Selain, juga memberi pesan bahwa beragama bukan sekadar gegayaan. Berislam bukan sekadar latah-latahan. Beliau membawa teladan bagaimana berislam dengan pengetahuan.

Sayang sekali, hanya karena gunjingan di media sosial, banyak yang alpa melihat sosok beliau sebenarnya. Bahkan banyak yang ikut-ikutan mencelanya. Kalian yang sering teriak bela ulama, hanya mau membela ulama yang rajin teriak-teriak saja?

Mereka sendiri mengaji saja belum benar, bahkan berani mencela beliau yang sudah menguasai ilmu sekelas tafsir quran.

Patut dicatat, sejak era Kiai Soleh Darat, Syekh Nawawi Albantani, hingga KH Ahmad Sanusi, sedikit sekali yang betul-betul mendalami ilmu tafsir. Di sini, Prof. Quraish Shihab menjadi salah satu dari sedikit orang yang menguasai ilmu itu.

Inilah kenapa, saat kudengar Yahya Waloni mendoakan beliau agar cepat mati, aku salah satu pengagum Prof. Quraish Shihab yang merasa berang. 

Sebab, di tengah tren dakwah sudah disulap jadi entertainment, ulama seperti Prof. Quraish Shihab salah satu yang masih "istiqomah" berdakwah dengan ilmu, pengetahuan, dan akhlaknya.

Inilah kenapa, saat aku sendiri berang, melihat wajah beliau di foto saja mampu membuatku tetap tenang. Damai, inilah jalan dakwah yang selama ini terus beliau pegang.

Ini juga yang bikin pengagum beliau, termasuk saya sendiri, ikut kembali tenang, sebab beliau mengajak beragama dengan kasih sayang, bukan dengan wajah garang.

***