Akankah Ahok Masuk Kabinet Jokowi Jilid II?

Secara kemampuan dan integritas Ahok masih sangat dibutuhkan negara Indonesia yang saat ini sudah masuk G-20 atau 20 negara ekonomi terkuat di dunia.

Senin, 20 Mei 2019 | 06:25 WIB
0
1004
Akankah Ahok Masuk Kabinet Jokowi Jilid II?
Basuki Tjahaja Purnama (Foto: Detik.com)

Jokowi dan Ahok menjadi buah bibir pada tahun 2012 silam, ketika dua politisi asal Solo dan Kabupaten Belitung Timur itu dipadukan untuk maju sebagai paslon cagub dan cawagub provinsi DKI Jakarta.

Mereka berdua dirasa menjadi tandem yang pas untuk bisa mengatasi berbagai permasalahan permasalahan ibukota yang sangat kompleks, dikutip dari berita online Kompas.com pada senin (19/03/2012) silam bahkan saat itu Prabowo Subianto, Ketua Umum Dewan Pembina Pusat Partai Gerindra menilai bahwa pasangan Jokowi dan Ahok merupakan figur pemimpin yang bersih dan mengabdi untuk rakyat.

Saat itu juga Prabowo Subianto mengatakan bahwa rakyat butuh pemimpin bersih, bukan pemimpin maling. Kita mencari putera terbaik, warga negara terbaik untuk rakyat. Tidak ada tawar menawar untuk itu hal itu.

Benar saja Jokowi dan Ahok benar benar terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI saat itu, mengalahkan 5 paslon lainnya yang ikut berlaga termasuk calon petahana.

Setelah dilantik jadi Gubernur dan Wakil Gubernur pada 15 Oktober 2012 silam, kolaborasi Jokowi - Ahok langsung tancap gas dengan segala program program yang dibuat untuk mengatasi permasalahan Ibukota.

Baca Juga: Saya Tidak Mau Lagi dipanggil Ahok, Panggil Saya BTP

Paling banyak prestasi prestasi mereka berdua yang diingat masyarakat adalah seperti efisiensi anggaran pelantikan, menghilangkan gaya kepemimpinan yang protokoler, Jokowi lebih banyak blusukan dilapangan dan porsi dibelakang meja lebih banyak dilimpahkan ke Ahok, membuka kantor balaikota untuk rakyat untuk menyampaikan berbagai keluhan, melakukan sidak ke kelurahan kelurahan yang melakukan pungli.

Selain itu juga Jokowi - Ahok menunjukkan ketegasan dalam kepemimpinan mereka dengan merombak jajaran dinas di pemprov DKI yang tidak bisa mengikuti irama kepemimpinanya, mengangkat budaya dan kearifan lokal betawi dengan memakai pakaian adat betawi pada hari hari tertentu, melakukan efisiensi dengan menyatukan kantor dinas dengan balai kota, melakukan gebrakan transparansi rapat anggaran, digitalisasi program, pajak online, KJS & KJP dan masih ada yang lainnya.

Sampai pada akhirnya Jokowi-Ahok harus menyudahi kebersamaan dan kerjasama mereka sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada periode pertama karena Jokowi bersama wakilnya Jusuf Kalla akhirnya terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019 yang mengalahkan Prabowo- Hatta ketika itu.

Setelah Jokowi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia 20 Oktober 2014 silam, otomatis Ahok Akhirnya dilantik Oleh mantan partnernya di DKI menjadi Gubernur melanjutkan masa jabatan yang masih tersisa sampai bulan oktober tahun 2017.

Setelah memegang tampuk pimpinan tertinggi di DKI sebagai Gubernur didampingi Djarot sebagai wakil yang ditunjuk oleh PDI Perjuangan, Ahok makin leluasa mengambil kebijakan kebijakan untuk pembangunan DKI dan penyelesaian permasalahan permasalahan di DKI.

Semua orang bahkan sampai terkagum kagum dengan sikap disiplin, ketegasan dan tanpa pandang bulu seorang Ahok dalam menjalankan aturan aturan perundang undangan yang berlaku, bahkan sampai sempat terjadi perseteruan hebat dengan legislatif DKI yang dianggap telah melakukan mark up anggaran oleh Ahok, ketidak harmonisan dengan DPRD DKI saat itu menjadi salah satu musuh besar bagi seorang Ahok.

Baca Juga: Beda Ahok dan Ahmad Dhani dalam Menghadapi Vonis Hukum

Sampai akhirnya Ahok terjatuh karena keseleo lidah yang dianggap masuk keranah agama pada pidatonya dikepulauan seribu yang menjadi salah satu penyebab paling utama Ahok tidak lagi terpilih pada pilkada DKI 2017 dan malah masuk kedalam jeruji besi untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya yang di vonis Hakim bersalah karena telah menista agama.

Kini Ahok sudah terbebas dari hukumannya, dan Jokowi pun akhirnya dipastikan akan terpilih kembali untuk memimpin Indonesia pada periode 2019 - 2024 lewat hasil perhitungan suara KPU yang akan diumumkan 22 Mei 2019 mendatang, tentu Presiden Jokowi akan kembali mengumumkan ulang personil kabinetnya, siapa siapa saja menteri yang akan membantunya bekerja selama 5 tahun kedepan.

Dalam satu pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya tidak lagi memiliki beban dalam memimpin Indonesia 5 tahun ke depan, karena dirinya secara aturan memang sudah tidak mungkin lagi untuk mencalonkan diri, jadi apapun keputusan yang terbaik untuk bangsa dan negara itu yang akan dilakukan.

Sementara Ahok, Ahok tetaplah seorang yang pernah memimpin dengan bersih, kerja keras, disiplin dan cerdas.  Jelas secara kemampuan dan integritas Ahok masih sangat dibutuhkan negara Indonesia yang saat ini sudah masuk G-20 atau 20 negara ekonomi terkuat di dunia.

Jadi' Akankah Ahok masuk Kabinet Jokowi Jilid II? Hanya Jokowi Dan Tuhan Yang tahu.

Luber Sitanggang

***