Kepada Golputers, Gunakan Hak Suara Anda untuk Saudara Kita di Pelosok Negeri!  

Jangan golput. Gunakanah hak suara demi saudara-saudara kita di pedalaman dan pelosok negeri ini. Bahagia mereka adalah bahagia kita.

Selasa, 2 April 2019 | 06:36 WIB
0
424
Kepada Golputers, Gunakan Hak Suara Anda untuk Saudara Kita di Pelosok Negeri!  
Ilustrasi Golput (Foto: Tempo.co)


"Undecided Voters" saat ini seperti kumpulan gadis cantik yang diperebutkan banyak pemuda di kampung.

Beberapa hasil survey elektabilitas Pilpres menunjukkan pasangan Jokowi/ Amin unggul atas Prabowo/Sandi. Pada hasil survei ada kelompok Undecided Voters atau orang-orang yang belum memutuskan pilihan. Jumlahnya antara 10 sampai 20 persen sehingga jadi kunci menang atau kalah nya dalam kontestasi.

Ada dua kelompok besar pada Undecided Voters saat survei, yakni kelompok "Swing Voters" dan Golput.

Swing Voters merupakan kelompok yang masih menimbang-nimbang pilihannya sampai hari H pencoblosan. Mereka terus memantau para capres/cawapres selama kampanye. Kelak mereka akan mencoblos salah satu dari dua pasangan capres/cawapres.

Kedua, kelompok "Golputer". Mereka sejak awal sudah memutuskan "tidak akan memilih" karena berbagai alasan, seperti ; tak tertarik politik, menganggap tak satu pun kandidat memenuhi idealismenya. Bisa juga menganggap pemilu tidak penting, pemilu tidak berpengaruh pada kehidupannya, dan lain sebagainya. Bagi kelompok ini, tidak memilih merupakan pilihan itu sendiri.

Pemilu sebagai Kesepakatan dan Tanggung Jawab Bersama

Pemilu merupakan sebuah bentuk kesepakatan rakyat setiap lima tahun dalam menentukan langkah pembangunan, pemerintahan dan bernegara. Kesepakatan itu membutuhkan orang-orang yang menjalankannya.

Peran rakyat pemilih dalam memilih orang-orang di legislatif dan eksekutif sangat penting bagi terselenggaranya ketiga hal tersebut. Walau pun ada sebagian rakyat kemudian tidak menggunakan hak pilihnya (golput), maka ketiga hal tersebut tetap terselenggaranya. Inilah yang membuat para golputers merasa bahwa memilih atau tidak memilih sama saja.

Beda dengan pemilihan legislatif yang memuat banyak calon yang mungkin tidak dikenal oleh calon pemilih, khusus untuk Pilpres calonnya hanya ada dua yang sudah dikenal secara luas. Presiden terpilih sangat menentukan kebijakan pembangunan negara.

Jokowi selaku petahana telah bekerja selama 4,5 tahun pemerintahannya. Banyak perubahan bangsa dan negara ini menjadi lebih baik dibandingkan masa sebelumnya. Pembangunan segala bidang dilakukan di seluruh Indonesia.

Arti Suara Kita untuk Masyarakat diPelosok dan Pedalaman

Telah banyak jalan desa dibangun sampai ke pelosok dan pedalaman. Jalan desa/kampung itu dulunya mungkin hanya jalan setapak yang tak tersentuh pembangunan selama 74 tahun Indonesia merdeka. Kini diaspal atau dibeton. Dengan jalan itu, kehidupan masyarakat di pelosok dan pedalaman dimudahkan aktivitasnya.

Kalau dulu untuk mencapai desa harus melewati jalan tanah yang becek sehingga menyebabkan harga bahan konsumsi jadi mahal karena biaya distribusi pada medan yang sulit. Setelah jalan dibuat, harga bahan konsumsi menjadi murah.

Lihatlah saudara-saudara kita di pedalaman yang sebelumnya puluhan tak pernah menikmati listrik. Kini terang benderang. Anak-anak mereka bisa belajar pada malam hari dengan penerangan listrik yang memadai. Ibu melahirkan malam hari tak lagi pakai lampu teplok. Dengan listrik itu berbagai aktivitas masyarakat dimudahkan,

Lihatlah saudara-saudara kita di ujung wilayah Indonesia yang kini bisa menikmati harga BBM satu harga seperti kita di kota. Betapa mereka bisa meningkatkan kualitas hidupnya, menjadi manusia yang sama dengan kita.

Lihatlah kegembiraan saudara saudara kita di pelosok  nusantara karena kualitas hidupnya meningkat. Mereka. menjadi warga sama seperti kita di kota.

Ada banyak lagi program pembangunan pemerintahan Jokowi untuk rakyat kecil di seluruh pelosok dan pedalam negeri ini.  Mereka dulunya hanya tahu kata merdeka tapi tak pernah menikmati rasanya kemerdekaan. Namun setelah Jokowi membangun seluruh negeri, mereka menjadi manusia merdeka yang penuh kegembiraan.

Semua program itu harus dilanjutkan pada periode berikut. Masih banyak wilayah yang belum disentuh pembangunan karena keterbatasan waktu pemerintahan  yang cuma 4,5 tahun ini. Pemerintahan Jokowi masih butuh waktu satu periode lagi untuk melanjutkan program bagi masyarakat di pelosok itu. Ditangan pemilik hak suaralah semua itu bisa dilakukan. 

Kita harus bersyukur, sebagai pemilik hak suara diperkotaan tentu sudah menikmati berbagai fasiltas itu sejak dahulu sebelum pemerintahan Jokowi.

Mungkin teman-teman ada yang kesal dengan Jokowi karena sesuatu hal. Tapi untuk hal lain, cobalah buka mata dan hati terhadap saudara-saudara kita di pelosok nusantara yang perlu sentuhan pembangun pemerintahan Jokowi.

Kita mungkin tak bisa membantu saudara-saudara kita di pedalaman secara materi, tapi kita bisa membantu mereka dengan hak suara kita. Caranya sederhana, ringkas, cepat namun sangat berarti bagi mereka.

Kalau masih kesal pada orang bernama Jokowi, anggap saja coblosan kertas suara anda bukan untuk Jokowi, tapi untuk kehidupan lebih baik saudara-saudara kita di pelosok negeri ini. Dengan begitu kita telah membantu mereka menikmati pembangunan yang membahagiakan hidup mereka beserta anak cucunya di pelosok dan pedalaman.

Jangan golput. Gunakanah hak suara demi  saudara-saudara kita di pedalaman dan pelosok negeri ini. Bahagia mereka adalah bahagia kita.

***