JPKP Padang Panjang Ajak Masyarakat Bangkitkan Semangat Pancasila.

Ini bertujuan untuk melestarikan dan melanggengkan Pancasila dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara sehari - hari.

Senin, 1 Juni 2020 | 11:08 WIB
0
274
JPKP Padang Panjang Ajak Masyarakat Bangkitkan Semangat Pancasila.
Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020

PADANG PANJANG, Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila. Ini ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 24 tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. 

Dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, penetapan Hari Lahir Pancasila diputuskan setelah melalui pertimbangan sejumlah latar belakang antara lain sebagai dasar dan ideologi negara, Pancasila harus diketahui asal - usulnya dari waktu ke waktu. Ini bertujuan untuk melestarikan dan melanggengkan Pancasila dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara sehari - hari.

Seiring itu, Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan ( JPKP ) Kota Padang Panjang yang terbentuk sejak 9 Mei 2020 mengajak masyarakat untuk bangkitkan kembali semangat Pancasila. Sebagai ideologi yang digali dari nilai - nilai budaya bangsa, Pancasila tak pernah lekang oleh perubahan zaman.

Lebih jauh, Pancasila tidak hanya sebagai ideologi dan identitas Indonesia melainkan juga sebuah konsepsi peradaban dunia.

"Pancasila adalah solusi kongrit semua problematika yang dihadapi bangsa," tutur Patriot Rieldo Perdana, Sekretaris DPD JPKP Kota Padang Panjang.

Bung Karno pada pidatonya 1 Juni 1945 menyampaikan bahwa jika Pancasila diperas menjadi satu kata maka akan menjadi gotong royong. Semangat gotong royong itulah yang diyakini mampu mengatasi semua permasalahan bangsa dewasa ini. "Melalui gotong royong kita menuju Indonesia Maju," tutup Patriot.

***